Mesin Pintar DAV Berteknologi AI Menjadi Solusi untuk Optimasi Bisnis Brand Retail Indonesia

Sharing is caring!

DAV, anak perusahaan WIR, targetkan tempatkan ribuan mesin pintar di lebih banyak gerai retail dan area public di Indonesia untuk perkuat aktivasi O2O (offline-to-online)

Jakarta, 28 Februari 2023 – WIR Group (PT WIR Asia Tbk) perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara melalui anak usahanya DAV telah memberikan solusi untuk optimasi bisnis brand retail di Indonesia melalui teknologi AI dan IoT. Sektor retail akan lebih dimudahkan untuk menjangkau konsumen dengan ribuan produk di dalam mesin pintar ini. Saat ini, DAV sudah menempatkan lebih dari 1200 IoT machine di gerai retail, selanjutnya DAV akan menargetkan lebih banyak lagi menempatkan mesin pintar ini di lebih banyak gerai retail dan area public di Indonesia tahun ini.

Teknologi DAV sendiri merupakan media interaktif di dalam ruang yang dikombinasikan dengan teknologi  AR, AI, dan IoT dan dapat dijadikan gateway bagi populasi massal untuk menciptakan ekosistem yang dapat menjawab berbagai kebutuhan mendasar bagi pelaku bisnis. DAV juga merupakan perangkat digital yang telah dipatenkan dan menjadi suatu terobosan dalam mendukung implementasi berbelanja integrasi O2O (offline-to-online sebagai inovasi untuk meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen.

“Peran teknologi AI menjadi krusial bagi pengembangan bisnis saat ini. Mesin DAV sendiri dikembangkan dengan kemampuan interaktivitas dan personalisasi dari teknologi AI dan IoT yang berfungsi untuk meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen dan menciptakan banyak peluang dari mengoptimasi bisnis Anda. Peluang-peluang tersebut di antaranya payment gateway, kasir mandiri, media iklan, informasi produk, dan masih banyak peluang lainnya sesuai dengan kebutuhan usaha.” kata Gupta Sitorus, Chief Sales & Marketing Officer WIR Group.

Dengan menargetkan ribuan mesin di Indonesia, DAV saat ini telah bekerjasama dengan berbagai brand retail terkemuka di Indonesia. Sebelumnya, mesin DAV telah disebar di ribuan gerai Alfamart di Jawa dan Bali. Dengan lokasinya yang ditempatkan di dalam minimarket, mesin DAV dapat digunakan sebagai aktivasi O2O bagi brands yang menjual produk fisiknya di minimarket tersebut.

“Kami melihat brand retail di Indonesia sangat antusias untuk merasakan kebermanfaatan mesin DAV. Hal ini menjadi suatu kemajuan bagi sektor bisnis di Indonesia yang telah berusaha untuk melakukan integrasi bisnisnya depan platform O2O pada mesin DAV. Membuat sektor bisnis Indonesia maju dan tak kalah bersaing secara global.” tambah Gupta.

Lebih lanjut, fenomena peran teknologi AI secara global telah merebak, termasuk perannya yang berdampak positif dalam dunia bisnis. Salah satu fungsi DAV sebagai solusi teknologi dalam bisnis adalah memberikan laporan data analisis yang mendalam untuk penjualan serta perilaku konsumen. Laporan ini memiliki fungsi yang penting dalam meningkatkan pendapatan, menjalankan operasional bisnis, serta membuat rencana strategi bisnis selanjutnya.

“Solusi teknologi AI yang diterapkan oleh mesin DAV diyakini dapat memberikan kebutuhan bagi pelaku bisnis serta konsumen. Misi DAV pada dasarnya adalah menjembatani interaksi di antara penjual dan pembeli untuk meraih pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Dengan demikian DAV juga memungkinkan adanya partisipasi aktif masyarakat untuk berinteraksi di platform digital yang tentunya berkontribusi positif dalam mendukung pengembangan transformasi ekonomi digital,” tutup Gupta.

Tentang PT WIR Asia Tbk

WIR Group adalah kelompok perusahaan berbasis teknologi imersif augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan artificial intelligence (AI) di Asia Tenggara yang sudah membangun solusi untuk industri mancanegara. Dalam melaksanakan kegiatan usahanya, WIR Group memiliki visi untuk menyediakan solusi ‘smart society’ dan dunia O2O (Online to Offline) metaverse yang dapat dinikmati semua orang dalam memasuki era web 3.0.

Sejak 2009, berbekal perangkat lunak yang berbasiskan ‘Software As A Service (SAAS)’, WIR Group telah menyelesaikan ribuan proyek dan melayani klien di lebih dari 20 negara, di antaranya Amerika Serikat, Spanyol, Nigeria, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar, dan banyak lainnya. Selain itu, WIR Group juga telah mendapatkan banyak pengakuan internasional di antaranya Asian Technology Excellence Awards 2022, German Design Award 2020, AR Best Campaign di ajang tahunan Auggie Awards di acara Augmented World Expo 2015 dan 2016 di Silicon Valley, Innovation 40 Companies yang diberikan oleh salah satu media Inggris di London Stock Exchange Studio, diliput sebagai salah satu Metaverse Tech Companies to Watch in 2022 versi Forbes Georgia, serta mewakili sektor teknologi dalam kontingen Indonesia untuk SXSW Texas tahun 2017 dan World Economic Forum di tahun 2019, 2020, dan 2022.

Perseroan dan Perusahaan Anak (selanjutnya disebut sebagai “WIR Group”) juga telah menyelesaikan berbagai proyek di bidang edukasi, ritel, media, dan game. Pada tahun 2015, WIR Group memperluas kegiatan usahanya untuk memberikan jasa layanan media/iklan melalui unit teknologi DAV dan perdagangan ritel melalui Mindstores di tahun 2016. Pada 2019, Perseroan membentuk unit teknologi Minar di bawah PT Mata Nilai Republik untuk mengembangkan AR geolocation-based gaming. Pada tanggal 04 April 2022, PT WIR ASIA Tbk atau dikenal WIR Group resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham WIRG.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *