Raih Potensi Ekonomi Digital, Kemendag Dorong Peningkatan Digitalisasi UMKM

Sharing is caring!

Raih Potensi Ekonomi Digital, Kemendag Dorong Peningkatan Digitalisasi UMKM 1

Malang, 9 Maret 2023 – Ekonomi digital di Indonesia menunjukan potensi yang besar. Tercatat selama 2022 nilai transaksi niaga elektronik (niaga-el/e-commerce) di Indonesia mencapai Rp476,3 triliun, meningkat 18,7 persen dibanding tahun lalu dengan volume 3,48 juta transaksi. Hingga 2022, jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang telah terdigitalisasi mencapai 20.997.131 UMKM dan mengalami peningkatan 17 persen dari tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam kegiatan gelar wicara bertema Edukasi Digitalisasi Pasar, Warung & UMKM Jawa Timur di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (9/3). Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang Eko Sri Yuliadi, Distribution Head 1 PT Bank BTPN Syariah Tbk. Ali Andi Leon Arkantoro, dan CEO & Co-Founder Dagangan Ryan Manafe.

Digitalisasi UMKM membutuhkan sinergi yang solid dari semua pemangku kepentingan seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan swasta. Pembayaran nontunai (cashless payment) merupakan salah satu bukti konkret penerapan digitalisasi bidang perdagangan di pasar yang diinisiasi oleh Kementerian Perdagangan,” demikian disampaikan Wamendag Jerry.

Sektor niaga-el mampu mendorong pembukaan lapangan kerja. Pada kegiatan tertentu, seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun 2022, tercatat pertumbuhan pedagang daring baru yang berdagang melalui platform digital sebesar 6 persen dengan pertumbuhan nilai penjualan secara daring meningkat sebesar 26 persen dibandingkan pada 2021. Penjualan produk lokal menyumbang nilai transaksi sebesar Rp10 triliun, meningkat Rp1,5 triliun atau 18 persen dari Harbolnas 2021 yang mencatatkan nilai penjualan produk lokal sebesar Rp8,5 triliun.

Melihat pesatnya potensi pertumbuhan ekonomi digital, Kementerian Perdagangan mendorong kolaborasi dalam membangun ekosistem niaga-el melalui empat pilar dengan berbagai pemangku kepentingan,” tambah Wamendag Jerry.

Pilar pertama, UMKM terbuka terhadap perubahan, memiliki inovasi, dan mempunyai kemauan berkembang. Pilar kedua, lokapasar (marketplace) bersinergi dengan UMKM melalui serangkaian peningkatan kapasitas, pengutamaan kegiatan agregasi barang dalam bentuk pengemasan ulang, bantuan pengelolaan, dan kegiatan lain yang dapat meningkatkan nilai barang dan efisiensi rantai pasok serta distribusi barang kepada konsumen.

Pilar ketiga, peran ritel modern memberikan akses kemitraan kepada UMKM agar jangkauan produk UMKM dapat semakin luas. Ritel modern dapat memasok produk-produk UMKM lokal khas dari suatu daerah. Pilar keempat, lembaga pembiayaan atau perbankan memberikan akses pembiayaan kepada UMKM dengan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kementerian Perdagangan akan terus meningkatkan kontribusi Perdagangan melalui sistem elektronik melalui dukungan regulasi dan pembinaan terhadap pelaku usaha guna menciptakan iklim usaha yang mendukung pertumbuhan UMKM baru.

Kolaborasi, kerja sama, dan adaptasi digital menjadi kata kunci dalam menghadapi tantangan perdagangan saat ini. Melalui kolaborasi, kami yakin kemajuan eksistem digital di Indonesia dapat tercapai, bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat, dan memberikan efek positif bagi perekonomian Indonesia,” pungkas Wamendag Jerry.

Tinjauan Barang Kebutuhan Pokok di Pasar Oro Oro Dowo

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyatakan, ketersediaan dan harga serta kelancaran arus barang kebutuhan pokok (bapok) di Kota Malang relatif terkendali. Khusus untuk Minyakita, pemerintah terus melakukan pemantauan berkelanjutan agar masyarakat dapat membelinya sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah, yaitu Rp14.000/liter atau Rp15.500/kg.

Hal ini disampaikan Wamendag Jerry Sambuaga saat meninjau harga dan pasokan bapok di Pasar Oro Oro Dowo, Malang, Jawa Timur, hari ini, Kamis (9/3). Turut hadir dalam peninjauan ini Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang Eko Sri Yuliadi.

Berdasarkan pantauan secara umum, ketersediaan stok dan harga bapok masih terkendali. Keberhasilan ini merupakan bentuk nyata kolaborasi pemerintah pusat dan daerah yang akan terus diintensifkan menjelang Ramadan dan Lebaran 2023,” jelas Wamendag Jerry.

Di Pasar Oro Oro Dowo Malang per 8 Maret 2023, terpantau harga beras Bulog Rp9.700/kg, gula pasir kristal putih Rp14.400/kg, minyak goreng curah Rp14.700/liter, minyak goreng kemasan premium Rp21.000/liter, dan minyak goreng Minyakita Rp14.000/liter. Sementara itu, daging ayam ras Rp33.900/kg, telur ayam ras Rp28.700/kg, bawang merah Rp37.000/kg, kedelai Rp15.600/kg, dan tepung terigu Rp13.300/kg.

Wamendag Jerry mengatakan, hasil pantauan tersebut sejalan dengan data Kementerian Perdagangan terkait rata-rata harga eceran nasional bapok. Harga sebagian besar stabil dan ada penurunan harga pada komoditas cabe merah besar.

Kementerian Perdagangan bersama Kementerian Dalam Negeri, Badan Pusat Statistik (BPS), dan pemerintah daerah menyusun Indeks Perkembangan Harga (IPH) sebagai upaya bersama mengendalikan inflasi di daerah.

Terkait ketersediaan stok Minyakita, pemerintah terus melakukan pemantauan berkelanjutan mengenai pasokan dan harganya. “Kementerian Perdagangan akan menindak tegas distributor yang menjual Minyakita di atas HET. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam mengawal harga dan pasokan Minyakita,” tandas Wamendag.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *