Integrasi Fitur Face Recognition dan AI (AI-Powered Face Recognition) dari DAV Dorong Potensi Transformasi Bisnis di Berbagai Sektor untuk Lebih Efektif dan Efisien

Sharing is caring!

Jakarta, 10 Maret 2023 – WIR Group (PT WIR Asia Tbk) perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara melalui anak usahanya DAV memperkenalkan fitur face recognition yang diintegrasikan dengan Artificial Intelligence (AI-Powered Face Recognition) sebagai solusi untuk transformasi bisnis retail untuk lebih efektif dan efisien. Fitur ini memungkinkan para pemilik bisnis untuk meningkatkan jumlah penjualan serta meningkatkan pengalaman konsumen dalam berbelanja.

“Fitur AI sejak dulu berperan vital dalam keberlangsungan bisnis. Melalui kemampuan DAV sebagai mesin IoT yang memiliki fitur face recognition, kami mengintegrasikan fungsi ini dengan teknologi AI agar dapat menjadi tools dalam mengoperasikan bisnis lebih efisien. Kemampuan ini dapat memaksimalkan pemasukan bagi para pemilik bisnis serta memberikan pengalaman yang menarik bagi konsumen untuk berbelanja.” kata Gupta Sitorus, Chief of Marketing and Sales WIR Group.

Dengan menggunakan algoritma bertenaga AI untuk menganalisis ekspresi dan reaksi wajah pelanggan, pelaku bisnis dapat memperoleh wawasan tentang preferensi dan perilaku konsumen. Informasi ini dapat digunakan untuk menyesuaikan proses pemasaran produk untuk memberikan penawaran produk yang lebih banyak. AI-powered face recognition ini juga dapat digunakan untuk mempersonalisasikan pengalaman layanan konsumen dengan memberikan rekomendasi dan bantuan yang disesuaikan berdasarkan riwayat pembelian sebelumnya.

“DAV sendiri telah menempatkan ribuan mesin IoT di seluruh wilayah Indonesia untuk bisnis retail. Kemampuan mesin DAV telah menghasilkan kebermanfaatan yang beragam, penempatannya di minimarket, pembelian produk kebutuhan sehari hari. Manfaat ini telah memberikan kemampuan bagi masyarakat untuk berbelanja kebutuhan di mana dapat menggerakkan aktivitas perekonomian lebih cepat. Tidak hanya itu, DAV juga memiliki potensi aplikasi yang luas, tidak hanya di sektor retail namun juga sektor lain seperti properti, transportasi, pemerintahan, pendidikan dll.  Dan kami terus berupaya untuk mengaplikasikan mesin pintar ini di berbagai sektor,” ungkap Gupta.

Potensi fitur teknologi AI-powered face recognition memberikan konsep digitalisasi retail kepada pemilik bisnis dan konsumen. Teknologi AI-powered face recognition di sektor retail diharapkan bisa berkontribusi pada peningkatan pengalaman konsumen dan efisiensi operasi retail, mengaburkan batas antara belanja online dan offline. Fitur AI dan face recognition ini juga bisa diterapkan di sektor hospitality dengan memberikan kesempatan bagi hotel untuk menerapkan layanan self check in bagi tamu dengan mengidentifikasi wajah dari tamunya tanpa bantuan dari resepsionis. Solusi ini dipercaya mampu memberikan efisiensi bisnis serta memudahkan tamu untuk check in lebih mudah dan cepat.

Di sektor retail sendiri, automasi proses yang dihadirkan oleh AI-powered face recognition telah memberikan kemudahan bagi bisnis dalam meningkatkan penjualan serta pengalaman belanja konsumen. DAV sebagai penyedia fitur teknologi tersebut juga memastikan bahwa semua informasi yang disimpan akan dijaga keamanan datanya. “DAV telah menjalankan fitur teknologi selama beberapa tahun terakhir. Kemampuan DAV dalam beberapa tahun ini telah memberikan kepuasan bagi para partner kami.” tutup Gupta.

Tentang PT WIR Asia Tbk

WIR Group adalah kelompok perusahaan berbasis teknologi imersif augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan artificial intelligence (AI) di Asia Tenggara yang sudah membangun solusi untuk industri mancanegara. Dalam melaksanakan kegiatan usahanya, WIR Group memiliki visi untuk menyediakan solusi ‘smart society’ dan dunia O2O (Online to Offline) metaverse yang dapat dinikmati semua orang dalam memasuki era web 3.0.

Sejak 2009, berbekal perangkat lunak yang berbasiskan ‘Software As A Service (SAAS)’, WIR Group telah menyelesaikan ribuan proyek dan melayani klien di lebih dari 20 negara, di antaranya Amerika Serikat, Spanyol, Nigeria, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar, dan banyak lainnya. Selain itu, WIR Group juga telah mendapatkan banyak pengakuan internasional di antaranya Asian Technology Excellence Awards 2022, German Design Award 2020, AR Best Campaign di ajang tahunan Auggie Awards di acara Augmented World Expo 2015 dan 2016 di Silicon Valley, Innovation 40 Companies yang diberikan oleh salah satu media Inggris di London Stock Exchange Studio, diliput sebagai salah satu Metaverse Tech Companies to Watch in 2022 versi Forbes Georgia, serta mewakili sektor teknologi dalam kontingen Indonesia untuk SXSW Texas tahun 2017 dan World Economic Forum di tahun 2019, 2020, dan 2022.

Perseroan dan Perusahaan Anak (selanjutnya disebut sebagai “WIR Group”) juga telah menyelesaikan berbagai proyek di bidang edukasi, ritel, media, dan game. Pada tahun 2015, WIR Group memperluas kegiatan usahanya untuk memberikan jasa layanan media/iklan melalui unit teknologi DAV dan perdagangan ritel melalui Mindstores di tahun 2016. Pada 2019, Perseroan membentuk unit teknologi Minar di bawah PT Mata Nilai Republik untuk mengembangkan AR geolocation-based gaming. Pada tanggal 04 April 2022, PT WIR ASIA Tbk atau dikenal WIR Group resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham WIRG.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *