Penataan Kota Lama Kesawan: Brantas Abipraya Siap Wujudkan Wisata Heritage di Medan

Sharing is caring!

Medan, 12 Januari 2023 – PT Brantas Abipraya (Persero) siap mewujudkan destinasi wisata heritage di Medan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi ini melakukan pembangunan infrastruktur permukiman kawasan Kota Lama Kesawan yang ditargetkan akan tuntas pada November 2023 mendatang. Keoptimisan BUMN ini dalam menggarap penataan Kota Lama Kesawan ini berangkat dari keberhasilannya dalam mempercantik Kota Lama Semarang yang telah rampung pada 2019 lalu.

“Saat ini progres pengerjaan telah mencapai 34% lebih cepat dari rencana target 21%. Melalui pembangunan Kesawan ini Brantas Abipraya berupaya menghidupkan kembali makna legacy dari wilayah Medan. Pembenahan kawasan Kota Lama Kesawan ini merupakan upaya kami dalam menyokong terwujudnya Medan wisata Heritage,” ujar Purnomo selaku Direktur Operasi II Brantas Abipraya. 

Purnomo juga berharap, nantinya bila pekerjaan sudah tuntas, wilayah ini dapat mengembangkan perekonomian dan menjadi destinasi wisata baru nan cantik. Revitalisasi ini juga akan memperkuat daya tarik ‘heritage‘ dan potensi seni budaya di Medan. Keberadaannya pun akan menjadi salah satu ikon Kota Medan dan meningkatkan nilainya sebagai destinasi untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Sebagai tambahan informasi, lingkup pekerjaan dalam proyek ini Brantas Abipraya melakukan Pekerjaan Revitalisasi Saluran Drainase, Pekerjaan Jalur Utilitas, Pekerjaan koridor Jalan Balai Kota, Jalan Bukit Barisan dan Jalan Pangkal Pinang, Pekerjaan Koridor Jalan Ahmad Yani, Pekerjaan Kawasan Jalan Perniagaan – Jalan Kereta Api dan Pekerjaan Kawasan Jalan Masjid – Pasar Hindu.

Serupa dengan Kota Lama Semarang yang telah didandani Abipraya sebelumnya, Kota Kesawan ini juga menyimpan banyak peninggalan bersejarah zaman kolonial, keindahan yang ditawarkan adalah pemandangan berlatar gedung-gedung tua warisan kolonial. Bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Brantas Abipraya akan memperelok kawasan ini dengan merevitalisasi agar menjadi kawasan yang semakin instagramable, atau layak jadi lokasi swafoto dan dipamerkan di media sosial, serta mendatangkan wisatawan lokal dan mancanegara.

Brantas Abipraya optimis dapat menyelesaikan revitalisasi kota lama Kesawan ini tepat waktu agar manfaatnya dapat lekas di rasakan oleh masyarakat, seta dapat turut mendukung perekonomian di wilayah tersebut karena melalui revitalisasi ini nantinya dapat membuka banyak lapangan pekerjaan di Medan,” pungkas Purnomo.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *