Empat Fakta Unik Ngopi di Kala Pandemi

Sharing is caring!

Empat Fakta Unik Ngopi di Kala Pandemi 1

Jakarta – 1 Oktober 2020 – Pertanyaan “sudah ngopi?” adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan kepada masyarakat Indonesia. Kopi merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari: saat bekerja, nongkrong dengan teman terdekat, hingga acara kumpul-kumpul bersama keluarga besar. Tren specialty coffee yang berkembang di Indonesia selama satu dekade terakhir memperkuat budaya minum kopi serta menjadikan kopi sebuah gaya hidup.

Tentunya, sejak pandemi COVID-19 melanda, aktivitas ngopi di kantor maupun di kafe menjadi terbatas demi menjaga kesehatan bersama. Bertepatan dengan perayaan Hari Kopi Internasional, GrabFood sebagai layanan pesan antar makanan terdepan di Indonesia menganalisa kebiasaan minum kopi masyarakat Indonesia selama pandemi. Berdasarkan data pesanan kopi melalui GrabFood dari bulan April hingga September 2020, berikut 4 fakta menarik yang GrabFood temukan:

1. Penggemar kopi di Indonesia kini hobi memesan dalam jumlah lebih besar

Menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru, para penggemar kopi kini memesan kopi untuk seluruh anggota keluarga yang bekerja dari rumah. Jumlah kopi per pesanan di GrabFood mengalami peningkatan dari sebelum masa pandemi yang hanya 1 gelas per pesanan. Namun kini, pelanggan umumnya memesan 3 gelas kopi, cukup untuk asupan kafein untuk seisi rumah. Menanggapi permintaan yang kian meningkat, para mitra merchant kopi di GrabFood menjawab kebutuhan ini dengan cara menawarkan paket kopi dalam jumlah banyak termasuk dalam paket botol 1 liter dan dengan cepat menjadi tren baru yang digandrungi pelanggan. 

2. Kopi jadi teman andalan bekerja 

Rentang waktu paling sibuk pemesanan kopi di GrabFood adalah pukul 14:00 hingga 16:00, ketika para pejuang kantor mengumpulkan tambahan bahan bakar untuk menyelesaikan pekerjaan. Waktu tersibuk kedua adalah jam makan siang, pukul 12:00 hingga 14:00 untuk membantu mengatasi kantuk setelah makan siang. Kopi memang sahabat setia para pengejar deadline!

3. Indonesia masih cinta kopi susu

Di Indonesia, kopi susu masih menjadi primadona. Berdasarkan data dari mitra kedai kopi paling laris di platform GrabFood, mayoritas pemesanan kopi di Indonesia didominasi oleh kreasi kopi susu dengan berbagai rasa, seperti gula aren, vanila, hingga karamel. Bahkan ada tren kopi susu baru yang muncul di tengah pandemi COVID-19 dengan konsep literan yang meramaikan lini masa media sosial setelah tren kopi Dalgona yang muncul dari kegemaran masyarakat Indonesia terhadap drama Korea.

4. Selain kopi, masyarakat Indonesia gemar mengkonsumsi coklat dingin

Sesekali, para penggemar kopi di Indonesia memesan menu yang tidak mengandung kafein sebanyak kopi. Pilihan utama konsumen jatuh kepada coklat dingin. Dari 5 brand favorit konsumen Indonesia, coklat dingin selalu menempati tiga besar pesanan terbanyak dari konsumen GrabFood.

Dengan keselamatan menjadi prioritas utama, sebagai langkah pencegahan, GrabFood bersama dengan para mitra merchant juga telah meningkatkan Standar Keamanan Terpadu untuk Layanan Pesan-antar Makanan yang mencakup penerapan prosedur keamanan dan kebersihan makanan yang lebih ketat. Pelanggan juga dapat memilih pengantaran tanpa kontak sebagai perlindungan ekstra. Untuk informasi lebih lanjut mengenai inisiatif Grab selama pandemi COVID-19, kunjungi https://www.grab.com/id/en/safety/covid-19/.

Memperingati Hari Kopi Internasional, GrabFood mengajak seluruh penggemar kopi di Indonesia untuk merayakan hari ini dengan ngopi bersama. Dari tanggal 1-3 Oktober pada pukul 11:00-17:00, konsumen GrabFood dapat menggunakan kode promo KEJARHARIKOPI untuk menikmati potongan harga sebesar 35% (maksimal Rp 20.000,-) untuk semua pesanan kopi – mulai dari kopi hitam, kopi susu, atau kopi literan untuk konsumsi seisi rumah.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *