Sinergi KESDM – Dekranas Dorong Kembangkan Produk UMKM

Sharing is caring!

Sinergi KESDM - Dekranas Dorong Kembangkan Produk UMKM 1

Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sekaligus Pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Bidang Wirausaha Baru, Ratna Arifin Tasrif menghadiri penutupan Pendidikan dan Pelatihan (diklat) Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kawasan Pertambangan dan Geopark Provinsi Sumatera Selatan di Palembang, Rabu (23/11).

Acara ini juga turut dihadiri Wakil Ketua Harian II Dekranas, Nanny Hadi Tjahjanto, Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas, Endang Budi Karya Sumadi, Penasihat DWP Kementerian Pertahanan sekaligus Anggota Bidang Wirausaha Baru Dekranas, Metty Herindra, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM, Prahoro Yulianto Nurtjahyo dan Wakil ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Selatan, Fauziah Mawardi Yahya.

Bidang Wirausaha Baru Dekranas bersinergi dengan beberapa kementerian maupun lembaga mengadakan kegiatan pelatihan untuk dapat mendorong para pelaku UMKM/IKM untuk meningkatkan produknya menjadi lebih bervariatif, berkualitas, serta mampu memperluas jangkauan pemasarannya melalui daring ataupun sosial media.

“Pada kesempatan ini, sinergi Dekranas dan Kementerian ESDM diwujudkan melalui penyelenggaraan diklat pengembangan UMKM di kawasan geopark dan pertambangan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, khususnya para pelaku UMKM, IKM kreatif yang terdapat di sekitar kawasan tersebut,” ujar Ratna.

c-WhatsApp%20Image%202022-11-23%20at%202

Melanjutkan sambutannya, Ratna mengungkapkan wilayah kawasan geopark dan pertambangan di Provinsi Sumatera Selatan terdapat banyak potensi alam pohon bambu dan tanaman ketak dimana hal tersebut telah disadari dan dimanfaatkan oleh masyarakat dengan membuat berbagai macam produk dari batang bambu maupun dari daun ketak.

“Untuk itu, program pelatihan dari Kementerian ESDM juga berfokus pada pengembangan produk anyaman bambu dan ketak supaya lebih beragam jenis produknya maupun teknik pengolahannya,” ungkap Ratna.

Di kesempatan yang sama, Prahoro dalam laporannya menyampaikan secara khusus program Dekranas Goes to Geopark ditujukan kepada masyarakat dan UMKM sekitar lokasi geopark yang terdampak sebagai akibat tidak adanya kegiatan wisata selama masa pandemi.

c-WhatsApp%20Image%202022-11-23%20at%202

“Program ini diharapkan mampu memberikan rangsangan dan dapat mempercepat pemulihan perekonomian masyarakat dan UMKM sekitar lokasi geopark sehingga kemampuan kehidupannya dapat meningkat,” jelas Prahoro.

Selain itu, Prahoro menerangkan dengan program sinergi Kementerian ESDM dan Dekranas, diharapkan dapat membangun komunikasi, kesepahaman dan meningkatkan keterikatan antara Kementerian ESDM dengan para pemangku kepentingan, khususnya Pengurus Pusat Dekranas serta masyarakat disekitar geopark dan lokasi pertambangan.

“Kementerian ESDM yang salah satu tupoksinya pengembangan SDM masyarakat, industri subsektor mineral dan batubara berupaya melakukan pengembangan kapasitas dan kapabilitas SDM masyarakat dan UMKM di sekitar lokasi geopark dan industri pertambangan melalui program diklat masyarakat,” terang Prahoro.

Sebagai informasi, diklat pengembangan UMKM ini dilaksanakan selama enam hari yang dimulai sejak tanggal 19 sampai 24 November 2022 dengan jumlah peserta 30 orang yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Selatan.

Sebelumnya, di tahun 2022 diklat pengembangan UMKM program sinergi Kementerian ESDM dengan Dekranas telah dilaksanakan di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat pada Tanggal 3-8 November 2022, di Kota Mataram Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Tanggal 12-17 November 2022 serta akan dilanjutkan di Maros Provinsi Sulawesi Selatan pada Tanggal 28 November hingga awal Desember 2022. (NAL)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *