Dirut Angkasa Pura Airports Faik Fahmi Jadi CEO Terpopuler Versi The Iconomics

Sharing is caring!

Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi mendapatkan penghargaan Indonesia 50 Most Popular CEO 2023 dalam ajang Indonesia Best CEO Awards 2023 yang diselenggarakan oleh media ekonomi nasional, The Iconomics. 

Penghargaan untuk Faik Fahmi diserahkan dalam acara penghargaan yang diselenggarakan di Kantor Pusat Radio Republik Indonesia (RRI) Jakarta pada Kamis (6/4). Selain pimpinan-pimpinan perusahaan di Indonesia, turut hadir pula Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada acara penghargaan tersebut. 

Pada pidatonya saat menerima penghargaan, Faik Fahmi mendedikasikan penghargaan ini untuk seluruh insan Angkasa Pura Airports. “Penghargaan yang luar biasa bagi kami, serta secara khusus saya dedikasikan untuk seluruh karyawan Angkasa Pura Airports, termasuk bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura Airports, yang saat ini sedang sangat bersemangat untuk melakukan pemulihan dari dampak pandemi Covid-19,” ucap Faik Fahmi.

“Alhamdulillah, setiap harinya pergerakan pesawat maupun penumpang semakin baik. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia sudah mulai bangkit, serta kami di Angkasa Pura Airports sangat mendukung pemulihan ekonomi di Indonesia,” lanjutnya.

Penghargaan Indonesia 50 Most Popular CEO 2023 merupakan pengakuan atas kepemimpinan para direktur utama perusahaan lintas sektor di Indonesia, yang dipandang mampu dan berhasil memimpin perusahaan untuk tetap bertahan dan kembali bangkit dari situasi krisis, terutama akibat pandemi global Covid-19. Para pemenang penghargaan dipilih berdasarkan metodologi survei terkait popularitas, kompetensi, kepemimpinan, dan kepribadian.

Dalam menjalankan tugas sebagai direktur utama perusahaan pengelola 15 bandara di Indonesia, Faik Fahmi memegang teguh prinsip dan komitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa bandara. Melalui implementasi komitmen layanan tersebut, di bawah kepemimpinan Faik Fahmi Angkasa Pura Airports berhasil meraih berbagai pengakuan dan penghargaan tingkat nasional dan dunia. Yang terbaru, delapan bandara yang dikelola Angkasa Pura Airports berhasil meraih 18 penghargaan prestisius Airport Service Quality (ASQ) Awards 2022 dari organisasi pengelola bandara-bandara di dunia Airports Council International (ACI).

Di bidang operasional, sejak dipercaya menjabat sebagai Direktur Utama Angkasa Pura Airports pada 2017 silam, Faik Fahmi telah berhasil mengatasi permasalahan utama bandara-bandara yang dikelola, yakni lack of capacity atau realisasi jumlah penumpang yang dilayani melebihi kapasitas maksimal bandara. Kini, di tahun 2023 ini 15 bandara Angkasa Pura I memiliki kapasitas bandara mencapai 135 juta penumpang per tahun, melesat jauh dibanding kapasitas total di tahun 2017 yang hanya mencapai 71 juta penumpang per tahun.

Memasuki era pandemi global Covid-19, Faik Fahmi berhasil memimpin Angkasa Pura Airports untuk dapat bertahan di tengah tekanan pandemi yang mengakibatkan menurunnya jumlah pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat udara secara drastis dibandingkan pada masa prapandemi. Berbagai upaya dilakukan untuk membuat perusahaan tetap dapat bertahan, di antaranya melalui restrukturisasi keuangan, optimalisasi upaya revenue enhancement, serta implementasi cost leadership. Perlahan namun pasti, kinerja operasional Angkasa Pura Airports kembali membaik dengan semakin meningkatnya jumlah pergerakan penumpang dan pesawat udara yang dilayani di 15 bandara.

“Saya menjadikan momentum penghargaan ini untuk sejenak melihat ke belakang tentang apa yang telah kami lalui sepanjang masa sulit pada masa pandemi Covid-19, serta untuk menatap ke depan dengan penuh optimisme, bahwa dengan tekad yang kuat gelombang badai dapat dilalui,” pungkas Faik Fahmi.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *