Tips Berkendara Motor Bagi Pemula Agar Tidak Gugup di Jalanan

Sharing is caring!

Berkendara motor adalah suatu aktivitas yang memerlukan keterampilan dan ketenangan. Bagi pemula, seringkali merasa gugup dan cemas saat berkendara di jalanan. Danang Hermanto, instruktur safety riding dari Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta memberikan beberapa tips untuk mengatasi rasa gugup tersebut.

Berikut beberapa tips dari Yamaha Riding Academy(YRA) Yogyakarta terkait berkendara motor bagi pemula agar tidak gugup saat berkendara di jalanan :

1. Kenali kendaraan Anda

Sebelum memulai berkendara, pastikan Anda sudah mengenal motor Anda. Pelajari bagaimana mengoperasikan setiap tombol dan tuas, pahami fungsi dan cara penggunaan fitur-fitur pada motor, serta memahami dasar-dasar teknik berkendara. Ini akan membantu Anda merasa lebih percaya diri saat berkendara. Selanjutnya, saat awal berkendara disarankan menggunakan kecepatan rendah atau pelan-pelan terlebih dahulu, agar bisa beradaptasi lebih baik dengan kondisi di jalanan serta terbiasa dalam menggunakan motor.

2. Kenali jalan yang akan Anda lewati

Sebelum memulai perjalanan, pastikan Anda tahu rute yang akan Anda lewati. Kenali kondisi jalan, termasuk tikungan, jalan menanjak atau menurun, dan daerah rawan kecelakaan. Dengan mengetahui kondisi jalan, Anda dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan mengurangi rasa cemas saat berkendara.

3. Kenakan perlengkapan keselamatan

Pastikan Anda menggunakan perlengkapan keselamatan yang sesuai seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu yang melindungi jari dan mata kaki, dan celana panjang. Perlengkapan keselamatan yang tepat dapat memberikan perlindungan dan membantu Anda merasa lebih nyaman saat berkendara.

4. Jangan terburu-buru

Jangan terburu-buru saat berkendara, terutama saat melakukan akselerasi atau pengereman. Lakukan dengan perlahan dan perhatikan kondisi jalan serta lalu lintas di sekitar Anda. Hindari mengejar kecepatan yang terlalu tinggi atau melakukan manuver yang berbahaya. Bila perlu, dapat memulai berkendara di waktu yang lebih awal, agar saat perjalanan tidak terburu-buru mengejar waktu.

5. Hindari jalan yang padat

Pada awalnya, hindari berkendara di jalan yang padat atau padat merayap. Ini akan membuat Anda merasa lebih cemas dan tertekan, sehingga mengurangi konsentrasi saat berkendara. Pilihlah waktu dan rute yang tepat, misalnya berkendara di pagi hari saat lalu lintas masih sepi.

6. Perhatikan postur tubuh

Pastikan Anda duduk dengan benar dan nyaman saat berkendara. Postur tubuh yang benar akan membantu Anda mengendalikan motor dengan lebih baik, serta mengurangi kelelahan saat berkendara dalam jarak yang lama.

7. Berlatih berkendara secara teratur

Berlatihlah berkendara secara teratur untuk meningkatkan keterampilan dan rasa percaya diri. Lakukan latihan di area yang aman, seperti di lapangan atau tempat parkir. Hal ini akan membantu Anda merasa lebih percaya diri saat berkendara di jalan raya.

Berkendara motor memang memerlukan waktu dan latihan yang cukup, diharapkan juga dengan tips di atas, Anda dapat mengatasi rasa gugup dan meningkatkan keterampilan berkendara. Selalu perhatikan keselamatan dan jangan lupa untuk berdoa sebelum melakukan perjalanan.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *