Okupansi Jumlah Penumpang KA untuk Masa Libur Idul Adha 2024 Sudah Mencapai 61 persen

Sharing is caring!

Berdasarkan pantauan pada Selasa (11/6), PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat total tiket kereta api yang terjual pada Jumat (14/6) s.d Selasa (18/6) yaitu sebanyak 455.041 tiket atau rata-rata 91.008 tiket per hari. Jumlah tersebut mencapai 61 persen dari total keseluruhan tiket kereta api yang dijual sebanyak 747.575 tiket. Angka penjualan tiket ini masih akan terus bergerak seiring dengan mendekati masa long weekend. 

Guna mengantisipasi lonjakan pelanggan pada libur hari raya Idul Adha tersebut, KAI akan mengoperasikan 24 KA tambahan ke berbagai relasi di Pulau Jawa. Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Malang pp, Yogyakarta – Banyuwangi pp, Blitar – Bandung pp, dan relasi lainnya.

“KAI berharap masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend libur hari raya Idul Adha dan belum memiliki tiket dapat segera untuk membelinya baik melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI,” Ujar Joni Martinus, Vice President Public Relations KAI.

Adapun daftar KA-KA tambahan untuk periode libur panjang tersebut diantaranya :
1. KA (7045B) Argo Parahyangan Tambahan relasi Bandung – Gambir, beroperasi tanggal 1-30 Juni 2024;
2. KA (7046A) Argo Parahyangan Tambahan relasi Gambir – Bandung, beroperasi tanggal 1-30 Juni 2024;
3. KA (40A) Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung, beroperasi tanggal 18 Juni 2024;
4. KA (51) Argo Parahyangan relasi Bandung – Gambir, beroperasi tanggal 18 Juni 2024;
5. KA (29F) Argo Cheribon relasi Cirebon – Gambir, beroperasi tanggal 18 Juni 2024;
6. KA (30F) Argo Cheribon relasi Gambir – Cirebon, beroperasi tanggal 18 Juni 2024;
7. KA (79F) Manahan relasi Solo Balapan – Gambir, beroperasi tanggal 18 Juni 2024;
8. KA (81F) Manahan relasi Solo Balapan – Gambir, beroperasi tanggal 18 Juni 2024;
9. KA (80F) Manahan relasi Gambir – Solo Balapan, beroperasi tanggal 18 Juni 2024;
10. KA (82F) Manahan relasi Gambir – Solo Balapan, beroperasi tanggal 18 Juni 2024;
11. KA (7015A) Tambahan Slo – Gmr relasi Solo Balapan – Gambir, beroperasi tanggal 12, 18-25, 27 dan 28 Juni 2024;
12. KA (7016A) Tambahan Gmr – Slo relasi Gambir – Solo Balapan, beroperasi tanggal 13, 19-25, 28 dan 29 Juni 2024;
13. KA (101F) Sancaka relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta, beroperasi tanggal 18 Juni 2024;
14. KA (102F) Sancaka relasi Yogyakarta – Surabaya Gubeng, beroperasi tanggal 18 Juni 2024;
15. KA (199F) Kaligung relasi Semarang Poncol – Tegal, beroperasi tanggal 18 Juni 2024;
16. KA (200F) Kaligung relasi Tegal – Semarang Poncol, beroperasi tanggal 18 Juni 2024;
17. KA (83F) Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng – Malang, beroperasi tanggal 13, 18-20 Juni 2024;
18. KA (84F) Arjuno Ekspres relasi Malang – Surabaya Gubeng, beroperasi tanggal 13, 18-20 Juni 2024;
19. KA (7023) Lodaya Tambahan relasi Solo Balapan – Bandung, beroperasi tanggal 13 s.d 18, 20 s.d 23, & 27 s.d 30 Juni 2024;
20. KA (7024B) Lodaya Tambahan relasi Bandung – Solo Balapan, beroperasi tanggal 13 s.d 18, 20 s.d 23, & 27 s.d 30 Juni 2024;
21. KA (7001A) Taksaka Tambahan relasi Yogyakarta – Gambir, beroperasi tanggal 13 s.d 18, 20 s.d 23, & 27 s.d 30 Juni 2024;
22. KA (7003A) Taksaka Tambahan relasi Yogyakarta – Gambir, beroperasi tanggal 13 s.d 18, 20 s.d 23, & 27 s.d 30 Juni 2024;
23. KA (7002A) Taksaka Tambahan relasi Gambir – Yogyakarta, beroperasi tanggal 13 s.d 18, 20 s.d 23, & 27 s.d 30 Juni 2024;
24. KA (7004A) Taksaka Tambahan relasi Gambir – Yogyakarta, beroperasi tanggal 13 s.d 18, 20 s.d 23, & 27 s.d 30 Juni 2024;

Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti periode liburan Hari Raya Idul Adha.

“Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, KAI memastikan akan melayani masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. Sehingga momen liburan bersama keluarga atau relasi dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan,” tutup Joni. (Public Relations KAI)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *