Dukung Standardisasi Produk Migas, LEMIGAS Gelar Pelatihan Sistem Manajemen LSPro

Sharing is caring!

Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi LEMIGAS Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi menggelar pelatihan Sistem Manajemen Lembaga Sertifikasi Produk yang mengacu pada SNI ISO/IEC 17065:2012 dan SNI ISO/IEC 17067:2013 selama dua hari, yaitu tanggal 3-5 April 2023.

Kepala LEMIGAS Ariana Soemanto mengatakan, pelatihan ini dilakukan karena Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) minyak dan gas bumi (migas) berperan penting dalam mendukung kebijakan pemerintah, terutama yang berkaitan dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) Produk Migas yang beredar di pasaran.

“Kami menggelar pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) LSPro LEMIGAS dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, mengingat peran penting LSPro migas dalam mendukung kebijakan Pemerintah yang berkaitan dengan SNI produk migas yang beredar di pasaran,” ujar Ariana di Jakarta, Kamis (6/4).

Adapun materi yang disampaikan pada pelatihan ini meliputi:

  1. Sistem Akreditasi Lembaga Sertifikasi Produk, Proses Dan Jasa, diantaranya menjelaskan mengenai Proses Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dalam UU No. 20 Tahun 2014.
  2. Sistem Manajemen Lembaga Sertifikasi Produk, Proses dan Jasa, diantaranya menjelaskan tentang:
  • SNI ISO/IEC 17065:2012, Penilaian kesesuaian – Persyaratan untuk lembaga sertifikasi produk, proses dan jasa
  • SNI ISO/IEC 17067:2013, Penilaian kesesuaian – Fundamental sertifikasi produk dan panduan skema sertifikasi produk
  • SNI ISO/IEC TR 17026:2015, Penilaian kesesuaian – Contoh skema sertifikasi untuk produk berwujud
  • Peraturan BSN Nomor 2 Tahun 2017, Tata cara penggunaan tanda SNI dan tanda kesesuaian berbasis SNI

3. SNI ISO/IEC TR 17026:2015 Penilaian Kesesuaian – Contoh skema sertifikasi untuk produk berwujud. Dokumen ini memberikan informasi bagi pihak yang terlibat dalam sertifikasi produk, sebagai penjelasan tambahan dari SNI ISO/IEC 17067:2013.

Sebagai informasi, LEMIGAS merupakan salah satu lembaga pemerintah yang memiliki wewenang untuk memeriksa dan menentukan standar mutu pelumas yang beredar di pasar nasional. LSPro Migas LEMIGAS telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan nomor akfreditasi LSPr-077-IDN dengan lingkup yang sudah akreditasi 18 komoditi pelumas dan komoditi LPG.

Saat ini LSPro Migas LEMIGAS sedang melakukan pengembangan untuk SNI lumpur dan SNI kompor LPG untuk rumah tangga. (DKD)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *