Menkominfo: 101 Grup Media Liput F1 Powerboat Danau Toba 2023

Sharing is caring!

Pemerintah telah mempersiapkan diri sebagai tuan rumah event internasional kejuaraan Power Boat F1H20 Danau Toba 2023.  Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan telah menyiapkan layanan untuk 101 grup media yang akan meliput event yang pertama kali berlangsung di Indonesia.

“Jumlah media yang telah mendaftar da akan ikut serta di dalam mengambil bagian pemberitaan kegiatan F1H2O Powerboat Danau Toba sebanyak 101 media. Jumlah itu terdiri dari media internasional atau media global sebanyak 40. Jadi ini secara khusus datang langsung meliput untuk ke F1 powerboat. Sebanyak 23 media nasional dan 38 media lokal atau seluruhnya 101 media,” jelasnya dalam Konferensi Pers di Media Center F1 Powerboat, di Lapangan Sisingamangaraja, Kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Sabtu (25/2/2023).

Menteri Johnny merinci media internasional itu terdiri dari Abu Dhabi Media Group, American Boating Channel, ASTRO, CNBC, Corporation Katalana, Stars 4 China, Dubai media Inch, EGDA Sports, Projective Sports atau Action Sport  World, Extreme International, Europe Vision Sport News, Novachris, GP1, Ax’s Slovakia, Match TV, Motor Vision, Mundonatical Channel, Outdoorsport Channel, Euro Sport, Reaction Sport, Sport Channel Network, Sport TV Asia, Viasat Nordix, Vodafone Zigo, Via Play, Sport Media Set, Eleven Sport, Discovery Channel, World of Speed Magazine, Power Boating World, Abu Dhabi Media, Al-Jazeera English, Anadoru Agencies, Tshinghua Agencies, Dhochu Valent, Maverick Team Media Representative, Human Racing Media Sport, China Team Media Representative, dan Sweden Media Representative.

“Jadi ada 40 media internasional dengan jumlah wartawan sebanyak 44 wartawan, media nasional, 56 wartawan, dan media lokal sebanyak 52 wartawan atau total 152 wartawan ditambah dengan 13 humas kementerian/lembaga dan daerah dengan jumlah pejabat atau petugas humas sebanyak 97 orang,” tuturnya.

Untuk media lokal, tercatat ada Berita Satu, CNN indonesia TV, Detik.com, Harian Kompas, Inews.id, Infopublik.id, jpnn.com, Kompas.id, Liputan6.com, LKBN Antara TV, Metro TV, MNC Portal Indonesia, Radio Sonora, RRI, SCTV, Indosiar, SEA Today, Sindonews.com, TV One.

Guna melayani kebutuhan jurnalis, Kementerian Kominfo telah mempersiapkan dua media center yang berada di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu dan Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Toba.

“Kementerian Kominfo, secara khusus dalam hal ini Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, memberikan dukungan penuh, dukungan yang sangat kuat akan kesuksesan penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba yang pertama ini,” tandas Menkominfo.

Menteri Johnny mengharapkan keberadaan dua media center itu akan membantu seluruh masyarakat Indonesia, warga asing, hingga para awak media mendapat kemudahan dalam melakukan peliputan kejuaraan dunia F1 PowerBoat.

“Memang wilayah sini sangat terbatas, sambil media membutuhkan space yang sangat besar karena melibatkan banyak peralatan dan wartawan, sehingga kita perlu sediakan dua tempat,” ujarnya.

Menkominfo mengharapkan, pemberitaan F1 Powerboat Danau Toba ini akan menjangkau 180 juta viewers internasional atau viewers global. Hal ini sejalan dengan target penyelenggaraan. 

“Target penyelenggaraan juga untuk menjangkau 180 juta viewers internasional. Target itu, mudah-mudahan memberikan kesan tersendiri dan khususnya terkait dengan kepariwisataan Indonesia, keindahan Danau Toba,” ungkapnya.

Event F1H20 begitu penting sebagai bagian dari upaya mendorong promosi Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba. Menurut Menteri Johnny, pariwisata Indonesia perlu dikenal secara global, tidak hanya di level nasional saja.

“Danau Toba adalah salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia yang kali ini mendapat kesempatan dalam satu event kegiatan internasional yang besar, yaitu F1 Powerboat atau F1H2. Mudah-mudahan ini nanti akan memberikan dampak multiplier yang besar terhadap ekonomi pariwisata di Indonesia, secara khusus di Kabupaten Balige di sekitar Danau Toba ini,” harapnya.

Dalam konferensi pers, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo  Usman Kansong dan Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *