Kinerja MAPA Melebihi Ekspektasi

Sharing is caring!

Jakarta, 29 Maret 2023 – PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) untuk sports, kids dan leisure, hari ini mengumumkan kinerja keuangan tahun 2022 yang telah diaudit.

Pendapatan bersih untuk tahun 2022 tercatat sebesar Rp9,80 triliun, meningkat signifikan sebesar 62,2% dari Rp6,04 triliun di tahun 2021. Margin laba kotor naik sebesar 510 bps menjadi 47,9% dari 42,8%. Laba usaha tumbuh menjadi Rp1,57 triliun dari Rp475,16 miliar, EBITDA naik dari Rp1,1 triliun menjadi Rp2,25 triliun; sementara laba bersih melonjak menjadi Rp1,17 triliun dari Rp223,76 miliar dibanding periode yang sama tahun lalu.

Di kuartal empat tahun 2022, MAPA melaporkan pendapatan bersih sebesar Rp2,98 triliun, naik 17,7% dari Rp2,53 triliun yang tercatat di kuartal tiga. Margin laba kotor kembali normal pada 47,4% dari 49,8% di kuartal 3, sehingga laba usaha menjadi Rp452,58 miliar. EBITDA tercatat sebesar Rp656,32 miliar, dengan laba bersih tumbuh sebesar 13,3% menjadi Rp369,64 miliar dari Rp326,14 miliar dari kuartal sebelumnya.s

Ratih Darmawan Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group menyatakan, “Penjualan kami didukung oleh permintaan pelanggan yang meningkat, seiring dengan kembalinya aktivitas masyarakat yang sejalan dengan keberhasilan program vaksinasi oleh pemerintah. Pulihnya kegiatan masyarakat di kantor, sekolah dan mal, ditambah dengan meningkatnya frekuensi travelling, memperkuat penjualan kami secara signifikan selama periode ‘Back to School’, Lebaran, dan Natal.”

“MAPA mencatat hasil yang luar biasa di tahun 2022, meskipun terdapat gangguan supply chain dan tekanan inflasi. Pencapaian ini merupakan bukti nyata atas ketangguhan MAPA, para pelanggan, serta strategi ‘4 Pilar’ kami,” lanjut Ratih.

Salah satu kunci kesuksesan MAPA di wilayah ASEAN adalah kemampuan untuk menghadirkan brand dan layanan terbaik kepada pelanggan. Perusahaan bangga dapat memperkuat portofolio brand Perusahaan di tahun 2022, dengan disepakatinya

perjanjian kemitraan eksklusif untuk Foot Locker di Filipina dan Thailand, serta Converse dan Reebok di Malaysia dan Singapura.

MAPA terus meningkatkan kemampuan dalam menganalisa data, memanfaatkan MAPCLUB untuk memaksimalkan penjualan, meningkatkan average transaction value, dan menyempurnakan perencanaan inventory serta optimalisasi supply chain.

MAPA akan terus berupaya untuk mencapai pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan. Untuk ke depannya, Perusahaan akan lebih waspada terhadap situasi global, serta berfokus dalam meningkatkan strategi merchandising, memperkuat model bisnis unified retail, dan membangun hubungan yang erat dengan para brand principal. Hal ini akan menjadikan MAPA sebagai perusahaan yang lebih besar, lebih kuat, dan tangguh di tahun-tahun mendatang.

Tentang PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA)

PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) adalah entitas ‘brand commerce’ yang mengelola dan memasarkan brand internasional di Indonesia. Anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), MAPA mengelola lebih dari 40 brand eksklusif di 1.327 gerai dan 11 situs online. Tiga segmen bisnis utama perusahaan adalah produk Sports, Leisure footwear dan Kids, yang dijual melalui format gerai multi-brand, mono-brand yang dimiliki langsung oleh MAPA, termasuk PlanetSports.Asia, Sports Station, Golf House, dan Kidz Station. Di tahun 2018, perusahaan mengakuisisi Astec, brand bulu tangkis, fitness dan aktivitas leisure terkemuka di tingkat regional, yang didirikan oleh Alan Budikusuma dan Susi Susanti, peraih medali emas Olimpiade. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap mengenai MAPA, silakan kunjungi www.mapactive.id.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *