Tips Berkendara Offroad di Bulan Puasa

Sharing is caring!

Bulan puasa merupakan momen penuh berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, banyak aktivitas yang berubah termasuk pola makan, tidur dan beraktivitas di luar rumah. Namun tidak mengurangi semangat untuk melakukan kegiatan yang digemari, termasuk berkendara off road naik motor.

Dikarenakan kondisi tubuh yang berubah selama berpuasa, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips berkendara off road naik motor di bulan puasa, seperti yang disampaikan oleh Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah berikut ini :

1.Perhatikan jadwal berpuasa

Saat berpuasa, pola tidur dan makan berubah sehingga dapat mempengaruhi kondisi fisik. Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan jadwal berpuasa dan menyesuaikan dengan jadwal berkendara off road Anda agar tidak terlalu melelahkan. Simpan tenaga di pagi dan siang hari dengan tidak melakukan aktivitas yang berat, lalu memulai perjalanan di sore hari menjelang berbuka puasa. Atur waktu dan jarak tempuh berkendara dengan waktu berbuka puasa atau ibadah lainnya yang dilakukan.

2. Bawa makanan dan minuman seperlunya

Saat melakukan hobi berkendara off road naik motor di bulan puasa, disarankan membawa makanan dan minuman seperlunya guna mengantisipasi jika sudah waktunya berbuka puasa namun Anda masih di perjalanan. 

3.Perhatikan kondisi fisik

Ketika berpuasa, tubuh Anda mungkin mengalami perubahan fisik. Jangan memaksakan diri untuk berkendara off road naik motor jika Anda merasa kurang bertenaga atau merasa tidak nyaman secara fisik. Istirahat yang cukup dan memperhatikan kesehatan sangat penting untuk melakukan kegiatan dengan nyaman.

4.Siapkan peralatan keselamatan

Pastikan Anda selalu menggunakan peralatan keselamatan seperti helm, jaket, sepatu boots, dan sarung tangan ketika berkendara off road naik motor. Disarankan juga membawa baju dan celana ganti, jika berbuka puasa di tempat makan umum.

5.Kenali rute yang akan ditempuh

Sebelum berkendara off road naik motor, pastikan Anda sudah mengetahui rute yang akan ditempuh dan kondisi jalannya. Hindari rute yang berbahaya atau tidak aman untuk dikendarai, terutama pada waktu-waktu tertentu seperti malam hari. Hindari juga rute yang terlalu sulit dan berat, karena saat berpuasa kemungkinan tubuh tidak memiliki tenaga yang cukup, atau akan sangat menguras tenaga. Jadi pilih rute yang ringan dan fun agar tetap menikmati hobi berkendara off road. Upayakan tiba di tempat beristirahat sebelum waktu berbuka puasa.

6.Persiapkan motor

Selalu persiapkan kondisi motor Anda tetap prima, agar saat berkendara tidak mengalami pemasalahan dengan sepeda motor. Cek terlebih dahulu kondisi mesin motor, ban, perangkat pengereman, dengan berpatokan pada buku manual dan pastikan juga melakukan perawatan berkala di bengkel resmi.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *