Bertemu UMKM Kreatif Malang, Wamendag: Peluang Produk Kreatif dan Digital Indonesia Semakin Terbuka

Sharing is caring!

Malang, 9 Maret 2023 – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan, Kementerian Perdagangan akan mendorong pengembangan ekspor produk kreatif dan digital Indonesia secara berkesinambungan. Hal tersebut mengingat semakin terbukanya peluang pasar produk kreatif dan digital di dunia.

Hal ini disampaikan Wamendag Jerry saat melakukan kunjungan ke Malang Creative Center pada Kamis (9/3) di Malang, Jawa Timur. Turut hadir Walikota Malang Sutiaji dan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang Eko Sri Yuliadi, dan Komite Ekonomi Kreatif Vicky Arief.

Malang Creative Center (MCC) dengan tagline Creative Culture Ambience’ menjadi tempat yang tepat sebagai pusat aktivitas setiap para pelaku industri kreatif. MCC sangat mendukung pemberdayaan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dengan segala fasilitas penunjang yang disediakan,” ujar Wamendag Jerry.

Dalam rangka meningkatkan ekspor produk kreatif, lanjut Wamendag, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, memiliki program pendampingan pengembangan produk kreatif berorientasi produk.

Tahun ini, fokus pengembangan produk kreatif diarahkan ke produk kriya seperti fesyen, animasi, komik, dan gim serta jasa ritel. “Pemilihan produk tersebut sesuai dengan kondisi permintaan produk kreatif sektor kriya yakni animasi, komik, dan gim (ACG) yang digandrungi oleh pasar milenial di pasar domestik maupun global,” tambah Wamendag Jerry.

Dalam sektor ACG, kekayaan intelektual (intellectual property/IP) merupakan salah satu kategori ekspor berupa ekspor atas hak paten karakter atau produknya. Sebagai contoh adalah penggunaan karakter Marvel atau Disney dalam promosi produk. IP merupakan aset dalam pengembangan sektor ACG untuk bisa ekspor dan akan menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan. Hal ini dikarenakan IP akan memberikan efek pengganda (multiplier effect) kepada sektor lain.

Kementerian Perdagangan juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa pihak terkait untuk pengembangan ekspor sektor ACG sub sektor animasi, komik, gim, dan licensing-merchandising antara lain kerja sama dengan Asosiasi Animasi Indonesia (AINAKI), Asosiasi Komik Indonesia (AKSI), Asosiasi Game Indonesia (AGI), dan Asosiasi Licensing-Merchandising Indonesia (ALMI).

“Berbagai produk IP dapat dimanfaatkan sebagai strategi promosi produk-produk pelaku usaha maupun pemilik merek. Potensi komersialisasi dari sebuah karakter IP dapat meningkatkan nilai sebuah produk. Selain itu, daya jual sebuah produk akan semakin terdiversifikasi karena sifat dari karakter IP yang adaptif dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan produk maupun jasa,” pungkas Wamendag.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *