Bandara AP II Hari Ini Masuki Periode Angleb 2023, Fokus Antisipasi Tren Peningkatan Lalu Lintas Penerbangan

Sharing is caring!

  • AP II aktifkan Posko Monitoring di 20 Bandara dan 1 Posko Utama
  • AP II Siagakan 9.319 personel Selama Angleb 2023
  • Bandara Soekarno-Hatta paling sibuk selama Angleb 2023

Jakarta – Seluruh bandara PT Angkasa Pura II pada hari ini, Rabu 12 April 2023, memasuki Periode Angkutan Lebaran 2023. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan 20 bandara yang dikelola perseroan mulai hari ini fokus mendukung kelancaran Angleb 2023 dengan menjalankan seluruh ketentuan di dalam Instruksi Dirjen Perhubungan Udara Nomor IR 1 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara Lebaran Tahun 2023. 

“Mulai hari ini bandara AP II memasuki periode Angleb 2023 dan akan memenuhi ketentuan di dalam Instruksi Nomor IR 1 Tahun 2023 untuk mewujudkan Mudik Aman Berkesan. Sesuai instruksi tersebut, bandara AP II antara lain akan melakukan penyesuaian jam operasional dan kapasitas slot time penerbangan berdasarkan evaluasi dan koordinasi bersama seluruh stakeholder.”

“Sejalan juga dengan Instruksi Dirjen Perhubungan Udara, bandara AP II memastikan kesiapan personel dan fasilitas untuk menjaga aspek operasional, pelayanan, keamanan dan keselamatan dalam periode tersibuk di sepanjang tahun ini,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Muhammad Awaluddin menekankan penyelenggaraan Angleb pada tahun ini berbeda dengan 3 tahun terakhir. 

“Bandara AP II harus lebih meningkatkan kesiapan dan kesiagaan dalam periode Angleb 2023. Kami proyeksikan pergerakan penumpang pesawat di bandara-bandara AP II secara kumulatif pada Angleb 2023 mencapai sekitar 5,25 juta orang atau naik 25,4% dibandingkan dengan Angleb 2022.” 

“Sementara itu, pergerakan pesawat mencapai 36.000 penerbangan atau naik 11%. Peningkatan-peningkatan ini harus dapat dikelola dengan baik oleh bandara AP II untuk memastikan Mudik Aman Berkesan,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Kecukupan personel, fasilitas dan infrastruktur menjadi aspek penting dalam memastikan kelancaran Angleb 2023 di bandara AP II. 

“Terkait personel, AP II pada Angleb 2023 menyiagakan 9.319 personel di 20 bandara yang terdiri dari personel di bidang operasional, pelayanan dan teknik, termasuk juga dukungan BKO TNI dan Polri,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Di samping itu, sejalan dengan Instruksi Nomor IR 1 Tahun 2023, AP II pada hari ini Rabu 12 April 2023 mulai mengaktifkan Posko Monitoring Angkutan Lebaran 2023 di 20 bandara dan 1 Posko Utama AP II di Gedung Airport Operation Control Center (AOCC) di Bandara Soekarno-Hatta. 

“Instruksi Dirjen Perhubungan Udara agar Posko mulai aktif pada 14 April. Bandara AP II memulai lebih dulu pada 12 April untuk melakukan pengujian operational stressed test agar posko dapat semakin optimal,” ujar Muhammad Awaluddin.  

Adapun pada tahun ini ada 2 jenis Posko Angleb 2023 di Bandara AP II, yaitu 20 Posko Monitoring di masing-masing bandara dan Posko Utama AP II yang ada di Bandara Soekarno-Hatta. Kedua posko ini diperkuat infrastuktur digital dan teknologi informasi terkini untuk saling terintegrasi.

Posko Monitoring diaktifkan di masing-masing bandara AP II sebagai wadah koordinasi bagi seluruh stakeholder antara lain AP II selaku operator bandara, Otoritas Bandara, Satgas Penanganan COVID-19, maskapai, TNI, Polri, Pemda, Karantina, Bea dan Cukai, serta Imigrasi.

“Posko Monitoring bersifat mendukung koordinasi antar-stakeholder,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Sementara itu, Posko Utama AP II diposisikan untuk memantau secara keseluruhan operasional 20 bandara AP II dan bersifat lebih dalam tataran teknis. 

“Posko Monitoring di 20 bandara terintegrasi dengan Posko Utama. Seluruh laporan dari Posko Monitoring akan masuk ke Posko Utama. Posko Utama akan mengolah data dan laporan untuk menjadi dasar dalam mengambil kebijakan secara cepat guna memastikan kelancaran operasional penerbangan, menjaga tingkat ketepatan waktu (On Time Performance/OTP), dan juga aspek pelayanan di seluruh bandara,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Bandara Soekarno-Hatta tersibuk

Director of Operation AP II Muhamad Wasid menuturkan Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara paling sibuk dalam periode Angleb 2023. 

“Bandara Soekarno-Hatta diproyeksikan melayani 3,19 juta orang pemudik pada Angleb 2023 atau naik sekitar 19,47% dibandingkan dengan Angleb 2022. Sementara untuk pergerakan pesawat mencapai 23.101 penerbangan atau naik dari sebelumnya sebanyak 20.779 penerbangan,” ujar Muhamad Wasid. 

Lebih lanjut, Muhamad Wasid memaparkan total saat ini maskapai sudah mengajukan penerbangan tambahan (extra flight) di bandara-bandara AP II sebanyak total 1.016 penerbangan tambahan, di mana mayoritas yakni sebanyak 912 penerbangan tambahan ada di Bandara Soekarno-Hatta. 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *