Sinergi dengan IPB University, CIMB Niaga Syariah Dukung Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Sharing is caring!

Sinergi dengan IPB University, CIMB Niaga Syariah Dukung Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi 1
Dok. IPB

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) melalui Unit Usaha Syariah-nya (CIMB Niaga Syariah) menjalin kerja sama dengan IPB University dalam bidang pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui produk dan layanan perbankan syariah. Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) kemitraan tersebut dilakukan secara online oleh Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan dan Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria pada Kamis (17/9/2020).

CIMB Niaga Syariah sebagai UUS Bank BUKU IV yang memiliki digital banking lengkap siap memfasilitasi layanan perbankan syariah bagi civitas akademika dan alumni IPB University. Dengan kapasitas dan pengalamannya yang luas, CIMB Niaga Syariah akan mendukung IPB University dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta aktivitas lainnya untuk mengembangkan perbankan syariah di Indonesia.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengatakan, kemitraan yang baik antara perbankan dan perguruan tinggi dapat saling memperkuat peran kedua institusi dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. “Kami merasa bangga bisa menjadi mitra dari salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Bagi kami, IPB University merupakan partner strategis yang tepat untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan industri perbankan syariah,” kata Tigor di Jakarta, Kamis (17/9/2020).

CIMB Niaga, sebagai induk dari CIMB Niaga Syariah, memiliki perhatian yang besar dalam membangun SDM yang berkualitas, termasuk generasi muda. Selama ini, CIMB Niaga aktif mengedukasi kalangan milenial melalui gerakan sosial #KejarMimpi, memberikan beasiswa bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, dan mengembangkan talenta-talenta terbaik untuk menjadi calon pemimpin masa depan melalui program management trainee, The Complete Banker (TCB).

Dalam konteks pengembangan ekonomi syariah, kolaborasi CIMB Niaga dan IPB University juga diharapkan dapat mendorong terciptanya halal koridor. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat berbagai program menarik dalam bidang pendidikan, kesehatan, halal traveling, halal food, halal fashion, halal cosmetic, halal lifestyle, serta aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya.

Dalam waktu dekat, CIMB Niaga Syariah akan bersinergi dengan IPB University dalam kegiatan pengumpulan dan pengelolaan dana sosial.  Pengelolaan dana sosial (termasuk wakaf) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh IPB University sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Berbadan Hukum untuk membangun kemandirian keuangan institusi.

Tigor menambahkan, kerja sama tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun CIMB Niaga yang ke-65 pada 26 September mendatang. Mengusung tema ’65 Tahun Melayani Indonesia’, CIMB Niaga berkomitmen untuk berperan aktif melayani masyarakat Indonesia.

“Kemitraan dengan IPB University ini juga merupakan bentuk upaya kami untuk terus merangkul berbagai komunitas di Tanah Air. Kami berharap, dengan terus bertambahnya komunitas yang saling terhubung bersama CIMB Niaga Syariah, industri perbankan syariah dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat,” tutup Tigor.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 451 jaringan kantor per 30 Juni 2020, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 390, 34 Digital Lounge dan Mobile Branch sebanyak 27 unit. CIMB Niaga memiliki 13.051 karyawan (konsolidasi) per 30 Juni 2020.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 Juni 2020, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD8,2 miliar.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *