Angkasa Pura Airports Raih Penghargaan Omni Customer Experience Strategy dalam OMNI Awards 2023

Sharing is caring!

Angkasa Pura Airports meraih penghargaan dalam ajang Marketeers OMNI Awards 2023 untuk kategori Omni Customer Experience Strategy. Penghargaan tersebut diberikan pada Selasa (04/04), bertempat di FX Sudirman, Jakarta.

Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap strategi brandingmarketing, dan pelayanan yang dilakukan oleh Angkasa Pura Airports, yang dinilai berhasil dalam mengintegrasikan layanan melalui interaksi fisik (offline) dan digital (online).

Direktur Komersial dan Pelayanan Angkasa Pura Airports Dendi T. Danianto mengatakan, penghargaan ini merupakan momentum untuk terus memacu kinerja perusahaan dalam pelayanan pengguna jasa. “Merupakan suatu kehormatan bagi Angkasa Pura Airports. Kami akan terus selalu berupaya melakukan improvement dan inovasi untuk pencapaian target di masa depan, serta untuk mendukung program untuk memajukan industri penerbangan dan pariwisata,” ujar Dendi.

Dendi menambahkan mengenai pentingnya digitalisasi dalam standar pelayanan. “Kami menyadari pentingnya digitalisasi dalam memberikan seamless experience bagi seluruh pengguna jasa bandara. Saat ini kami menjadikan pengalaman pelanggan atau customer experience sebagai landasan dalam merumuskan seluruh lini pelayanan, baik itu secara services maupun komersial,” lanjutnya.

Senada dengan Dendi, CEO Marketeers Iwan Setiawan menyampaikan pentingnya integrasi layanan online dan offline. “Sekarang eranya sudah berubah menjadi era phygital marketing yang merupakan hybrid dari fisik dan digital. Dan, bila ingin sukses, merek perlu melakukan pendekatan secara Omni yakni menggabungkan antara online dan offline atau sentuhan teknologi dan manusia,” ujarnya saat membuka acara penghargaan.

Dalam standar layanannya, saat ini Angkasa Pura Airports sudah mengintegrasikan layanan offline serta layanan berbasis digital atau layanan online.

Melalui layanan offline, Angkasa Pura Airports menyediakan berbagai jenis layanan dan fasilitas yang ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa dan untuk meningkatkan customer experience. Fasilitas tersebut juga telah terintegrasi secara digital untuk memudahkan pengguna jasa saat berada di bandara, seperti self check-in counter, mesin pemindai boarding pass atau boarding pass scanner, serta layanan online customer service.

Sedangkan dalam layanan online, Angkasa Pura Airports memanfaatkan berbagai jenis kanal media sosial sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan, serta untuk menyampaikan kampanye marketing dan promosi, di antaranya promosi destinasi wisata unggulan, promosi gerai komersial dan fasilitas publik di bandara, serta kampanye untuk menumbuhkan kembali minat berwisata masyarakat pada masa transisi pandemi. Melalui Contact Center 172, Angkasa Pura Airports menyediakan platform contact center untuk memberikan informasi kepada pelanggan, menindaklanjuti keluhan, serta mendengarkan saran dan masukan dari pengguna jasa. 

“Inovasi layanan melalui integrasi layanan offline dan online ini harus berfokus pada pengalaman pelanggan atau customer experience yang diharapkan meningkatkan kepuasan pelanggan atau customer satisfaction. Kami berkomitmen untuk terus menerus memenuhi kebutuhan dan harapan penumpang di semua bandara yang kami kelola secara berkelanjutan,” tutup Dendi. 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *