XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data di DIY dan Jateng

Sharing is caring!

Total jaringan 4G XL Axiata di DIY telah menjangkau lebih dari 420 desa/kelurahan, 7 kecamatan, dan 5 kota/kabupaten, sedangkan di Jawa Tengah telah menjangkau lebih dari 7.900 desa/kelurahan, 547 kecamatan, dan 35 kota/kabupaten. Sementara itu, pertumbuhan trafik data di kedua wilayah dalam dua tahun terakhir mencapai 51% di DIY, dan 65% di Jawa Tengah.

Yogyakarta, 4 April 2023. Jaringan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng) telah siap menghadapi lonjakan trafik menjelang mudik dan masa libur panjang Lebaran. Total jaringan 4G XL Axiata di DIY telah menjangkau lebih dari 420 desa/kelurahan, 7 kecamatan, dan 5 kota/kabupaten, sedangkan di Jateng telah menjangkau lebih dari 7.900 desa/kelurahan, 547 kecamatan, dan 35 kota/kabupaten. Dari total sekitar 1,1 juta pelanggan data di DIY, 91% merupakan pelanggan data. Sementara itu pelanggan data di Jateng telah mencapai 93% dari total sekitar 6,4 juta pelanggan. Pertumbuhan trafik data sendiri dalam dua tahun terakhir telah mencapai 51% untuk DIY, dan 65% untuk Jateng.

Pj Group Head XL Axiata untuk area DIY dan Jateng, Arif Farhan Budiyanto, mengatakan, “Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kami memperkirakan, permintaan terhadap layanan data akan mengalami peningkatan yang pesat. Ini terjadi hampir merata di seluruh kota dan kabupaten yang tersebar di provinsi DIY dan Jateng. Selain meningkatkan kapasitas, kami pun melakukan optimalisasi jaringan dengan melihat pola mobilitas pelanggan dan masyarakat pada periode libur lebaran yang tidak lama lagi. Kami juga telah memastikan ketersediaan produk unggulan terpilih di seluruh saluran distribusi, khususnya di toko-toko pulsa yang mudah dijangkau masyarakat.”

Arif menambahkan, secara rutin, perusahaan terus meningkatkan kualitas layanan di seluruh kota dan kabupaten yang tersebar di kedua provinsi ini. XL Axiata memperkirakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, peningkatan trafik secara signifikan akan terjadi di beberapa kabupaten seperti Kebumen, dengan perkiraan peningkatan mencapai 61%, Purworejo 58%, Pemalang 54%, Gunung Kidul 44%, Kulon Progo 34%, dan Bantul 21%. Untuk menjamin kemampuan jaringan dalam menampung lonjakan trafik nantinya, sejumlah langkah strategis telah XL Axiata siapkan, antara lain melalui penambahan kapasitas dibandingkan hari normal biasanya, hingga penerapan teknologi baru.

XL Axiata pun menyesuaikan pada tren penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik, dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran nantinya. Selain itu, rampungnya pembangunan infrastruktur jalan tol baru yang menghubungkan beberapa ruas di DIY dan Jawa Tengah turut menjadi perhatian perusahaan.

Hingga akhir Desember 2022, total BTS di seluruh DIY dan Jateng terdapat lebih dari 15.500 BTS dengan mayoritas BTS 4G. Pembangunan jaringan baru dan fiberisasi akan terus berlanjut di sepanjang tahun 2023 ini dan tahun-tahun ke depannya. Dalam dua tahun terakhir, penambahan BTS 4G oleh XL Axiata di wilayah DIY dan Jateng terus gencar dilakukan, termasuk penambahan yang tersebar antara lain di Bantul sebanyak 235 BTS, Gunung Kidul lebih dari 170 BTS, Kulon Progo sekitar 160 BTS, Kota Semarang sekitar 650 BTS, Banyumas lebih dari 450 BTS, dan Grobogan 385 BTS.Penambahan ini tentunya disesuaikan dengan tingginya kebutuhan data yang terus meningkat di area tersebut.

Beberapa titik yang diperkirakan akan mengalami peningkatan trafik penggunaan layanan data sepanjang libur lebaran adalah Kota Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Tawangmangu, kawasan sekitar Candi Borobudur, Prambanan, pantai-pantai di Gunung Kidul, Pantai Parangtritis, dataran tinggi Dieng, wisata air panas Guci di Tegal, hingga kawasan wisata Batu Raden di Banyumas.

Untuk pusat keramaian, seperti biasanya akan terjadi peningkatan di pusat-pusat ibadah seperti masjid agung, pusat perbelanjaan, alun-alun, terminal bus, stasiun kereta api, bandara,  hingga sepanjang jalan arteri non tol dan tol yang menghubungkan daerah-daerah di Jawa Tengah dan provinsi besar lainnya.

Pelanggan XL Axiata akan banyak menggunakan beragam layanan data, terutama media sosial guna berbagi konten. Pelanggan juga lebih banyak mengakses layanan streaming baik video, musik, maupun gim, yang memerlukan kapasitas besar. Untuk streaming meliputi Youtube, Vidio, dan Spotify. Sementara itu, untuk aplikasi messaging adalah Whatsapp. 

Aksi sosial XL Axiata untuk masyarakat

Di bulan Ramadan ini, XL Axiata Peduli menggelar dua program, yaitu XL Axiata Peduli Paket Berbuka, berupa penyaluran paket makanan berbuka untuk masyarakat prasejahtera, dengan sistem penukaran kupon. Program ini bekerja sama dengan Yayasan Benihbaik dan para mitra lokal seperti warung nasi dan komunitas warga yang bertujuan untuk membantu UMKM lokal.

Program kedua yaitu XL Axiata Peduli Sembako untuk Pesantren, dengan membeli dari UMKM lokal. Target penerima adalah pesantren yang tersebar di Kota Yogyakarta, Kota Bandung, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah, Kota Makassar, Kota Surabaya, Kota Jakarta, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kabupaten Agam Sumatera Barat, hingga Kota Batam,

Sebelumnya, perusahaan melalui program XL Axiata Peduli telah terjun langsung memberikan bantuan makanan sehat untuk program pencegahan stunting di beberapa desa yang tersebar di Indonesia.

XL Axiata berkomitmen untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat melalui program-program yang bermanfaat dan berkelanjutan, di mana salah satunya melalui aksi sosial berbagi yang telah dilakukan bertahun-tahun melalui program perusahaan, antara lain Program XL Axiata Baik. Program ini dilaksanakan di kota-kota berbeda untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Melalui program ini, karyawan XL Axiata tidak hanya berfokus pada area pekerjaan saja tetapi bisa berkontribusi lebih terhadap negeri. Manajemen juga ingin menciptakan budaya karyawan yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan semoga hal baik ini dapat menginspirasi dan menciptakan domino effects untuk hal-hal baik lainnya yang bermanfaat.

Program XL Axiata Baik sudah berjalan sejak tahun 2021, berbagai program kegiatan telah dijalankan membantu masyarakat di berbagai daerah, seperti Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit (SVIB), donasi, donor darah, karyawan mengajar, bedah rumah, bangun jalan, bangun masjid, pengadaan depot air, bangun jembatan hingga donasi akses internet dan laptop untuk pesantren dan sekolah. Sementara itu, pada tahun ini, program XL Axiata Baik sudah melakukan berbagai hal, antara lain pada program mengajar di Luwuk yang dilaksanakan langsung oleh karyawan pada Maret 2023, dan program donor darah oleh karyawan XL Axiata di Jakarta.

Layanan XL Satu Fiber di DIY dan Jateng

XL Satu Fiber semakin gencar menghadirkan layanan di beberapa kota baru di provinsi DIY dan Jateng. Selain itu, perusahaan juga berkomitmen untuk terus melakukan perluasan area layanan di kota-kota yang telah terlayani. Setelah beberapa tahun melayani masyarakat di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul, layanan XL Satu Fiber juga telah hadir di sejumlah kota baru di provinsi Jawa Tengah, seperti Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kota Purwokerto, hingga Kabupaten Banyumas.

XL Satu Fiber merupakan produk konvergensi pertama di Indonesia. Selama bulan Ramadan, XL Satu Fiber menghadirkan beberapa promo yang bisa dinikmati oleh pelanggan:

  1. Promo Ramadan speed upgrade untuk pelanggan baru
  • Cukup dengan Rp. 276 ribu/bulan pelanggan dapat internet rumah fiber unlimited dengan speed upgrade dari 30Mbps ke 50Mbps selama 6 bulan dan kuota HP bersama 15GB untuk sekeluarga dalam satu tagihan. Beragam paket menarik lainnya bisa dilihat di website satu.xl.co.id
  • Kuota HP bersama berlaku untuk pelanggan XL dan XL Prioritas
  • Bonus langganan Vidio Platinum dan Catchplay+ Movie Lovers selama 12 bulan
  • Bonus langganan Lionsgate Play selama 3 bulan
  • Bebas biaya instalasi dan sewa perangkat, sudah termasuk XL Home Entertainment Box (STB)
  • Periode promo 23 Maret – 30 April 2023
  1. Fitur dan konten partner baru untuk pelanggan

Kini kuota hp bersama XL Satu Fiber bisa dinikmati juga oleh pelanggan XL Prioritas, untuk mendapatkannya sangat mudah, cukup daftarkan nomor XL Prioritas anda atau keluarga di aplikasi myXL pada akun XL Satu Fiber anda. Tidak hanya itu, kini hiburan dirumah makin seru dengan adanya Lionsgate Play yang bisa di akses di XL Home Entertainment Box (STB), pelanggan bisa menonton beragam tayangan Box Office berkualitas dunia.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *