Menparekraf Dukung Hadirnya Creative Hub di NTB

Sharing is caring!

Dalam upaya mendorong peningkatan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja

Lombok, 5 Maret 2023 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung wacana pembangunan creative hub di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang akan menjadi ruang bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya UMKM untuk terus berkembang sekaligus berjejaring. 

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga saat hadir di acara “Kelana Nusantara” yang berlangsung di Athaya Restoran Kuta Mandalika, NTB, Minggu (5/3/2023). Dalam kesempatan itu, pelaku ekonomi kreatif menyampaikan aspirasi terkait kebutuhan ruang yang dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kapasitas dan berjejaring sehingga dapat meningkatkan kualitas produk para pelaku ekraf juga pemasaran. 

“Para pelaku UMKM ini membutuhkan wadah, dan Pak Gubernur (Gubernur NTB Zulkieflimansyah) telah mengusulkan, maka akan kami tindak lanjuti dengan hadirnya creative hub,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Harapannya creative hub ini bisa menjadi sarana pelatihan dan pendampingan juga pemasaran. Selain itu juga dapat menghadirkan sarana pembiayaan yang menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan UMKM parekraf.

“Ada PP 24 yang memberikan kemudahan bagi pelaku ekonomi kreatif untuk mendapat sentuhan pembiayaan berbasis hak kekayaan intelektual,” ujar Sandiaga. 

Menparekraf pun mengapresiasi antusiasme para pelaku ekraf yang hadir. Ia menilai produk-produk dari para pelaku ekraf NTB sudah sangat baik dan memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan. 

“Ini kolaborasi yang sangat menarik dari para pelaku ekonomi kreatif. Jadi dalam waktu singkat saja, ada beberapa terobosan dan solusi yang langsung bisa kita eksekusi. Dan harapannya agar di tahun 2024 tercipta 4,4 juta lapangan kerja, terutama di destinasi prioritas Mandalika dan Lombok Tengah,” kata Sandiaga.  

Sementara itu, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, mengatakan kehadiran creative hub nantinya akan memberikan dampak yang besar bagi pengembangan produk ekonomi kreatif di NTB. Terlebih akan banyak event-event internasional yang berlangsung di NTB kedepannya. 

“Event-event itu akan melibatkan lebih banyak partisipasi UMKM,” ujar Zulkieflimansyah. 

Terkait lokasi creative hub, Zulkieflimansyah mengatakan nantinya dapat ditempatkan di Science Techno Industrial Park dan ia berharap dukungan dari Kemenparekraf. 

“Kita punya science techno park yang luasnya sekitar 40 hektare. Semoga (creative hub) bisa segera direalisasi,” kata Zulkieflimansyah. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu; Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto; serta Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati. 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *