Jelang KOPIKO F1 Powerboat Akhir Pekan, AP II Hadirkan Replika Rumah Bolon dan Patung Raja Batak di Bandara Raja Sisingamangaraja XII

Sharing is caring!

  • AP II jadikan Bandara Raja Sisangamangaraja XII sebagai etalase seni dan budaya untuk sambut wistawan nusantara dan mancanegara
  • Delegasi KOPIKO F1 Powerboat disambut Tarian Tor Tor dan pengalungan kain ulos di bandara

Jakarta – Kejuaraan Dunia KOPIKO F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, akan segera digelar pada 25 – 26 Februari 2023. 

Bandara Raja Sisingamangaraja XII di Tapanuli Utara yang berjarak sekitar 30 menit dari venue acara menjadi salah satu pintu masuk utama bagi wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan hal ini menjadi momentum bagi Bandara Raja Sisingamangaraja XII untuk dapat turut memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan dan kesenian lokal.

“AP II menjadikan Bandara Raja Sisingamangaraja XII sebagai etalase budaya dan pariwisata. Bandara ini menjadi pintu utama bagi traveler untuk menuju arena F1 Powerboat. Ribuan wisnus serta wisman akan datang melalui bandara, dan ini menjadi momentum tepat dalam mempromosikan budaya lokal,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Sejalan dengan ini, AP II menghadirkan sejumlah kesenian, ornamen, hingga replika Rumah Bolon dan Patung Raja Batak di Bandara Sisingamangaraja XII.

Saat tiba di bandara, wisatawan dapat langsung melihat replika Rumah Bolon yang merupakan Rumah Tradisional Batak Toba. 

Replika Rumah Bolon di Bandara Raja Sisingamangaraja XII memiliki dimensi 2,8 meter x 4,8 meter, dibangun dengan material kayu.

Adapun Rumah Bolon sendiri berbentuk panggung dan dihiasi ukiran khas yang disebut dengan Gorga baik di bagian luar dan dalam rumah. Hal yang paling menarik perhatian adalah bentuk atapnya yang melengkung dan runcing di tiap ujungnya. 

Di depan replika Rumah Bolon di Bandara Raja Sisingamangaraja XII, wisatawan juga dapat menjumpai Patung Raja Batak.  

“Wisatawan yang baru mendarat di Bandara Raja Sisingamangaraja XII dapat langsung menjumpai replika Rumah Bolon,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Di Bandara Raja Sisingamangaraja XII, AP II juga menghadirkan ornamen seni Gorga yang merupakan seni khas masyarakat Batak Toba serta secara rutin menampilkan pertunjukan musik lokal lengkap dengan alat musik tradisional yang dimainkan oleh seniman lokal. 

“Kami berharap kebudayaan dan kesenian yang ditampilkan di Bandara Raja Sisingamangaraja XII dapat memperkuat rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dan turut memperkuat semangat kebhinnekaan,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Director of Engineering AP II Agus Wialdi menuturkan kehadiran replika Rumah Bolon tidak akan mengganggu operasional penerbangan.

“Pembangunan replika Rumah Bolon telah memperhitungkan aspek keamanan dan keselamatan serta dipastikan tidak mengganggu operasional penerbangan di bandara,” ujar Agus Wialdi. 

Adapun Bandara Raja Sisingamangaraja XII juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi traveler yakni antara lain mesin self check in, E-kiosk, Flight Information Display Sistem, serta sejumlah videotron terkait event KOPIKO F1 Powerboat dan informasi pariwisata Danau Toba. 

Kedatangan delegasi

Sejak 16 Februari 2023, delegasi KOPIKO F1 Powerboat sudah tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta untuk kemudian melanjutkan penerbangan ke Bandara Raja Sisingamangaraja XII.

Hingga 20 Februari 2023, jumlah delegasi yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Raja Sisingamangaraja XII sudah mencapai 95 orang. 

Para delegasi juga ada yang tiba melalui Bandara Kualanamu di Deli Serdang (Sumatera Utara) dan melanjutkan perjalanan darat ke lokasi venue di Tapanuli Utara. 

Pada Minggu, 19 Februari 2023, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Maria Kristi dan President Director AP II Muhammad Awaluddin turut menyambut kedatangan Senior Vice President H2O Lavinia Sanzovo Cavallero di Bandara Raja Sisingamangaraja XII.

Kedatangan delegasi di Bandara Raja Sisingamangaraja XII disambut Tarian Tor Tor dan pengalungan kain ulos.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *