Wings Group Indonesia Berkomitmen Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Melalui Tiga Poin Utama, Produk, Akses dan Edukasi

Sharing is caring!

Wings Group Indonesia Mendukung Kemitraan Swasta – Pemerintah untuk Kampanyekan Cuci Tangan Pakai Sabun

Jakarta, 16 Oktober 2020 – Wings Group Indonesiaperusahaan penghasil produk-produk makanan, minuman, perawatan rumah tangga dan perawatan tubuh menunjukkan komitmen  kepedulian bagi kesehatan masyarakat di Indonesia dengan mendukung Kemitraan Swasta-Pemerintah untuk Cuci Tangan Pakai Sabun (KSP-CTPS) yang bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menggelar kampanye dan advokasi nasional Cuci Tangan Pakai Sabun dengan menggaungkan seruan aksi nasional “Tangan Bersih Untuk Semua” yang digelar bertepatan dengan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang jatuh setiap tanggal 15 Oktober.

Kampanye dan advokasi nasional Cuci Tangan Pakai Sabun diluncurkan secara virtual melalui webinar oleh Kementerian Kesehatan bersama KSP CTPS. Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat Kemenkes R.I, Kirana Pritasari mengungkapkan bahwa pandemi covid-19 telah menjadi pengingat bagi semua orang bahwa salah satu cara paling sederhana namun efektif untuk menghentikan penyebaran virus adalah dengan perilaku cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Walau begitu beliau juga mengungkapkan, “Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan bahwa baru sekitar 50% dari populasi penduduk Indonesia di atas 10 tahun yang mempraktekan cuci tangan pake sabun dengan benar.”

Wings Group Indonesia sebagai perusahaan lokal telah berupaya berkontribusi untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat mulai dari sebelum merebaknya pandemi global Covid-19, dan semakin meningkatkan perannya ketika wabah virus Covid-19 masuk ke tanah air, melalui tiga poin utama yaitu produk, akses dan edukasi. Untuk poin pertama Wings Group berinovasi dengan meluncurkan produk berkualitas dengan harga terjangkau untuk menjaga kebersihan sekaligus memberikan perlindungan optimal kepada masyarakat Indonesia lewat produk Nuvo Hand Sanitizer Spray, Masker Wingscare Protector dan desinfektan spray WIZ 24.

Akses sebagai poin yang kedua dilakukan Wings Group lewat kerja sama dengan pemerintah dan Non Government Organization (NGO). Hal ini dipaparkan oleh Director of Human Resources Wings Group Indonesia, Meriam Katombo, ”Wings Group Indonesia bersama pemerintah mendirikan tempat cuci tangan di ruang publik serta dan membagikan produk kebersihan. Untuk menjangkau akses ke tempat yang jauh dan terpencil Wings Group telah berpartner dengan UNICEF, agar akses general hygiene bisa diraih oleh seluruh lapisan masyarakat bahkan di remote area.”

Lebih detail beliau juga memaparkan untuk poin ketiga yaitu edukasi, Wings Group Indonesia berupaya membuat Cuci Tangan Pakai Sabun dilakukan bukan ketika pandemi Covid-19 saja, tetapi membuat aktivitas itu menjadi bagian kebiasaan hidup sehari-hari yang tidak dapat ditinggalkan. “Edukasi tersebut dilakukan dengan cara yang menyenangkan, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital untuk memperkenalkan hal relevan yang dikemas khusus seperti #JogetNuvoAntiKuman. Kita mencoba menyesuaikan dengan hal yang sedang hits di masyarakat dan memasukan unsur edukasi ke dalam hal tersebut,” ujar Meriam Katombo.

Peran Penting Cuci Tangan Pakai Sabun Bagi Indonesia

Cuci Tangan Pakai Sabun memiliki peranan penting bagi perkembangan Indonesia karena memiliki andil menjaga kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, Cuci Tangan Pakai Sabun menjadi bagian dari dari lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) bersama dengan Stop Buang Air Sembarangan, Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga, Pengamanan Sampah Rumah Tangga dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga.

­­UNICEF Representative Debora Comini menjelaskan bahwa berkaitan dengan prioritas pembangunan, Cuci Tangan Pakai Sabun merupakan prioritas utama Pemerintah Indonesia, ini juga bagian dari komitmen Pemerintah Indonesia terhadap agenda SDG (Sustainable Development Goals), dan kita tahu bahwa mencapai kebersihan tangan untuk semua sangatlah penting. Dirinya juga memaparkan,” Kita membutuhkan pendekatan kepada seluruh elemen masyarakat, karena tidak ada satu lembaga, organisasi, dan pemerintah yang dapat menangani COVID-19 sendirian. Kolaborasi antara sektor publik dan swasta mutlak diperlukan.”

Peranan penting Cuci Tangan Pakai Sabun juga diakui oleh Regional Advisor – BHA. USAID Indonesia, Harlan V. Hale. Dirinya menjelaskan bahwa sejak 2015 USAID telah bekerja dengan mitra dan pemerintah untuk meningkatkan akses ke air bersih dan sanitasi dan akan terus mempromosikan pesan mengenai pentingnya cuci tangan dan kebersihan. ”Saya pikir Sejauh yang kami, USAID lakukan, WASH, Water, Sanitation and Hygiene adalah kegiatan utama yang kami lakukan, tidak hanya di Indonesia tetapi di banyak negara di dunia, itu adalah dasar dari kesehatan yang baik, dan kesehatan yang baik adalah dasar kemakmuran,” paparnya.

Untuk mempromosikan perubahan perilaku CTPS dan meningkatkan akses ke fasilitas tempat cuci tangan tentu dibutuhkan upaya terpadu dan kerja sama dari semua pihak, stakeholders dalam hal ini dari sektor swasta, bersama pemerintah dan organisasi lainnya. Oleh karena itu Wings Group Indonesia mengajak semua pihak untuk fokus berkerjasama mengkampanyekan Cuci Tangan Pakai Sabun sembari memperkuat akses dan edukasi.

“Dalam kemitraan ini mari kita sama-sama terus memperkuat pembangunan akses-akses untuk sarana cuci tangan, air bersih ke seluruh pelosok, dan mari kita bersama-sama terus melakukan edukasi ke masyarakat kita secara aktif dan inovatif,” tutup Meriam Katombo.

*****

Tentang Wings Group Indonesia

Wings Group Indonesia merupakan produsen produk rumah tangga yang bermarkas di Jakarta dan Surabaya. Perusahaan ini didirikan pertama kali pada 1948. Pada tahun 1991 menjadi PT. Wings Surya yang bermarkas di Surabaya dan PT. Sayap Mas Utama yang bermarkas di Jakarta. Dengan pengalaman lebih dari 70 tahun, Wings telah menjadi salah satu perusahaan lokal terbesar di Indonesia yang telah mengekspor ke mancanegara. Wings mempersembahkan produk-produk pembersih rumah, pembersih pakaian, perawatan tubuh hingga makanan dan minuman yang telah akrab berada di tengah masyarakat Indonesia sebut saja So Klin, Daia, Ekonomi, Giv, Nuvo, Mie Sedaap, Top Coffee, Floridina, Teh Javana, Supersol dan lain sebagainya. Wings berdedikasi untuk selalu menyediakan produk-produk kebutuhan sehari-sehari berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau sesuai dengan visi perusahaan.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *