Telkomsel dan ZTE Perkuat Kolaborasi Kembangkan Solusi 5G untuk Segmen Korporasi dan Industri di Indonesia

Sharing is caring!

  • Telkomsel dan ZTE menandatangani nota kesepahaman untuk memperluas kemitraan bisnis dalam studi dan pengembangan solusi 5G untuk segmen enterprise (korporasi) di Indonesia.
  • Dengan kerja sama ini, Telkomsel dan ZTE akan bekerja sama dalam mengembangkan portofolio produk baru dengan mengadopsi Cloud PC baik untuk sektor perusahaan maupun publik.
  • Telkomsel dan ZTE juga akan menjajaki peluang untuk bekerja sama dalam studi dan kajian bersama terkait teknologi 5G Air-to-Ground untuk pasar penerbangan.

Jakarta, 4 Maret 2023 – Telkomsel bersama ZTE Corporation (0763.HK / 000063.SZ) memperkuat kolaborasi yang telah terjalin melalui komitmen kolaborasi bersama dalam mengembangkan pemanfaatan layanan 5G untuk segmen enterprise (korporasi dan industri) di Indonesia. Sinergi bersama ini diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan langsung oleh Wong Soon Nam selaku Direktur Planning & Transformation Telkomsel dan Mei Zhonghua selaku SVP ZTE Corporation, pada 27 Februari 2023, bertepatan dengan momen perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2023 yang dilaksanakan di Barcelona, Spanyol.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam yang turut hadir menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman tersebut mengatakan, “Telkomsel terus mengambil peran terdepan sebagai digital ecosystem enabler dengan menghadirkan ragam solusi inovatif sesuai dengan kebutuhan industri di Indonesia guna mendorong percepatan transformasi digital. Melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise, kami berkomitmen untuk menjadi powerhouse penyedia solusi digital terintegrasi yang siap mendampingi pelanggan segmen korporasi dan industri untuk terus membuka lebih banyak peluang kemajuan dalam melesatkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Di tengah kondisi ekonomi dunia yang cukup menantang saat ini, transformasi digital menjadi salah satu faktor penentu yang akan membantu pelaku bisnis dari semua jenis industri untuk menjadi lebih produktif, efisien, dan aman. Ke depannya, kerja sama strategis bersama dengan mitra seperti ZTE ini dapat terus mendorong pelanggan korporasi untuk semakin berkolaborasi dan berakselerasi, sekaligus memperkuat semangat pencapaian Industri 4.0 secara lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.”

Mei Zhonghua, SVP ZTE Corporation mengatakan, “Kami senang dapat berkolaborasi dengan Telkomsel dalam upaya kami untuk terus membangun pasar 5G Enterprise di Indonesia. ZTE dan Telkomsel telah berkolaborasi dalam 5G selama beberapa tahun, dan pada kolaborasi ini ZTE akan menyediakan solusi 5G mutakhir untuk Telkomsel. Kami berharap kolaborasi ini dapat membantu mencapai tujuan bersama, yaitu mempercepat transformasi digital di Indonesia.”

MWC 2023

Kolaborasi Telkomsel dan ZTE (1):Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam (depan kiri) dan SVP ZTE Corporation Mei Zhonghua (depan kanan) menandatangani nota kesepahaman antara Telkomsel dan ZTE dalam hal pengembangan solusi 5G untuk segmen korporasi. Penandatanganan ini turut dihadiri oleh Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam beserta jajaran Manajemen ZTE Corporation di Barcelona, Spanyol.

Melalui kolaborasi ini, Telkomsel dan ZTE akan bersinergi dalam mengembangkan portofolio inovasi solusi produk dan layanan terkini dengan mengadopsi pemanfaatan teknologi Cloud PC yang dapat mengimplementasikan virtualisasi, manajemen terpusat, dan berbagi sumber daya komputasi, penyimpanan, serta jaringan. Dengan penjadwalan melalui cloud data center, memungkinkan penggunaan desktop virtual yang efektif dan dapat memaksimalkan komputasi baik untuk perusahaan maupun publik. Selain itu, kedua perusahaan juga akan menjajaki peluang kerja sama dalam studi dan kajian teknologi jaringan 5G Air-to-Ground yang selain dapat menghadirkan layanan broadband berkecepatan tinggi dengan harga terjangkau bagi penumpang pesawat, juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi serta keamanan operasional maskapai penerbangan.

Kolaborasi Telkomsel dan ZTE dalam pengembangan ekosistem layanan 5G sendiri telah berjalan dalam beberapa tahun terakhir dan meraih berbagai pencapaian penting dalam upaya mendorong pemerataan akses broadband berteknologi terkini. Pada 2021 lalu, ZTE juga menjadi salah satu mitra infrastruktur jaringan yang mendukung Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi digital pertama yang menggelar akses jaringan dan layanan 5G di Indonesia. Kemudian tahun 2022, didukung juga oleh ZTE, Telkomsel sukses menggelar penerapan teknologi 5G Underground Smart Mining pertama di Asia Tenggara di lingkungan operasional pertambangan PT Freeport Indonesia, sehingga dapat mendukung digitalisasi dan transformasi operasional industri pertambangan di Indonesia. Ke depannya, Telkomsel dan ZTE akan terus memperkuat kemitraan untuk mengakselerasikan penguatan ekosistem dengan berbagai solusi produk dan layanan terdepan yang telah teruji di berbagai negara.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *