KAI Raih 2 Penghargaan dari Menteri BUMN pada BCOMSS 2023

Sharing is caring!

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meraih Juara 1 kategori Media Relations Management dan Best Keterbukaan Informasi Publik dalam Ajang BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit (BCOMSS) 2023 yang digelar Kementerian BUMN di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, pada Kamis (9/3). Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir kepada Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko KAI Salusra Wijaya serta kepada PYMT EVP Corporate Secretary KAI Emanuel Kurniawan Kriswijayanto yang mewakili Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Kementerian BUMN atas 2 penghargaan bergengsi yang diberikan kepada KAI ini. Pencapaian penghargaan ini akan semakin melecut dan memotivasi kinerja Kehumasan KAI serta Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan untuk dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan dan masyarakat luas,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Program kampanye Media Relations KAI tahun 2022 yang berjudul KAI Bangkit Bersama Indonesia untuk Kemajuan Pariwisata berhasil menyabet juara 1 kategori Media Relations Management. Pada pelaksanaan kampanye tersebut, KAI melakukan publikasi melalui 420 topik informasi yang berkaitan dengan pariwisata. Selain menyebarkan siaran pers, KAI juga melakukan 63 kegiatan bertemu langsung dengan media dimana 23 kegiatan di antaranya turut mengajak awak media mencoba menggunakan layanan terbaru dari KAI terkait pariwisata tersebut.

Selama 2022, KAI Group mengadakan kegiatan yang melibatkan media massa sebanyak 674 event. Kegiatan tersebut sebagian besar berupa doorstop atau konferensi pers. Adapun event lainnya yaitu silaturahmi melalui buka bersama, olahraga persahabatan, media gathering, pemberian penghargaan kepada media, sponsorship, dan lainnya.

Adapun penghargaan Best Keterbukaan Informasi Publik diraih karena selama 3 tahun berturut-turut yakni 2020, 2021, dan 2022, KAI berhasil mempertahankan predikat Badan Publik Informatif. Bahkan di tahun 2021 dan 2022, KAI berada pada peringkat 1 Badan Publik Informatif pada kategori BUMN dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat RI.

Di tahun 2022, jumlah pemohon informasi ke PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) KAI mencapai 294 orang, dengan rata-rata waktu jawab 7 hari kerja. Periode jawab ini lebih cepat dari ketentuan yang diwajibkan yaitu maksimal 10 plus 7 hari kerja.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga menyampaikan, BCOMSS merupakan apresiasi dari Kementerian BUMN atas kinerja komunikasi dan TJSL berkelanjutan dari seluruh korporasi BUMN, sehingga menjadi standar dan benchmark relevan bagi seluruh BUMN termasuk anak perusahaannya. Adapun dewan juri dari kegiatan ini yaitu dari Kementerian BUMN serta dari eksternal yakni Maudy Ayunda, Reisa Brotoasmoro, Andy F Noya, dan Juniati Gunawan. (Public Relations)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *