Menparekraf Apresiasi Desa Wisata Nyarai Padang Pariaman Sumbar Sukses Tembus ADWI 2023

Sharing is caring!

Padang Pariaman, 31 Maret 2023 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi keberhasilan Desa Wisata Nyarai, Kabupaten Padang Pariaman, di Sumatra Barat (Sumbar) yang berhasil menembus 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno  dalam kunjungannya ke Desa Wisata Nyarai dikenal dengan ekowisata sungai, Padang Pariaman, (31/3/2023).

“Ini adalah wisata yang berkualitas karena berbasis konservasi,” kata Menparekraf Sandiaga dalam kunjungannya ke Desa Wisata Nyarai, Jumat (31/3/2023).

Desa wisata Nyarai terletak di Nagari Salibutan Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, dan berada di kaki bukit barisan satu yang merupakan lokasi hutan lindung. 

Desa Wisata Nyarai memiliki jarak tempuh yang relatif dekat sekitar 21 km dari Bandara Internasional Minangkabau dengan perjalanan darat yakni sekitar 40 menit.

Desa Wisata Nyarai dikenal dengan ekowisata sungai, sebab desa ini dilintasi oleh aliran Sungai Batang Anai. Ada beberapa titik ekowisata di desa ini di antaranya Pemandian Lubuak Napa dan Lubuak Larangan yang merupakan lokasi konservasi sejenis ikan yang dilarang ditangkap tanpa persetujuan pemangku adat setempat serta beberapa spot pemancingan fly fishing dan trekking.

Sehingga, Sandiaga berpesan kepada masyarakat setempat untuk senantiasa menjaga keasrian lingkungan di sekitar Desa Wisata Nyarai. “Jangan sampai keindahan alam yang kita jual ini justru malah tidak ramah lingkungan dan kita harapkan kita bersama-sama bisa membangun destinasi ini menjadi destinasi wisata berkelas dunia,” kata Sandiaga.

Wakil Gubenur Sumatra Barat, Audy Joinaldy, mengungkapkan dengan terpilihnya Desa Wisata Nyarai dalam ajang ADWI 2023 ini diharapkan bisa menyukseskan program “Visit  West Sumatra 2023”. “Ini juga dalam rangka mendukung cita-cita Pak Menteri dan Pak Presiden untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja dan 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara,” kata Audy.

Dalam kunjungan ini Menparekraf Sandiaga didampingi Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso, dan Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua.

Turut hadir Wakil Gubenur Sumatra Barat, Audy Joinaldy; Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Barat, Luhur Budianda; Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur; dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumatra Barat, Sari Lenggogeni.

Dalam kunjungan ini, Menparekraf Sandiaga juga berbelanja produk-produk UMKM yang dijajakan di Desa Wisata Nyarai dan melepas ikan yang ditangkap oleh pemancing di Pemandian Lubuak Napa.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *