Menparekraf Kenalkan IP Karakter Oramon Teman Perjalanan Wisata ke Labuan Bajo

Sharing is caring!

Sebagai upaya membangkitkan ekonomi dan membuka peluang usaha seluas-luasnya

Jakarta, 27 Maret 2023 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparerkaf/Baparekraf) memperkenalkan Intellectual Property (IP) Karakter Oramon kreasi dari anak bangsa sebagai teman perjalanan wisata ke Labuan Bajo.

Menparekraf Sandiaga saat The Weekly Press Briefing With Sandi Uno di Jakarta, Senin (27/03/2023) menjelaskan Karakter Oramon merupakan kreasi dari Adin Nugroho dan Rizki Amalia. IP Karakternya terlihat saat program Kemenparekraf Katapel Maya di tahun 2021 dan program kurasi Intelektual Property Kemenparekraf pada tahun 2021.Oramon juga merupakan salah satu peserta terpilih untuk mewakili Indonesia di event Hongkong International Licensing 2023.

“Komodo menjadi inspirasi di balik Oramon dan akan dipersonifikasikan sebagai ‘travel buddy’ atau teman perjalanan wisatawan ke Labuan Bajo. Bagi yang penasaran dengan Oramon, ditunggu di Labuan Bajo,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Sementara itu, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan ikon Oramon dalam pemanfaatan media branding Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas.

“Oramon akan berangkat ke Labuan Bajo dan magang di Kantor BPOLBF untuk mempromosikan pariwisata Labuan Bajo. Kami juga akan mengajak Oramon jalan-jalan dan akan keliling mengenalkan Oramon. Sehingga semua orang ingin mengenal lebih lanjut tentang Komodo dan jadi teman Oramon juga,” ujar Shana.

Pada kesempatan yang sama, Co-creator Karakter Oramon Adin Nugroho mengatakan, yang menjadi inspirasi Oramon adalah satwa Komodo. Kepribadian Oramon sendiri digambarkan lucu, imut, supel, ramah, dan sedikit jahil. 

“Awalnya saya ingin punya karakter yang menjadi kawan anak saya. Tapi ternyata semua orang suka. Bahkan ada pertanyaan apakah Komodo bisa lucu? Ternyata bisa dan akhirnya kita gambar dan jadilah Oramon ini,” ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf baik secara daring maupun luring. 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *