Menparekraf: KaTa Kreatif 2023 Tingkatkan Potensi Ekraf Padang Pariaman Sumbar

Sharing is caring!


Padang Pariaman, 31 Maret 2023
 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan sektor ekonomi kreatif di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, mengalami peningkatan yang pesat berkat program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif 2023.

Dalam Workshop KaTa Kreatif di Kantor Bupati Padang Pariaman, Jumat (31/3/2023), Menparekraf Sandiaga mengungkapkan Padang Pariaman mengalami pertumbuhan ekonomi hingga 6,87 persen yang ditopang oleh sektor ekonomi kreatif, di mana Padang Pariaman berdasarkan hasil uji petik mengedepankan subsektor kriya, seni pertunjukan, dan juga kuliner. Sehingga, penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja di Padang Pariaman pun terbuka lebar.

“Karena pertumbuhan ekonominya tinggi, lapangan kerja tercipta dan UMKM-nya menggeliat ini adalah bagian dari penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga menyampaikan agar pelaku UMKM tidak perlu khawatir mengenai akses permodalan, karena berdasarkan PP Nomor 24 tahun 2022, hak kekayaan intelektual kini dapat dimanfaatkan sebagai objek pembiayaan. 

“Ini sedang kami dorong dan kami sosialisasikan bersama OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan perbankan sehingga jika selama ini pembiayaan itu terhambat karena ketersediaan jaminan dan agunan. Jika produk-produk ekonomi kreatif ini mereknya sudah didaftarkan hak kekayaan intelektualnya, itu sudah bisa dijadikan jaminan pembiayaan, ini yang saat ini kita dorong melalui KUR (kredit usaha rakyat) ekonomi kreatif berbasis kekayaan intelektual,” katanya.

Dalam kegiatan ini Menparekraf Sandiaga didampingi Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso dan Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua.

Turut hadir Wakil Gubenur Sumatra Barat, Audy Joinaldy; Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Barat, Luhur Budianda; Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur; Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumatra Barat, Sari Lenggogeni.

Menparekraf Sandiaga juga sempat mencicipi sejumlah hidangan yang telah disajikan para peserta workshop dan membeli produk-produk ekraf yang tersedia.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *