Dukung Komunikasi Publik Nasional, Kominfo Apresiasi Peran Media Center Daerah

Sharing is caring!

Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong dalam acara Anugerah Media Center Daerah di The Margo Hotel, Depok Jawa Barat, Selasa (28/2/2023). – (Pey)

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengapresiasi kontribusi pengelola media center daerah dalam rangkaian Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022. 

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong menyatakan keberadaan media center daerah merupakan wujud komitmen bersama dalam membangun komunikasi publik yang lebih baik sesuai Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik.

“Gaungnya menggema ke seantero negeri bahkan dunia. Ini sedikit banyak berkat kerja sama membangun komunikasi publik yang baik dan cerdas, dan salah satunya adalah peran Media Center Daerah,” ujarnya dalam acara Anugerah Media Center Daerah 2023 di The Margo Hotel, Depok, Jawa Barat, Selasa (29/3/2023).

Menurut Dirjen Usman Kansong, seluruh elemen masyarakat sepakat bahwa komunikasi publik dalam menyukseskan Presidensi G20 Indonesia terbangun dengan baik. Hal itu didukung dengan kerja bersama  semua pihak dengan pemerintah untuk menyukseskan kegiatan tersebut. 

“Bahkan masyarakat sekaligus ikut mendapatkan manfaat dari perhelatan, baik manfaat ekonomi, politik, sosial hingga budaya,” tuturnya. 

Dirjen IKP Kementerian Kominfo menyatakan, Anugerah Media Center Daerah diberikan kepada pengelola media center dari provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia yang terbaik dari aspek kontribusi dalam Portal Berita Nasional Infopublik. 

“Kontribusi itu menunjukkan komitmen bersama membangun komunikasi publik yang lebih baik. Komunikasi publik yang berisi narasi positif ataupun berbagai konten yang mencerdaskan, mencerahkan, membangun bahkan menginspirasi masyarakat berkontribusi untuk diri sendiri, lingkungan bahkan bangsa dan negaranya,” jelasnya. 

Sesuai dengan Inpres Nomor 9 Tahun 2015, Kementerian Kominfo memiliki tugas melakukan perencanaan, penyiapan dan pelaksanaan komunikasi publik terkait dengan kebijakan dan program pemerintah. Oleh karena itu, Dirjen Usman Kansong menegaskan arti penting keberadaan media center di daerah.

“Peran dan posisi media center daerah dalam jaringan infopublik menjadi penting dan krusial sebagai garda terdepan memproduksi dan mendiseminasikan informasi kepada masyarakat,” tandasnya. 

Dirjen IKP Kementerian Kominfo menyatakan aktivitas komunikasi publik akan menjadi perhatian Presiden Joko Widodo dengan adanya Inpers Nomor 5 Tahun 2015. Menurutnya, selain Kementerian Kominfo, semua kementerian, lembaga dan pemerintah daerah memiliki tugas untuk melakukan amplikasi komunikasi publik kebijakan dan program pemerintah.

“Kominfo menjadi konduktor terbangunnya sebuah narasi positif akan sebuah isu yang disebut sebagai Narasi Tunggal. Dengan keterpaduan berkomunikasi khususnya pada pengelolaan komunikasi di Portal Infopublik, maka peran Media center Daerah dituntut terus meningkatkan kemampuan dengan menyesuaikan dinamika yang terjadi saat ini,” jelasnya.

Dalam Anugerah Media Center Daerah 2023 hadir Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Widodo Muktiyo; Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang IKP, Transformasi Digital dan Hubungan Antar Lembaga,  Rosarita Niken Widyastuti; Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang; Bupati Agam Sumatra Barat, Andri Warman; dan Wali Kota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim.

Berikut Daftar Pemenang Anugerah Media Center Daerah Tingkat Nasional tahun 2023:

Kategori Media Center Provinsi Terbaik Berita

Peringkat I: Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

Peringkat II: Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Riau

Peringkat III: Dinas Komunikasi, Infromatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah

Kategori Media Center Kabupaten/Kota Terbaik Kontribusi Berita

Peringkat I: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang

Peringkat II: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Agam

Peringkat III: Dinas Komunikasi, Informatika Statsitika dan Persandian Kota Palangkaraya

Kategori Media Center Terbaik Kontribusi Foto

Peringkat I: Dinas Komunikasi, Infromatika, dan Statistik Provinsi Gorontalo

Peringkat II: Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan

Peringkat III: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Tidore Kepulauan

Kategori Berita Terpopuler

Peringkat I: Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Provinsi Aceh

Peringkat II: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep

Peringkat III: Dinas Komunikasi, Infromatika dan Statistik Provinsi Gorontalo

Kategori Foto Terbaik

Peringkat I: Dinas Komunikasi dan Informatika  Kabupaten Gianyar

Peringkat II: Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo

Peringkat III: Dinas Komunikasi dan Informatika  Kota Pariaman

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *