Mau Mudik yang Lebih Aman dan Nyaman? Pastikan Mobil Kamu Punya Fitur Ini

Sharing is caring!

Jakarta, 11 April 2023 – Kelengkapan fitur merupakan salah satu pertimbangan utama bagi konsumen dalam memilih kendaraan, termasuk mobil. Pasalnya, fitur kendaraan yang lengkap hingga teknologi yang canggih dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Hal ini pun akan semakin terasa ketika kendaraan dipakai untuk perjalanan jauh seperti mudik. 

Simak fitur-fitur kendaraan yang mampu meningkatkan kenyamanan dan keamanan selama perjalan mudik berikut ini:

1. Teknologi Advanced Driver Assistance System yang Memberi Rasa Aman

Bagi pengendara, menjaga fokus selama mudik adalah hal yang utama mengingat jarak perjalanan yang jauh dapat membuat pengemudi merasa lelah maupun mengantuk. Agar dapat mudik dengan lebih nyaman, pengemudi bisa pakai kendaraan yang dibekali Advanced Driver Assistance System (ADAS). Ini teknologi yang membantu pengemudi saat berkendara dan menikmati pengalaman berkendara yang lebih aman.

Dalam hal ini, Hyundai telah melengkapi lini kendaraannya dengan teknologi ADAS bernama Hyundai SmartSense sebagai fitur keselamatan berkendara terbarukan. Hyundai SmartSense salah satunya meliputi Forward Collision-Avoidance Assist yang dapat membantu menghentikan kendaraan secara otomatis ketika sistem mendeteksi risiko tabrakan dengan kendaraan di depan. Fitur ini berguna untuk menghindari risiko kecelakaan dalam kondisi jalan yang ramai maupun lengang.

Hyundai SmartSense juga bisa mengingatkan pengendara untuk beristirahat jika mendeteksi anomali dari cara berkendara lewat fungsi Driver Attention Warning. Lalu, ada Lane Keeping Assist dan Lane Following Assist yang bisa membantu pengendara tetap berada di lajur dengan posisi yang tepat, termasuk saat berada di tol. Hal ini sangat bermanfaat untuk pengemudi bisa berkendara dengan lebih aman dan nyaman saat mudik yang berjarak tempuh relatif jauh dan banyak melewati jalur tol.

Perlu diingat bahwa semua fitur dari Hyundai SmartSense diciptakan untuk membantu menciptakan pengalaman berkendara yang lebih aman, bukan untuk memungkinkan kendaraan menjalankan fungsi self-driving. Maka dari itu, semua kendali dan keputusan utama dalam berkendara tetap ada pada pengemudi.

2. Android Auto & Apple CarPlay yang Dapat Diandalkan

Jumlah pemudik tahun ini berpotensi melonjak dari tahun lalu yang dapat membuat rute mudik menjadi lebih padat. Maka dari itu, ada baiknya kita menyiapkan rute alternatif untuk menghindari keramaian dan membantu kita sampai ke tujuan dengan lebih cepat. Namun, bagaimana jika kita tidak familiar dengan rute alternatif tersebut? Tenang, lini kendaraan Hyundai telah dilengkapi konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay yang memberi pengendara kenyamanan lebih dalam mendapatkan panduan arah jalan.

Pengguna bisa menghubungkan smartphone miliknya ke layar sentuh di head unit dari kendaraan Hyundai dengan mudah menggunakan Android Auto dan Apple CarPlay. Dari situ, pengguna bisa menampilkan Google Maps pada layar sentuh di head unit untuk mendapatkan panduan arah jalan tanpa perlu bolak-balik cek smartphone. Selain itu, konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay juga memudahkan pengguna untuk memutar musik favorit langsung di layar sentuh di head unit.

3. Teknologi Connected Car Services yang Memberi Kenyamanan di Berbagai Situasi

Saat melakukan perjalanan mudik, ada kalanya kita perlu ke rest area untuk beristirahat. Namun, mencari parkir mungkin jadi hal yang sulit karena banyaknya jumlah pemudik yang sudah terlebih dahulu sampai di lokasi. Kesulitan yang sama bisa kita alami ketika mencari mobil kita karena banyaknya kendaraan dan luasnya tempat peristirahatan.

Untuk mengatasi hal tersebut, teknologi connected car services yang memungkinkan pengguna bisa berinteraksi dengan kendaraan secara remote dapat menjadi solusi. Dalam hal ini, lini kendaraan Hyundai telah dibekali dengan Hyundai Bluelink yang mampu menghubungkan pengguna dengan kendaraannya dalam berbagai situasi, termasuk ketika ingin menemukan kendaraan dengan lebih mudah.

Hyundai Bluelink telah dilengkapi fitur Remote Horn & Light Control untuk menyalakan klakson/lampu serta Find My Car yang menunjukkan posisi mobil melalui peta di aplikasi. Kita pun bisa menyalakan mesin dan AC mobil dengan Hyundai Bluelink, jadi kendaraan sudah sejuk saat kita kembali memulai perjalanan. Pengguna cukup unduh aplikasi Hyundai Bluelink di smartphone untuk menikmati fungsi canggih tersebut hanya dengan sentuhan jari.

Selain itu, Hyundai Bluelink juga siap mendampingi pengguna saat kondisi darurat, misalnya saat kendaraan mengalami masalah. Pengguna bisa menekan tombol Bluelink atau SOS di overhead console mobil untuk menghubungi Hyundai Bluelink Call Center untuk mendapatkan info lokasi Hyundai Service Center terdekat ataupun mendapatkan bantuan yang dibutuhkan langsung ke lokasi seperti mobil derek.

Fitur teknologi canggih seperti ADAS (Advanced Driver Assistance System), Android Auto & Apple CarPlay, dan Connected Car Services telah disematkan pada lini kendaraan Hyundai seperti STARGAZER, CRETA, dan PALISADE. Gabungan dari fitur tersebut menjadikan ketiganya sebagai pilihan yang sangat baik bagi pengemudi yang mengutamakan keselamatan, konektivitas, dan kenyamanan yang tinggi saat berkendara.

Ditambah lagi dengan bantuan fitur Bluelink, pengemudi dapat memantau kondisi mobilnya secara real-time, termasuk suhu mesin, dan level bahan bakar. Fitur ini tentunya dapat memberikan pengemudi ketenangan dan kenyamanan selama berkendara, sehingga di momen mudik atau liburan bersama keluarga, pengemudi dapat menikmati liburan dengan tenang.

Ikuti informasi terkini seputar produk, layanan, dan kegiatan Hyundai di situs resmi HMID di www.hyundai.com/id/id, atau lewat kanal media sosial, yaitu Instagram HyundaiMotorIndonesia, Youtube Hyundai Motors Indonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, dan Twitter @HyundaiMotorID.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *