Pertemuan The 20th AANZ-FJC, Perundingan Peningkatan Persetujuan AANZFTA Berhasil Diselesaikan

Sharing is caring!

Jakarta, 20 Februari 2023 – Para delegasi dari negara ASEAN, Australia, dan Selandia Baru kembali bertemu dalam the ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Area Joint Committee (AANZ-FJC) and Related Meetings putaran ke-20 secara hibrida pada 14—17 Februari 2023 di Bandung, Jawa Barat. Pertemuan berhasil menyelesaikan seluruh teks dalam bab yang menjadi subjek perundingan peningkatan (upgrading) persetujuan AANZFTA.

Pada pertemuan, delegasi Indonesia dipimpin Direktur Perundingan ASEAN Dina Kurniasari, selaku Ketua FJC Indonesia, mewakili Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono. Secara pararel, pertemuan juga dirangkai dengan Pertemuan the 13th Committee on Investment (COI) dan the 12th Working Group on Legal and Institutional Issues (WGLII).

“Perundingan peningkatan persetujuan ini memberikan fasilitasi yang lebih besar bagi dunia usaha dalam memanfaatkan pasar di ASEAN, Australia, dan Selandia Baru dibandingkan dengan perjanjian yang berlaku saat ini. Disamping itu, persetujuan juga dirancang untuk lebih responsif, adaptif, dan semakin tangguh dalam menghadapi kondisi-kondisi darurat, seperti kemungkinan terjadinya pandemi maupun bencana alam di masa mendatang,” jelas Dina.

Dina optimis, penandatanganan Protokol Perubahan Kedua Persetujuan AANZFTA, yang juga salah satu dari capaian prioritas Indonesia pada masakan Keketuaan ASEAN 2023 dapat tercapai.

“Dengan selesainya seluruh teks pada perundingan peningkatan persetujuan tersebut, seluruh pihak berkomitmen mengintensifkan pembahasan legal scrubbing sehingga target penandatangan the 2nd Protocol to Amend the Agreement Establishing the AANZFTA dapat terlaksana pada Agustus 2023, di sela-sela Pertemuan Konsultasi Para Menteri ASEAN dengan Australia dan Selandia Baru ke-28,” pungkas Dina.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *