Disaksikan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadila, WIR Tandatangani Notakesepahaman dengan Unity Kembangkan Nusameta

Sharing is caring!

Sinergi WIR Group dan Unity hadirkan konten virtual 3D interaktif dan real-time yang lebih imersif pada ekosistem metaverse Indonesia, Nusameta, yang akan diluncurkan pada 2023
Disaksikan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadila, WIR Tandatangani Notakesepahaman dengan Unity Kembangkan Nusameta 1

Bali, 23 November 2022.  PT WIR Asia Tbk, [WIR Group] perusahaan pengembang teknologi berbasis Augmented Reality, Virtual Reality dan Artificial Intelligence terkemuka di Asia Tenggara menggandeng Unity (NYSE:U), platform pembuatan dan pengoperasian konten 3D interaktif dan real-time (RT3D) terkemuka di dunia, dalam mengembangkan proyek virtual imersif Nusameta, ekosistem metaverse Indonesia.

Penandatanganan notakesepahaman ini disaksikan langsung oleh Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, dan juga Bahlil Lahadila, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia, dalam ajang Forum Investasi B20 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada tanggal 11 November 2022. Di saat yang bersamaan prototipe Nusameta juga ditampilkan pada saat pelaksanaan momentum B20 dan Presidensi Indonesia di G20 2022, dan prototipe ini akan terus dikembangkan menjadi platform penuh yang akan diluncurkan akhir 2023.

Michael Budi, Direktur Utama WIR Group, menjelaskan, “Kolaborasi ini menghadirkan sinergi yang positif dan saling melengkapi sehingga mampu memberikan pengalaman yang imersif dengan hadirnya konten virtual 3D interaktif dan real-time pada platform metaverse Nusameta yang akan diluncurkan tahun depan.”

Accelerate Solutions Unity akan memberikan layanan professional untuk mendukung pengembangan prototipe Nusameta yang terdiri dari 5 dunia berbeda dalam satu platformnya. Nusameta akan menghadirkan pengalaman online to offline (O2O) melalui game, hiburan, pendidikan, blockchain untuk mendukung konektivitas dan kegiatan ekonomi Indonesia. Pengembangan yang dilakukan bersama mencakup pembuatan dan tampilan digital dari avatar ataupun pengguna platform yang dapat disesuaikan, dunia foto-realistis dengan hub yang terkoneksi ke mana pun pengguna pergi.

“Setelah kami memahami visi dan misi WIR Group untuk menghadirkan berbagai pengalaman digital melalui solusi realiti sehingga dapat memperkaya pengalaman individu, perusahaan, dan menjembatani bisnis dan konsumen, digital, hal ini mendorong kami juga untuk memperkuat platform metaverse nya dengan mengembangkan bersama teknologi yang akan dihadirkan. Kami senang dengan kesempatan kolaborasi dengan WIR Group, yang kami kenal sebagai pemimpin dalam perusahaan AR, tidak hanya di Indonesia, namun juga di Asia Tenggara,” ujar Lee Guang Chun, Senior Client Partner, Unity.

Michael menambahkan, “WIR Group percaya bahwa pengembangan Nusameta dengan teknologi 3D real-time Unity akan menghadirkan pengalaman yang lebih optimal pada game 3D dan simulasi interaktif yang mengkombinasikan teknologi, dan seni,” ujarnya,

“Sesuai dengan filosofi kami yaitu inklusivitas, sehingga kami terus berupaya untuk mengembangkan metaverse dengan teknologi yang dapat di nikmati setiap orang,” tutup Michael.

Tentang PT WIR Asia Tbk

WIR Group adalah salah satu pelopor perusahaan berbasis augmented reality (AR) di Asia Tenggara yang sudah membangun solusi untuk puluhan industri mancanegara dengan mengkombinasikan teknologi imersif seperti Virtual Reality (VR) & Artificial Intelligence (AI) dan telah mendapatkan 5 (lima) paten global untuk AR yang teregistrasi pada Patent Cooperation Treaty (PCT). Dalam salah satu produk inovasinya yang dinamakan Metaverse, WIR Group menyajikan pengalaman dunia Metaverse dengan mengedepankan unsur-unsur kearifan lokal budaya Indonesia. 

WIR Group sebagai salah satu perusahaan teknologi perangkat lunak metaverse asal Indonesia rencananya akan memperkenalkan prototipe metaverse Indonesia pada November 2022 nanti. WIR Group memiliki visi untuk menyediakan dunia Metaverse yang dapat dinikmati semua orang (A liveable world of metaverse for everyone) dalam memasuki era web 3.0. 

Sejak 2009, WIR Group telah menyelesaikan ribuan proyek dan melayani lebih dari 20 negara termasuk di antaranya Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Nigeria, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar & banyak lainnya. Selain itu, WIR Group juga telah mendapatkan banyak pengakuan Internasional di antaranya Excellent Communications Design Apps dalam German Design Award 2020, AR Best Campaign at the Augmented World Expo’s 7th Annual Auggie Awards 2015 dan 2016 di Silicon Valley, Innovation 40 dari The New Economy London di London Stock Exchange, dan Metaverse Tech Companies to Watch in 2022 versi Forbes.

Perseroan dan Perusahaan Anak (selanjutnya disebut sebagai “WIR Group”) kemudian menyelesaikan berbagai proyek di bidang edukasi, penerbitan, dan game. WIR Group pada 2015 memperluas kegiatan usahanya untuk memberikan jasa layanan media/iklan, melalui unit teknologi DAV dan perdagangan ritel melalui Mind Store. Pada 2019, Perseroan membentuk unit teknologi Minar di bawah PT Mata Nilai Republik untuk mengembangkan AR geo location-based gaming. Pada tanggal 04 April 2022, PT WIR ASIA Tbk atau dikenal WIR Group resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham WIRG.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *