Dukung Kenyamanan Aktifitas Masyarakat Jaringan XL Axiata Siap Hadapi Ramadan dan Lebaran 2023

Sharing is caring!

XL Axiata telah menyiapkan jaringan guna melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama Ramadan dan libur panjang Lebaran. Diprediksi, trafik layanan XL Axiata akan meningkat hingga 30% dibandingkan hari biasa. XL Axiata telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di Tol Trans Sumatera.

Palembang, 13 Maret 2023. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi yang kuat dan berkualitas menjelang Ramadan dan Lebaran 2023. Penguatan jaringan telekomunikasi perlu dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan data di sepanjang Ramadan dan terlebih saat libur panjang Lebaran. XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan untuk keperluan Ramadan, maupun libur panjang Lebaran. Biasanya di kedua moment tersebut trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data meningkat cukup signifikan. Kami memprediksi, sepanjang Ramadan hingga Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat hingga 30% dibandingkan hari biasa.”

Gede menambahkan, kenaikan trafik di setiap Ramadan dan Lebaran ini bisa terjadi karena tidak terlepas dari perubahan perilaku pelanggan. Pada kedua momen tersebut, masyarakat Indonesia juga semakin banyak melakukan pertemuan-pertemuan tatap muka secara daring/online dengan keluarga dan kerabat, komunitas, dan teman-teman yang sudah lama tidak saling bertemu. Sarana digital menjadi salah satu solusi bagi masyarakat, termasuk pelanggan XL Axiata, untuk menjalin silaturahmi. Selain itu, banyak layanan digital yang menyajikan hiburan dan media sosial yang bisa menjadi sarana bagi masyarakat dan pelanggan untuk mengisi masa liburan panjang.

Gede memperkirakan trafik akan meningkat hingga 10%  selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat hingga 15% saat masuk di masa libur Lebaran. Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimalisasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas  masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. Untuk tujuan itu pula, sejumlah daerah  yang biasanya menjadi tujuan mudik, khususnya di Pulau Jawa, akan menjadi perhatian khusus. 

“Saat ini, di hari normal biasa, jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada. Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga 3x dari hari normal,” imbuh Gede. 

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada trend penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran. Tersedianya infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah yang akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran, juga menjadi perhatian XL Axiata.

XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan. Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 140 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik. Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC). 

Penguatan jaringan di jalur mudik Sumatera dan Jawa

XL Axiata memastikan, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE. Peningkatan kualitas jaringan secara rutin XL Axiata lakukan sesuai peningkatan trafik, antara lain dengan penambahan BTS baru, penambahan jaringan fiber optik dan kapasitas BTS, serta optimalisasi jaringan. Perluasan ini akan terus dilakukan agar layanan bisa lebih merata menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk yang terhubung dengan Jalan Tol Trans Sumatera.

XL Axiata memiliki sekitar 140 BTS 4G di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera Palembang – Lampung, salah satu ruas utama paling ramai di Sumatera dan menjadi jalur mudik utama mudik Lebaran. Belum lama ini, di sepanjang ruang tol yang menghubungkan Sumatera Selatan dengan Lampung dan juga ke arah Jawa tersebut terdapat penambahan sekitar 63 BTS 4G di wilayah Ogan Komering Ilir dan Lampung Selatan. Selain itu, XL Axiata juga melakukan penambahan kapasitas di 81 BTS yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Pesawaran, Tulangbawang Barat, dan Kota Palembang.

Dalam dua tahun terakhir, terdapat peningkatan trafik sebesar 117% di Tol Palembang – Lampung dengan total panjang 373 km tersebut. Selain menopang layanan bagi pelanggan XL Axiata yang juga pengguna tol, jaringan 4G XL Axiata tersebut juga melayani pelanggan di 484 desa di 35 kecamatan yang berada di samping jalan bebas hambatan pertama di Sumatera tersebut.

Selain Jalan Tol Trans Sumatera Palembang dan Lampung, XL Axiata juga melakukan penambahan BTS di sejumlah ruas Jalan Tol Tran Sumatera lainnya, seperti 7 BTS 4G di ruas Belawan – Medan – Kuala Namu International Airport – Tebing – Indrapura, 3 BTS 4G di ruas Bengkulu – Taba Penanjung, 8 BTS 4G di Pancing (Medan) – Helvetia – Binjai – Stabat, 17 BTS 4G di Pekanbaru – Dumai, dan 2 BTS 4G di ruas Sigli – Banda Aceh.

Penguatan infrastruktur jaringan termasuk melakukan optimisasi, peningkatan kapasitas jaringan, pengukuran pengalaman pelanggan juga XL Axiata lakukan di sepanjang jalur utama di Pulau Jawa, baik tol maupun non tol, juga sepanjang jalur kereta, dengan menyiapkan jaringan berkapasitas 2-3 kali lipat lebih besar dibandingkan saat hari normal. XL Axiata memprediksi, akan terjadi peningkatan trafik layanan data sekitar 20% – 30% saat Ramadan dan Lebaran dibandingkan hari biasa.  Saat ini, total lebih dari 2.000 BTS 4G yang menopang layanan di sepanjang Tol Trans Jawa sejauh 979 km.

Lokasi-lokasi khusus yang menjadi tempat keramaian setiap kali datang masa liburan panjang juga tidak luput dari perhatian. Selain lokasi wisata, juga pusat perbelanjaan, tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi baik darat, udara, juga laut. Juga tentunya penguatan jaringan di sepanjang jalan raya antar provinsi, baik tol maupun non-tol, baik di Pulau Jawa maupun di luar Jawa. 

Penguatan jaringan ini juga sekaligus untuk mendukung program promo Ramadan dan Lebaran yang digelar XL Axiata. Seperti yang dilakukan XL Axiata setiap tahun, pada Program Ramadan dan Lebaran akan ditawarkan berbagai promo menarik untuk pelanggan prabayar dan pascabayar. Promo-promo tersebut tentu memberikan berbagai manfaat tambahan kepada pelanggan, yang kemungkinan akan bisa semakin memacu peningkatan trafik. 

XL Axiata juga terus meningkatkan cakupan layanan dan kualitas jaringan data. Pembangunan untuk perluasan dan peningkatan kualitas infrastruktur jaringan, baik penambahan BTS 4G dan juga fiberisasi terus dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia. Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia, dengan didukung lebih dari 145 ribu BTS termasuk lebih dari 90 ribu BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas. 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *