Brantas Abipraya Berkontribusi Aktif Dukung Infrastruktur IKN

Sharing is caring!

Brantas Abipraya Berkontribusi Aktif Dukung Infrastruktur IKN 1

Jakarta, 25 Januari 2023 – PT Brantas Abipraya (Persero) menunjukkan keseriusannya dalam berpartisipasi di pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Saat ini Brantas Abipraya tengah mengerjakan penyelesaian Bendungan Sepaku Semoi, Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap I, pembangunan Embung KIPP, Banjir Sungai Sepaku, pembangunan Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang – KKT Kariangau dan SPAM (Sistem Pengelolaan Air Minum) Sepaku Paket 2 di IKN,” ujar Sugeng Rochadi selaku Direktur Utama Brantas Abipraya.

Ditambahkan Sugeng Rochadi, dalam pembangunan proyek-proyeknya ini pastinya Brantas Abipraya berkomitmen memberikan jaminan mutu dan kualitas pekerjaan konstruksi dengan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dengan target rampung tepat waktu.

 Sebagai upaya menghasilkan karya konstruksi unggul, Brantas Abipraya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) sebagai bagian dari penyiapan pembangunan infrastruktur IKN di Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur pada Agustus 2022 lalu.

Diadakan tepat di proyek Bendungan Sepaku Semoi yang sedang dikerjakan oleh Brantas Abipraya, program pelatihan dan sertifikasi ini merupakan upaya meningkatkan kompetensi  SDM di bidang konstruksi yang merupakan salah satu program PUPR dalam mendukung visi misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada periode 2019-2024.

Brantas Abipraya akan mendukung penuh program Pemerintah ini sebagai upaya percepatan pemerataan tenaga kerja konstruksi yang bersertifikasi, khususnya di IKN. Diharapkan kegiatan ini nantinya dapat memberikan dampak pada pembangunan infrastruktur IKN, serta turut menggerakkan perekonomian daerah di Kalimantan Timur dan sekitar.

Sebagai tambahan informasi, beberapa proyek yang sedang digarap Brantas Abipraya diantaranya Proyek Bendungan Sepaku Semoi, yang keberadaannya nanti bakal dioptimalkan fungsinya untuk menyediakan air baku dan pengendali banjir di kawasan IKN dan wilayah sekitarnya. Direncanakan rampung pada pertengahan tahun 2023, Sepaku Semoi garapan Brantas Abipraya ini nantinya dapat menyediakan air baku di kawasan IKN Nusantara sebanyak 2.000/detik dan kota Balikpapan sebesar 500/detik. Kehadiran bendungan inipun juga mampu mereduksi banjir sebesar 55%

Tak hanya itu, BUMN Karya ini juga sedang merampungkan pembangunan Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap I. Pekerjaan Penataan Sumbu Kebangsaan yang merupakan serial ruang terbuka inipun ditargetkan tuntas pada Desember tahun ini. Selain itu Brantas Abipraya juga mengerjakan Penanganan Banjir Sungai Sepaku di Kecamatan Sepaku, Kalimantan Timur. Ditargetkan selesai pada tahun 2024, nantinya proyek ini akan memberikan beberapa manfaat diantaranya, mengurangi kerugian sosial dan ekonomi masyarakat akibat daya rusak air saat terjadi banjir dan menanggulangi masalah sedimentasi akibat pembangunan infrastruktur di Wilayah DAS Sepaku.

“Dalam pembangungan dan pengembangan infrastruktur untuk ibu kota negara baru, Brantas Abipraya akan terus fokus dan berkontribusi penuh, bekerja lebih keras lagi untuk infrastruktur nasional.  Kami akan berkomitmen mendukung pemerintah dalam rangka membangun IKN atau ibukota baru di Kalimantan Timur.” tutup Sugeng.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *