Pemindahan Halte Eksisting TransJakarta Harmoni, Sawah Besar dan Mangga Besar ke Halte TransJakarta Sementara Selama Pekerjaan Konstruksi CP202 MRT Jakarta Fase 2A

Sharing is caring!

Jakarta, 22 Februari 2023. Mewujudkan sistem transportasi publik terintegrasi membutuhkan kerja kolaboratif dan sinergi yang kuat dengan berbagai pihak, terutama  dengan sesama operator transportasi publik. Selama pembangunan fase 2A, PT MRT Jakarta (Perseroda) membangun halte sementara bus Transjakarta di sepanjang area Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk.  Pembangunan halte sementara Transjakarta Harmoni, Sawah Besar dan Mangga Besar merupakan salah satu pekerjaan persiapan konstruksi paket kontrak 202 (CP202) MRT Jakarta. 

Ahmad Pratomo selaku Kepala Divisi Corporate Secretary MRT Jakarta menjelaskan bahwa halte sementara telah disiapkan pada beberapa lokasi yang tidak jauh dari halte saat ini. “Ketiga halte TransJakarta sementara tersebut telah selesai dibangun untuk menggantikan halte eksisting TransJakarta Mangga Besar yang berada di depan Grand Paragon, halte eksisting Sawah Besar di depan Gajah Mada Plaza, dan Halte eksisting Harmoni di depan Duta Merlin” jelas ia.

Untuk memastikan pelanggan TransJakarta yang menggunakan ketiga halte eksisting pada gambar ilustrasi 1 tetap terlayani, enam halte TransJakarta sementara berikut siap dioperasikan:

  1. Sebagai pengganti halte eksisting TransJakarta Mangga Besar dua halte sementara berikut siap dioperasikan pada tanggal 25 Februari 2023:
  • Halte sementara Mangga Besar pada sisi Jalan Hayam Wuruk di depan PT Sango Ceramics Indonesia dan Rumah Makan Garuda Hayam Wuruk (arah Blok M).
  • Halte sementara Mangga Besar di sisi Jalan Gajah Mada yang berada di depan BCA KCU Gajah Mada (arah Kota).
  • Sebagai pengganti Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Mangga Besar eksisting, pejalan kaki dapat mengakses halte sementara TransJakarta Mangga Besar sisi Hayam Wuruk dan Gajah Mada menggunakan pelican crossing, serta jembatan khusus pejalan kaki di atas sungai Ciliwung (di depan Gedung Arsip dan Bank BNI).
  1. Layanan halte eksisting TransJakarta Sawah Besar akan dipindahkan ke halte sementara berikut yang siap beroperasi mulai tanggal 28 Februari 2023:
  • Halte sementara Sawah Besar di sisi Hayam Wuruk di depan Jalan Kebon Jeruk VII (arah Blok M).
  • Halte sementara Sawah Besar yang berada di sisi Jalan Gajah Mada tepat di depan Jalan Keselamatan (arah Kota).
  • Pejalan kaki dapat mengakses kedua halte sementara TransJakarta Sawah Besar menggunakkan pelican crossing serta jembatan kecil khusus pejalan kaki yang berada di depan Bank BNP Gajah Mada dan SPBU Pertamina Hayam Wuruk, Sebagai pengganti Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Sawah Besar.
  1. Sementara untuk menggantikan halte eksisting TransJakarta Harmoni telah dibangun dua halte sementara berikut dan siap beroperasi mulai tanggal 3 Maret  2023:
  • Halte sementara Harmoni Hayam Wuruk (arah Blok M) yang berada di depan Dunkin’ Donuts dan Jalan Batu Ceper.  
  • Halte sementara Harmoni pada sisi Jalan Gajah Mada di depan Gedung Pelni (arah Kota).
  • Pejalan kaki dapat mengakses kedua halte sementara TransJakarta Harmoni menggunakan pelican crossing yang berada baik di Jalan Hayam Wuruk maupun Jalan Gajah Mada.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri mengatakan penutupan ketiga halte Transjakarta itu berimplikasi pada layanan koridor 1 (Blok M-Kota), koridor 2 (Pulogadung-Harmoni), koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru), Koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni). Serta sejumlah rute Transjakarta, antara lain Pantai Maju-Balai Kota (1A), Pulogadung-Rawa Buaya (2A), PGC-Harmoni (5C), Kampung Rambutan – Harmoni via Cempaka Putih (7E).

“Transjakarta mendukung pengembangan layanan transportasi yang dilakukan oleh MRT Jakarta. Tentunya kami akan melakukan penyesuaian layanan atas penutupan tiga halte Transjakarta, antara lain halte Harmoni, halte Mangga Besar, dan halte Sawah Besar dalam menyediakan moda transportasi publik kepada pelanggan, sehingga aktivitas masyarakat tetap berjalan normal,” katanya di Jakarta, Rabu (22/2)

Khusus untuk halte Harmoni, Transjakarta akan mengalihkan pelanggan yang selama ini transit ke halte transit pengganti. Serta disediakan rute-rute langsung ke halte-halte sebagai berikut : Halte Juanda, Halte Monas, Halte kota, Halte M.H. Thamrin, dan Halte Bundaran HI. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengalihan rute layanan Transjakarta dapat diakses melalui https://linktr.ee/inforevitalisasitj

Pemilihan lokasi halte sementara TransJakarta Mangga Besar, Sawah Besar dan Harmoni telah dikoordinasikan dengan pelbagai pihak terkait seperti, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan PT Transportasi Jakarta. Desain fisik keenam halte pengganti TransJakarta berikut akses pejalan kaki menuju ke dan dari halte telah memenuhi standar pelayanan minimum untuk Halte TransJakarta dan ramah terhadap penyandang disabilitas.  

PT MRT Jakarta (Perseroda) memohon maaf atas ketidaknyamanan selama pekerjaan konstruksi berlangsung. Kami mengharapkan pengertian dan kerja sama dari masyarakat untuk terus mendukung pelaksanaan proyek MRT Jakarta Fase 2. Selain itu, kami juga berharap para pengguna jalan dan angkutan umum agar memerhatikan rambu-rambu serta mengikuti petunjuk petugas konstruksi di lapangan.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *