Delapan Perguruan Tinggi Terbaik di Australia Bergabung dalam Program IISMA

Sharing is caring!

Jakarta, 1 Maret 2023 – Menyambut keterlibatan delapan universitas terbaik di Australia ke dalam Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan The Australian Trade and Investment Commission (Austrade) menyelenggarakan acara selebrasi di Kedutaan Besar Persemakmuran Australia pada Selasa (28/2).

Kedelapan universitas terbaik di Australia atau yang biasa dikenal sebagai Group of Eight (Go8), kelompok eksklusif pendidikan tinggi terbaik di Australia ini terdiri atas Australian National University, University of Melbourne, University of Sydney, University of New South Wales, University of Queensland, Monash University, University of Western Australia, dan University of Adelaide.

Bergabungnya institusi pendidikan tinggi terbaik Australia yang ada di dalam Go8 ke Program IISMA ini juga merupakan langkah penguatan kerja sama di bidang pendidikan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia. Pada saat yang bersamaan, kerja sama dengan universitas yang tergabung dalam Go8 ini diharapkan menjadi lompatan besar dalam peningkatan kualitas pendidikan, pertukaran budaya, dan diplomasi antara kedua negara.

“Kerja sama Bidang Pendidikan antara Pemerintah Australia dengan Kemendikbudristek melalui pelaksanaan program IISMA merupakan langkah strategis meningkatkan kualitas riset dan pendidikan kedua negara,” tutur Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Plt. Dirjen Diktiristek), Nizam.

Harapan tersebut bukanlah hal yang mustahil mengingat kedelapan institusi pendidikan tinggi yang tergabung dalam Go8 berada dalam daftar 150 perguruan tinggi terbaik di dunia menurut penilaian dari QS World University Rankings 2023 and Times Higher Education. Oleh karena itu, Dirjen Nizam menyambut baik partisipasi Australia untuk mendukung pelaksanaan Program IISMA 2023 dan mendorong sebanyak-banyaknya mahasiswa untuk bergabung.

Sementara itu, antusiasme dan popularitas Program IISMA di kalangan mahasiswa, perguruan tinggi, orang tua mahasiswa, hingga perguruan tinggi luar negeri hingga kini terus meningkat. Animo dan popularitas yang terus meningkat tersebut didongkrak dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan kepada para pihak yang ikut terlibat. Hal tersebut juga diamini oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek, Sri Gunani Partiwi.

“Kemendikbudristek menyambut baik dengan bergabungnya kelompok institusi pendidikan terbaik Australia Go8 dalam program IISMA 2023. Keikutsertaan dan penerimaan Go8 terhadap Program IISMA membuktikan bahwa program ini memiliki posisi strategis dalam kemitraan antara berbagai perguruan tinggi terbaik dari kedua negara,” terangnya.

Tidak berbeda jauh dengan antusiasme yang dirasakan oleh Pemerintah Indonesia, pihak Pemerintah Australia pun juga menyambut baik pelaksanaan Program IISMA yang sudah berhasil mengirimkan ribuan mahasiswa Indonesia untuk belajar di berbagai perguruan tinggi terbaik di seluruh dunia. Pemerintah Australia juga terus mengajak para calon peserta Program IISMA 2023 untuk memilih berbagai perguruan tinggi yang ada di negara mereka sebagai tujuan.

Melalui kerja sama ini, Pemerintah Australia juga berharap para calon peserta Program IISMA 2023 dapat memperkaya diri mereka dengan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan praktis untuk membantu mahasiswa Indonesia mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja saat ini.

“Masuknya Go8 dalam Program IISMA menunjukkan bahwa program ini memang berkualitas dan memiliki arti penting bagi institusi pendidikan tinggi di Australia. Pemerintah Australia menyambut baik dengan dipilihnya Go8 sebagai tujuan mobilitas para penerima beasiswa IISMA tahun 2023,” jelas Rod Commerford, Austrade’s Trade and Investment Commissioner.

Pendaftaran Program IISMA untuk pelaksanaan tahun 2023 sendiri telah dibuka sejak tanggal 8 Februari lalu hingga 8 Maret mendatang. Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat diakses melalui laman https://iisma.kemdikbud.go.id/(Tim MBKM/Editor: Denty)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *