Komitmen Dukung Literasi: Elnusa Petrofin bersama Media Gelar Workshop Literasi dan Jurnalistik untuk Guru dan Mahasiswa di Sumatera Barat

Sharing is caring!

Padang –  5 November 2023 – Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) berpartisipasi dalam Workshop Literasi dan Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Media Padang Ekspres di Auditorium Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, pada Sabtu, 2 November 2023.

Acara yang mengusung tema Strategi Membangun Mental Milenial di Era Digital ini dihadiri oleh lebih dari 1500 peserta yang terdiri dari para Guru sekolah TK, SD, SMP, SMA/SMK dari Kabupaten dan Kota Provinsi Sumatera Barat, Mahasiswa, dan Akademisi dari Universitas Negeri Padang. Workshop ini tidak hanya bertujuan untuk memperingati Hari Guru tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif, terutama dalam literasi jurnalistik. Workshop ini juga didukung oleh Dinas Pendidikan Sumbar dan sejumlah Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota.

Rommi Delfiano, Pemimpin Redaksi Padang Ekspres, Dr. Aqua Dipayana, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, serta Savero Dwipayana, Praktisi Literasi Digital, menjadi pemateri yang memberikan wawasan mendalam mengenai materi terkait kepada peserta.

Sebagai bagian dari inisiatif workshop, para Guru yang mengikuti acara ini memiliki kesempatan untuk mengekspresikan gagasan dan pemikiran mereka melalui kolom khusus di media Padang Ekspres, dalam rubrikasi yang disebut “Laman Guru.” Dengan adanya Laman Guru, diharapkan para guru termotivasi untuk menulis dan menuangkan ide-ide mereka melalui tulisan.

Putiarsa Bagus Wibowo, Manager Corporate Communication & Relations PT. Elnusa Petrofin, menyatakan, “Partisipasi dalam workshop ini merupakan implementasi nyata dari program Corporate Social Responsibility (CSR) kami, yaitu Petrofin Journalist Academy. Kami bangga bahwa tahun 2023 ini adalah tahun ketiga penyelenggaraan acara ini, menunjukkan komitmen Elnusa Petrofin terhadap literasi serta sebagai salah satu upaya kami dalam meningkatkan hubungan baik dengan media.”

Harapannya, dengan mengikuti workshop ini, para guru dapat menjadi lebih kreatif dalam berkomunikasi, mengemas, dan menyampaikan pesan dengan efektif. “Dalam acara ini, para guru juga belajar mengenai pentingnya literasi terhadap pembangunan mental dan bagaimana meningkatkan literasi di kalangan siswa di sekolah,” ujar Direktur Utama Padang Ekspres, Mhd Nazir Fahmi.

Sejalan dengan implementasi Sustainable Development Goals (SDG’s) dan Environment, Social and Corporate Governance (ESG), Elnusa Petrofin terus mempertegas komitmennya terhadap CSR dalam bidang literasi dan Pendidikan. Dalam hal ini khususnya membawa kontribusi positif kepada para peserta workshop dan komunitas pendidikan Sumatera Barat.

Tentang PT Elnusa Petrofin (EPN)

Elnusa Petrofin (“EPN”) didirikan di Jakarta pada tanggal 5 Juli tahun 1996. EPN adalah anak perusahaan dari PT. Elnusa Tbk, dimana PT. Elnusa Tbk sendiri merupakan Anak Perusahaan PT. Pertamina Hulu Energi, Sub Holding Upstream PT Pertamina (Persero). PT Elnusa Petrofin bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM, terutama Jasa Transportasi BBM, layanan BBM Terintegrasi (Pengelolaan BBM, Pengelolaan Fuel/Integrated Terminal, & LPG), Trading BBM, lubricant dan Chemical.

Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM Satu Harga ke seluruh penjuru Nusantara.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *