Saksikan Defile Pasukan dan Pawai Alutsista TNI, Presiden: Sangat Komplet

Sharing is caring!

Presiden menyebut alutsista yang ditampilkan sangat komplet dan dapat menunjukkan kekuatan pertahanan Indonesia.

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada awak media usai menghadiri peringatan HUT ke-78 TNI, pada Kamis, 5 Oktober 2023, di Lapangan Silang Monas Jakarta. Foto: BPMI Setpres/Lukas


Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo menyaksikan sejumlah atraksi, demonstrasi udara, defile pasukan, hingga pawai alat utama sistem persenjataan (alutsista) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar usai Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI, pada Kamis, 5 Oktober 2023, di Lapangan Silang Monumen Nasional Jakarta. Presiden menyebut alutsista yang ditampilkan sangat komplet dan dapat menunjukkan kekuatan pertahanan Indonesia.

“Kita bisa menampilkan kepada undangan dan masyarakat alutsista yang kita miliki baik di angkatan darat, angkatan laut, maupun angkatan udara. Saya kira defile tadi sangat komplet menunjukkan kekuatan Indonesia seperti apa,” ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media usai menghadiri peringatan HUT ke-78 TNI.

Presiden juga mengatakan bahwa kualitas alutsista yang dimiliki Indonesia sudah cukup baik. Namun, Presiden menekankan pentingnya melakukan perbaikan dan evaluasi terhadap alutsista yang dimiliki Indonesia.

“Memang masih banyak perlu kita perbaiki, kita evaluasi, tapi secara umum saya kira bagus,” ucap Presiden.

Presiden pun kembali menegaskan kepada jajarannya untuk memanfaatkan anggaran belanja alutsista dengan bijak dan sesuai dengan skala prioritas pemerintah. Meski penting, namun Presiden minta jajarannya untuk melihat program pemerintah lainnya yang lebih penting dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Apakah kita akan perang ganda? Jadi yang didahulukan yang mana? Yang skala prioritas yang mana?” tutur Presiden.

Sebelumnya, Presiden dan Ibu Iriana menyaksikan sejumlah atraksi yang dilakukan oleh para prajurit TNI dan juga Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Dimulai dari atraksi terjun payung yang dilakukan oleh 78 personel TNI-Polri, demonstrasi udara dari helikopter dan aerobatik pesawat Jupiter, teaterikal perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman, hingga persembahan drumben dari Taruna Akedemi TNI, serta persembahan tari dan lagu Nusantara oleh keluarga besar TNI.

(BPMI Setpres)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *