Menparekraf: Persiapan F1PowerBoat Danau Toba Berjalan Optimal

Sharing is caring!

Dalam upaya peningkatan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya

Jakarta, 20 Februari 2023 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan persiapan pelaksanaan Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 F1PowerBoat Danau Toba yang akan berlangsung di Balige, Sumatra Utara pada 24-26 Februari 2023 berjalan dengan baik dan optimal.

Menparekraf Sandiaga Uno saat The Weekly Briefing With Sandi Uno di Gedung  Sapta Pesona, Senin, (20/2/2023) mengatakan, persiapan sarana dan prasarana telah dikoordinasikan dengan baik di bawah arahan Menteri Pemuda dan Olahraga selaku Ketua Panitia Pelaksana Pusat F1PowerBoat Lake Toba serta koordinasi yang difasilitasi oleh Kemenkomarves.

“Lima hari jelang event, semua persiapan sudah maksimal dan optimal dan berjalan sesuai rencana, khususnya main venue yang berada di area Pelabuhan Muliaraja Napitupulu dan Lapangan Sisingamangaraja, Balige. Baik Wet Paddock maupun Dry Paddock sudah memasuki persiapan tahap akhir termasuk tribun penonton yang sudah terpasangi kursi,” ujarnya.

Selain itu juga dari sisi aksesibilitas, amenitas, dan fasilitas penunjang lainnya. Kesiapan sumber daya manusia setempat dipastikan juga on the track. Berkat kolaboraksi aktif, semua pihak dipastikan siap untuk menyambut para pembalap serta kru F1PowerBoat Lake Toba juga wisatawan.

“Sebagai event sport tourism, kami sangat mengapresiasi dan mendukung F1 PowerBoat Lake Toba sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisman dan mendorong pergerakan wisnus ke DPSP Danau Toba,” ujarnya.

Kemenparekraf sendiri memberikan berbagai dukungan program terhadap penyelenggaraan F1PowerBoat Lake Toba. Yakni memfasilitasi site visit tim H2O Racing sebagai promotor F1 PowerBoat World Championship ke Danau Toba pada April 2022. Site visit ini dilakukan guna menilai kelayakan perairan dan fasilitas pendukung di venue F1 PowerBoat. Kesiapan Balige sebagai venue utama, Pelabuhan Belawan sebagai pintu gerbang masuknya race equipment berikut aksesibilitasnya menjadi aspek utama penilaian H2O Racing sebelum akhirnya menyetujui perhelatan F1PowerBoat dapat digelar di Danau Toba.

Ada juga berbagai pelatihan SDM bagi masyarakat sekitar DPSP Danau Toba. Mulai dari hospitality, sadar wisata, branding produk ekraf, juga literasi keuangan. Kemenparekraf juga memfasilitasi monitoring kesiapan akomodasi bagi wisatawan yang akan berkunjung. Selain itu penyiapan travel pattern dan paket wisata, promosi, serta publikasi melalui berbagai kanal mulai dari owned media, paid media, serta aktivasi seperti pelaksanaan famtrip bagi media dan dubes kawasan Afrika Utara dan Timur Tengah.

Kemenparekaf juga mendukung dengan menghadirkan side event mulai dari event budaya sampai dengan nobar (nonton bareng) yang dilaksanakan di titik-titik keramaian dan touring komunitas ID42NER ke Danau Toba untuk memeriahkan F1PowerBoat yang diikuti 50 mobil dengan 78 peserta.

“Berkolaborasi dengan Radio Kardopa dalam menyelenggarakan nonton bersama yang akan dilaksanakan di Pos Block Medan dan Champion Cafe Medan pada tanggal 26 Februari 2023,” ujar Menparekraf.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, sejumlah pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf. 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *