Menparekraf Promosikan Danau Toba kepada Duta Besar Asosiasi Negara-negara Arab dan Afrika Utara

Sharing is caring!

Sebagai upaya bangkitkan ekonomi dan buka lapangan kerja

Balige, 26 Februari 2023 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mempromosikan potensi wisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki oleh Danau Toba, Sumatra Utara, kepada para duta besar dari asosiasi negara-negara Arab dan Afrika Utara yang hadir ke Indonesia.

Usai menghadiri makan malam dengan para duta besar dari asosiasi negara-negara Arab dan Afrika Utara di Indonesia di Cafe Hollywood, Balige, Minggu (26/2/2023), Menparekraf Sandiaga mengatakan para duta besar ini mengutarakan minat mereka untuk mempromosikan dan berinvestasi di kawasan Danau Toba. “Mereka semua terpukau dengan keindahan alam dan budaya di Danau Toba dan menikmati pagelaran dan perhelatan F1PowerBoat dan mereka akan membawa catatan dan pengalaman ini untuk mengundang wisatawan dari negara-negara Arab ke Danau Toba,” kata Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga mengatakan dalam pertemuan tersebut, para dubes asosiasi negara Arab dan Afrika Utara ini rencananya akan berinvestasi di Danau Toba dalam rangka membangun infrastruktur-infrastruktur yang dibutuhkan demi meningkatkan kualitas pariwisata di kawasan Danau Toba seperti hotel dan fasilitas lainnya. 

“Mereka juga akan membawa investasi untuk membangun akomodasi dan fasilitas pariwisata dan ekonomi kreatif untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Danau Toba,” katanya.

Sementara itu, Duta Besar Maroko sekaligus perwakilan dari asosiasi negara-negara Arab dan Afrika Utara, Ouadia Benabdullah, menuturkan pihaknya telah tiba di Medan sejak 25 Februari 2023 dan sangat menyukai pengalaman menikmati keindahan Danau Toba. Ia mengungkapkan keindahan Danau Toba patut dipromosikan ke pasar internasional dan dikembangkan ke arah yang lebih baik.

“Saya berterima kasih kepada Pak Sandi Uno atas kunjungan ini. Kami mendapat kesempatan untuk bertemu para pemangku kepentingan dan kesempatan-kesempatan investasi di sini. Kami percaya di masa mendatang Danau Toba bisa menjadi destinasi yang besar di Indonesia,” kata Ouadia.

Dalam pertemuan ini Sandiaga didampingi Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu; Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati; Direktur Pemasaran Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono; Direktur Pemasaran Regional II Kemenparekraf/Baparekraf, Cecep Rukendi; Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani; dan Plt. Direktur Poltekpar Medan, Ngatemin.

Turut hadir pula Anggota DPR RI Komisi XI, Sihar Sitorus.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *