Perkuat Literasi Digital, Kominfo Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi

Sharing is caring!

Indeks Literasi Digital Indonesia kembali mengalami peningkatan pada tahun 2022. Hasil survei Status Literasi Digital Indonesia 2022 menunjukkan adanya peningkatan 0,05 poin dari tahun 2021 sebesar 3,49 menjadi 3,54 poin dengan kategori sedang.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan akan terus melakukan penguatan literasi digital, termasuk di sektor pendidikan.

“Kominfo akan menambah kerja sama dengan perguruan tinggi serta kolaborasi program dalam pemberdayaan masyarakat,” ujarnya di Jakarta Pusat, Rabu (22/02/2023). 

Melalui Direktorat Pemberdayaan Informatika Ditjen Aptika, Kementerian Kominfo menggalang kolaborasi dalam pelaksanaan Program Literasi Digital.

“Program ini memiliki kesamaan tujuan dengan Perguruan Tinggi yaitu mengedukasi masyarakat Indonesia dan menerapkan ilmu yang sudah diemban ke masyarakat, sehingga target literasi digital diperluas ke masyarakat rural atau pedesaan,” jelas Dirjen Aptika Kementerian Kominfo.

Menurut Dirjen Semuel, mahasiswa dan tenaga pengajar sebagai agen pendidikan memiliki motivasi  dalam pengabdian masyarakat dan memiliki kapabilitas dalam membina masyarakat.

“Agar literasi digital lebih produktif diperlukan kolaborasi dan kerja sama antara stakeholder dalam mendorong peningkatan literasi digital di masyarakat,” tandasnya.

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo menyatakan besok, Kementerian Kominfo akan menginisiasi Kick Off Literasi Digital yang melibatkan perguruan tinggi di Indonesia.

“Dengan tema Transformasi Digital di Era 5.0, kami ingin menciptakan generasi muda Indonesia yang makin cakap digital. Lewat pemberdayaan literasi digital di kalangan mahasiswa diharapkan dapat terwujud Indonesia Cakap Digital,” ungkapnya. 

Acara kick off akan melibatkan perwakilan perguruan tinggi yang telah menjalin kerja sama kegiatan literasi digital pada tahun 2022 serta perguruan tinggi yang akan menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) di lokasi bersama dengan Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Kominfo.

Ada pula perwakilan kementerian dan lembaga yang memiliki perguruan tinggi serta stakeholders yang telah membantu pelaksanaan kegiatan literasi digital tahun 2022 dan akan menjalin kerja sama kembali pada tahun 2023. 

Selain itu, akan hadir daring, sebanyak 500 orang perwakilan perguruan tinggi negeri dan swasta yang akan menjalin kerja sama dan kolaborasi dalam program literasi digital Kementerian Kominfo. 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *