Gelar Tarhib Ramadan, Menteri ESDM Ingatkan Ramadan Momentum Jalankan Tugas Lebih Baik

Sharing is caring!

Menyambut kedatangan bulan Ramadan yang mulia bagi umat muslim, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyelenggarakan Tarhib Ramadan dengan tema “Menyambut Ramadan, Giat Berakhlak, Giat Ibadah, Giat Bekerja” di Kantor Sekretariat Jenderal KESDM, Selasa (21/3). Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam sambutannya menguraikan bahwa dalam menghadapi bulan Ramadan harus saling memaafkan serta membulatkan niat untuk meningkatkan ibadah serta menjaga kesehatan.

“Sebelum memasuki bulan Ramadan ini kita harus saling memaafkan, jadi harus kita putihkan hati kita lebih dahulu untuk saling memaafkan. Saya sebagai pribadi, keluarga dan pimpinan Kementerian ESDM mengucapkan selamat ramadhan 1444 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin semoga kita dapat mengisi ramadan ini lebih baik lagi dari yang sebelumnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Arifin menekankan kepada seluruh Pejabat Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ESDM bahwa momentum Ramadan, selain mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa, bisa dijadikan sebagai motivasi agar bisa mengemban tugas dengan lebih baik, sehingga bisa memberikan kontribusi yang maksimal bagi institusi khususnya dalam hal pelayanan.

“Karena di Kementerian ESDM ini tugasnya melayani, tolong diingat, bukan kita minta dilayani. Proses pelayanan yang baik dan lebih cepat itu akan mempercepat terjadinya proses nilai tambah di sektor kita,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan agar tidak cepat puas dalam mencapai sesuatu, melainkan harus tetap menaikkan standar-standar menjadi lebih tinggi dari yang sudah dicapai pada saat ini, sehingga institusi kita akan menjadi lebih baik lagi. “Kita banyak menerima penghargaan-penghargaan, tetapi kita harus meningkatkan benchmark kita ke yang lebih tinggi lagi, seperti di kancah internasional kita sudah baik apa belum, sehingga kita harus jadi lebih baik,” ungkap Arifin.

Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia KESDM Muhammad Rizwi selaku Ketua Panitia Acara Tarhib Ramadhan KESDM mengatakan bahwa acara tersebut dilaksanakan secara hybrid di seluruh unit Kementerian ESDM. “Yang tidak hadir secara offline di Ruang Sarulla, bisa tetap mengikuti melalui aplikasi Zoom di lokasi unit masing-masing,” jelasnya.

Rizwi melanjutkan, selama Bulan Ramadhan akan ada diisi kegiatan-kegiatan Islami berupa Lomba MTQ, Bazaar Ramadhan, dan akan mengadakan mudik bersama dengan stakeholder sektor ESDM bagi pegawai dan keluarga pegawai Kementerian ESDM, sebagaimana yang telah dilakukan sebelum pandemi, dan rangkaian acaranya akan ditutup dengan halalbihalal setelah Idul Fitri.

Ia berharap bahwa dengan rangkaian kegiatan tersebut bisa menjadikan Ramadhan kita lebih bermakna dan lebih produktif, serta semua yang menjalani Ramadan akan tetap melaksanakan tugas kantor seperti biasa dan tidak menjadikan puasa sebagai alasan untuk mengurangi produktifitas.

“Juga kepada para peserta Tarhib hari ini, pendekatan dari sisi rohani seperti acara ini menjadi program kita untuk menginternalisasi Core Value ASN, BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif),” pungkasnya. (DAN)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *