Begini Tiga Cara Galaxy Melindungi Ponselmu Setiap Saat

Sharing is caring!

Bagaimana Galaxy melindungi dari berbagai ancaman siber dan memberikan kamu kendali atas privasi perangkat dengan Auto Blocker, Message Guard, dan pembaruan keamanan

Hampir setiap hari kita mendengar tentang ancaman keamanan siber, dengan dampaknya ke berbagai pihak, mulai dari konsumen hingga bisnis dan organisasi. Ancaman-ancaman ini dapat menimbulkan risiko dalam jaringan, data, dan perangkat, dan jumlah kemunculannya telah meningkat secara eksponensial. Kita semua tahu bahwa ancaman ini datang dalam berbagai bentuk seperti malware atau serangan phishing – tetapi seringkali tidak terlihat oleh korban sampai semuanya sudah terlambat.

Solusi keamanan Galaxy kami yang mumpuni menyediakan berbagai cara untuk melindungi kamu dari ancaman keamanan siber ini dengan mengamankan perangkatmu dan membantu mengendalikan privasimu. Auto Blocker dan Message Guard adalah dua di antara perlindungan ini.

Auto Blocker

Auto Blocker adalah tentang pilihan – menyediakan paket keamanan tambahan yang dapat diaktifkan, sehingga kamu sepenuhnya memegang kendali untuk memilih apakah kamu ingin mencoba kustomisasi yang dimungkinkan oleh ekosistem Galaxy. Auto Blocker akan melindungi perangkat Galaxy dan data pribadimu dengan mencegah penginstalan aplikasi dari sumber yang tidak sah. Fitur ini juga akan memeriksa malware dan ancaman keamanan siber lainnya, dan secara otomatis akan memblokir aktivitas berbahaya yang mungkin terjadi.

Salah satu contoh dari aktivitas Auto Blocker adalah mencegah apa yang sering disebut orang sebagai sideload, atau mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terverifikasi. Ada banyak manfaat dari sideload yang disengaja, seperti menambahkan kustomisasi ke ponsel kamu. Namun, jika kamu jarang melakukan sideload, fitur ini akan memberikan keamanan ekstra dan mencegah potensi serangan yang bisa datang dalam bentuk penipuan rekayasa sosial seperti phishing suara, yaitu penjahat yang menipu kamu melalui telepon dan membujukmu untuk menginstal software berbahaya.

Tingkat perlindungan ekstra yang disediakan Auto Blocker juga menghentikan serangan berbahaya untuk masuk ke port USB fisik – yang dapat berguna saat kamu mengisi daya smartphone melalui outlet tempat umum seperti di bandara.

Mengaktifkan Auto Blocker adalah proses yang cepat dan sederhana, kurang dari satu menit. Buka Settings, buka Security and privacy, lalu ketuk Auto Blocker dan pilih On.

▲ Settings > Security and privacy > Auto Blocker

Message Guard

Ancaman keamanan siber datang dalam berbagai bentuk, dan setiap tahun ancaman tersebut semakin canggih. Salah satu ancaman yang menjadi semakin umum adalah zero-click attack  (serangan tanpa klik), yang mengeksploitasi kerentanan dalam software di perangkatmu. Hal ini dapat terjadi kapan saja ketika sebuah gambar diterima dan tidak memerlukan tindakan apa pun dari pengguna.

Misalnya, smartphone kamu menerima gambar dan kemudian ponsel bergetar dengan pelan di saku atau di meja samping tempat tidurmu sampai akhirnya berhenti. Kamu belum menyentuh smartphone atau menginput apa pun, tetapi seseorang mungkin sudah membaca pesan-pesan di ponselmu, menjelajahi galerimu, atau menyalin informasi bankmu.

Samsung Message Guard akan menetralkan potensi ancaman yang mungkin bersembunyi di dalam gambar tersebut sebelum sempat membahayakan, dengan menjebak file tersebut di tempat yang terisolasi di perangkatmu. Sementara gambar dimasukkan ke dalam karantina, Message Guard Samsung memeriksa file bit demi bit – memprosesnya di lingkungan yang terkendali untuk mencegah perluasan infeksi dalam perangkatmu.

Message Guard berfungsi pada berbagai aplikasi perpesanan populer yang mungkin sudah kamu gunakan, mulai dari aplikasi Google dan Samsung hingga Messenger, Telegram, dan WhatsApp. Kamu juga tidak perlu bingung untuk memulai prosesnya karena Message Guard berjalan secara otomatis dan efektif 24/7 di latar belakang tanpa perlu diaktifkan dengan cara apa pun.

▲ Settings > Security and privacy > Auto Blocker > Messaging app protection

Meskipun ancaman keamanan siber dipastikan akan terus berkembang dan menjadi semakin marak, prioritas Samsung adalah untuk selalu menjaga kamu tetap aman karena privasi hanya dapat terjamin dengan keamanan yang kuat. Bagaimana pun cara kamu menjalani hidup, selalu ada Galaxy – menjaga dan memastikan kamu tetap memegang kendali.

Pembaruan Keamanan Lebih Lama

Meskipun penting untuk memiliki fitur keamanan yang kuat, penting juga untuk selalu memperbaruinya agar kamu terlindungi dari ancaman terbaru. Itulah sebabnya Samsung menyediakan pembaruan keamanan hingga mencapai tujuh tahun dan peningkatan sistem operasi hingga tujuh tahun, dimulai dengan Galaxy S24 series.[1] Ini adalah periode dukungan software terpanjang yang saat ini tersedia untuk perangkat seluler, sehingga pengguna dapat menjaga ponsel mereka dengan aman dan lebih terpercaya untuk waktu yang lebih lama.

▲ Settings > Security and privacy > Updates > Security update

[1] Ketersediaan dan waktu pembaruan OS Android dan pembaruan keamanan mungkin berbeda tergantung pada model perangkat dan wilayah.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *