Indonesia AirAsia Bersiap Luncurkan Rute Internasional Terbaru Hubungkan Bali menuju Cairns, Australia

Sharing is caring!

Photo: Kiri ke kanan, Cairns Airport Chief Executive Officer Richard Barker, Menteri Pariwisata Michael Healy, Perwakilan Indonesia AirAsia Eddy Soemawilaga, Head of Indonesia Affairs and Policy, Tourism Tropical North Queensland Chief Executive Officer Mark Olsen dan Konsul Jenderal Republik Indonesia di Sydney, Vedi Kurnia Buana.

Cairns, 6 Juni 2024 – Maskapai berbiaya hemat terbaik dunia versi skytrax, Indonesia AirAsia, tengah bersiap meluncurkan rute internasional terbaru yang menghubungkan Bali, kota wisata unggulan Indonesia dengan Cairns, gerbang Tropical North Queensland, Australia. Penerbangan ini akan segera beroperasi pada 14 Agustus 2024 mendatang dengan tiket pemesanan yang sudah dibuka mulai hari ini.

“Kami sangat senang dapat membuka rute terbaru ini, Cairns menawarkan begitu banyak hal kepada jutaan tamu kami dari Bali dan seluruh Asia dengan pemandangan yang menakjubkan, Great Barrier Reef yang terkenal di dunia – salah satu dari tujuh keajaiban dunia, hutan hujan kuno, budaya unik, makanan laut lezat, dan masih banyak lagi,” kata Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine yang diwakilkan oleh Head of Indonesia Affairs and Policy, Eddy Krismeidi Soemawilaga di Cairns (6/6).

Head of Indonesia Affairs and Policy, Eddy Krismeidi Soemawilaga saat memberikan sambutan pada pembukaan Indonesia AirAsia rute Denpasar – Cairns di Cairns Airport.di Cairns Airport.

Selain itu, rute internasional ketiga di tahun 2024 ini dapat membuka kemungkinan bagi penduduk Cairns dan kota-kota sekitarnya seperti Mackay dan Townsville untuk terbang tidak hanya ke Bali yang menjadi favorit orang Australia, tetapi juga ke lebih dari seratus destinasi dalam jaringan AirAsia Group yang luas, menjangkau Asia dan lebih banyak lagi melalui satu pemberhentian singkat di Bali dan ke hub-hub utama di Indonesia, maupun Malaysia, dan Thailand, tambah Vera.

Meskipun Bali adalah salah satu destinasi liburan favorit di Australia, Indonesia masih memiliki begitu banyak permata yang belum ditemukan oleh penduduk Queensland seperti Labuan Bajo (Pulau Komodo) yang terkenal di dunia – rumah bagi Komodo, Pantai Surf Tanjung Setia di Lampung, dan Ibu Kota Baru Indonesia, Nusantara, di Kalimantan Timur, yang pasti akan disukai oleh orang Australia untuk dijelajahi. 

“Meskipun kami memulai rute Denpasar-Cairns dengan tiga penerbangan mingguan, kami berharap kedepannya dapat meningkatkan jumlah penerbangan, sesuai permintaan” tambah Vera.

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Sydney, Vedi Kurnia Buana, juga memberikan dukungan untuk layanan baru ini.

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Sydney, Vedi Kurnia Buana saat memberikan sambutan pada pembukaan Indonesia AirAsia rute Denpasar – Cairns di Cairns Airport.

“Kami sangat mengapresiasi upaya Indonesia AirAsia dalam mendukung pertumbuhan industri pariwisata dan memperluas konektivitas antara Indonesia dan Australia melalui penerbangan langsung yang menghubungkan Bali dengan Cairns, dua tujuan wisata favorit wisatawan Australia. Pada tahun 2023, Indonesia menyambut sekitar 1,37 juta wisatawan Australia, yang menunjukkan minat besar wisatawan Australia terhadap Indonesia dan daya tarik Bali sebagai destinasi utama. Dengan adanya rute baru ini, kami yakin hubungan antara Indonesia dan Australia, akan semakin kuat, serta membuka peluang bagi wisatawan dari Cairns untuk menjelajahi destinasi wisata lainnya di Indonesia,” tambah Vedi.

Menteri Pariwisata Michael Healy juga mengatakan, “Luar biasa melihat AirAsia dapat memperluas jangkauannya ke Cairns. The Far North tetap menjadi tujuan utama bagi pengunjung yang ingin melihat betapa banyaknya yang ditawarkan Queensland, dan sekarang dengan kedatangan Indonesia AirAsia ke Cairns, akan  mendatangkan lebih banyak wisatawan dari seluruh dunia ke daerah yang sangat indah ini.”

Menteri Pariwisata Michael Healy saat memberikan sambutan pada pembukaan Indonesia AirAsia rute Denpasar – Cairns di Cairns Airport.

“Kerjasama dengan maskapai berbiaya rendah pertama di Asia ini menjadi tonggak sejarah penting lainnya yang berhasil menarik Investasi Penerbangan ke Cairns dan menunjukkan bahwa reputasi Queensland sebagai salah satu tujuan wisata pilihan di Australia sangat kuat,” tambahnya.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, jumlah wisatawan yang datang ke Bali pada bulan Maret 2024 didominasi oleh wisatawan dari Australia dengan share sebesar 24,28 persen yaitu sebanyak 113.949 kunjungan. Sementara data dari Australian Bureau of Statistics, jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Australia sebanyak 164.9 kunjungan dan termasuk Top 10 source countries based on year ending June 2023. Kami juga yakin rute baru ini akan membuka peluang lebih besar untuk menjalin Kerjasama dan memperkuat hubungan antar kedua negara. 

Tiket pesawat dari Denpasar ke Cairns sendiri sudah mulai bisa dipesan sejak hari ini, Kamis, 6 Juni 2024. Sementara, penerbangan pertama akan mulai beroperasi pada 14 Agustus 2024 dengan frekuensi terbang sebanyak 3x dalam seminggu (Rabu, Jumat dan Minggu).

Tiket sudah dapat dipesan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), website airasia.com, online travel agent, dan agen perjalan resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke groupbooking_id@airasia.com.

Indonesia AirAsia terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Indonesia AirAsia juga mengingatkan kepada para penumpang untuk mematuhi ketentuan bagasi kabin yang hanya bisa membawa tas atau barang bawaan dengan berat maksimal 7 kg per orang. Jika melebihi dari berat yang ditentukan, dianjurkan untuk memasukkannya ke dalam bagasi terdaftar melalui konter check in di Bandara keberangkatan.

Untuk berita terkini, kegiatan, dan promosi terbaru airasia, ikuti Twitter (twitter.com/airasia_indo), Facebook (facebook.com/airasiasuperapp.id), dan Instagram (instagram.com/flyairasia.id).

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *