Double Podium Pata Yamaha Prometeon WorldSBK setelah Superpole 1-2 Bersejarah

Sharing is caring!

Toprak Razgatlıoğlu dan Andrea Locatelli meraih double podium mengesankan dengan finis dua-tiga di Race 1 di Mandalika, menyusul kualifikasi bersejarah untuk Yamaha di putaran kedua FIM Superbike World Championship di Indonesia, Sabtu 4 Maret 2023.

Catatan waktu yang dibukukan Razgatlıoğlu dan Locatelli di Superpole ini, yang menghasilkan kualifikasi 1-2 menjadi torehan pertama untuk Yamaha dalam hampir 13 tahun. Hasilnya bukan hanya yang terbaik untuk “Loka” di WorldSBK, tetapi juga bagi Razgatlıoğlu adalah hat-trick posisi terdepan di salah satu sirkuit favoritnya, tak terkalahkan dalam single lap time sejak dibuka pada 2021.

Race 1 menghadirkan kompetisi panas melelahkan, Razgatlıoğlu memimpin dari depan untuk lap pembuka hingga disalip oleh pembalap Ducati, Alvaro Bautista. Kehilangan cengkeraman pada ban depannya setelah sekitar delapan lap, Razgatlıoğlu tidak mampu melawan untuk menang tetapi terus berupaya hingga akhir untuk mengamankan posisi kedua yang diperoleh dengan susah payah.

Sedangkan Locatelli membalap dengan ritme balapan yang luar biasa, mirip dengan penampilannya akhir pekan lalu di Australia yang memberikannya podium, tetapi pembalap Italia itu hanya kalah di awal balapan. Menjalankan P5 di lap pembuka, dia lalu mendekati tiga besar dan melakukan overtake krusial pada Axel Bassani (Motocorsa) di lap 10 lalu memperpanjang jarak yang nyaman atas rekan senegaranya.

Ada dua peluang lagi untuk naik podium dan bagi salah satu pembalap Pata Yamaha Prometeon WorldSBK untuk memperebutkan kemenangan pertama tim musim ini lagi di hari Minggu 5 Maret 2023. Masih akan ada balapan Superpole 10 putaran pada pukul 10:30 waktu setempat dan Race 2 untuk menutup akhir pekan pukul 13:30.

Toprak Razgatlıoğlu

Bagi saya, balapan ini sangat sulit karena saya mencoba untuk menang tetapi setelah delapan putaran ban depan terganggu dan saya berjuang di semua tikungan, saya mencoba untuk masuk tetapi saya kehilangan bagian depan di tikungan kanan. Setelah itu, saya mengerti Bautista sangat kuat di setiap lap, namun saya tidak mengerti karena dia menggunakan ban yang lebih soft tapi terlihat baru. Kami perlu memperbaiki ini (Minggu) dan mungkin setting motor atau pemilihan ban. Kami perlu memahaminya dan dalam warm up karena kami hanya memiliki satu kesempatan, tetapi lihat saja (Minggu). Kami akan terus berjuang, saya harap kami mendapatkan kemenangan pertama di tahun 2023, saya selalu mencoba yang terbaik juga terutama hari ini (Sabtu). Berkali-kali saya hampir terjatuh tetapi saya berharap kami dapat memperbaiki dan berjuang untuk menang.

Andrea Locatelli

Balapan ini berlangsung ketat dan sayangnya kami kalah di bagian pertama balapan, ketika saya kehilangan banyak posisi di awal. Pada akhirnya saya hanya perlu mencoba, memperbaiki dan memulihkan jarak ke depan tetapi saya pikir sedikit terlambat, jadi kami harus mencoba lebih cepat di awal dengan lebih baik. Terkadang kami memulai dengan sangat baik, terkadang tidak mudah seperti hari ini. P3 hasil yang bagus, sejujurnya kami sudah siap karena kami mulai bekerja dengan sangat baik tetapi kami tidak tahu ritme pembalap lain. Ini adalah hasil besar pertama untuk memulai akhir pekan, dan Minggu ada balapan Superpole dan Race 2 untuk mencoba meningkatkan kondisi motor dan berjuang untuk podium lagi. Ini baru akhir pekan kedua, tapi pasti ini cara yang bagus untuk memulai kejuaraan – jadi saya ingin mencoba dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Paul Denning – Team Principal

Sabtu kami dimulai dengan baik dengan hasil kualifikasi satu-dua bersejarah yang memberi kami harapan buat balapan. Kami tidak menang hari ini (Sabtu), tapi sejujurnya kami tidak memiliki keluhan tentang upaya atau tingkat kinerja tim dan pembalap. Akhirnya Bautista dan motornya tidak bisa dijangkau. Alvaro adalah juara dunia dan dia membalap seperti juara dunia, tetapi keunggulan bobot yang signifikan memungkinkannya menggunakan kombinasi ban yang lebih soft, dengan performa yang baik untuk jarak full race, yang tidak mungkin dilakukan oleh orang-orang kami. Loka berada dalam kondisi yang sedikit lebih kuat daripada Toprak menjelang akhir balapan, tetapi dengan kedua pembalap kami akan melihat apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan R1 mereka dan melakukan semua yang kami bisa untuk mencoba memenangkan balapan pertama kami musim ini.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *