Air Bersih Langka, Pertamina Kilang Cilacap Resmikan Fasilitas Desalinasi di Dusun Terpencil

Sharing is caring!

Air Bersih Langka, Pertamina Kilang Cilacap Resmikan Fasilitas Desalinasi di Dusun Terpencil 1

Cilacap, 16 September 2020 – Warga Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap kini tak lagi risau untuk urusan air bersih. Akhir pekan lalu, di dusun yang terletak di wilayah laguna terbesar ini telah hadir fasilitas desalinasi yang mampu menghilangkan kadar garam berlebih pada air laut untuk mendapatkan air yang layak konsumsi.

Fasilitas yang diberi nama Sistem Desalinasi Berbasis Masyarakat (Sidesi Mas), ini diresmikan langsung oleh General Manager Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Joko Pranoto, Sabtu (12/9/2020). Turut hadir juga perwakilan jajaran manajemen Pertamina RU IV serta Ketua Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijayakusuma (SPP PWK), Titok Dalimunthe.

Joko mengungkapkan, fasilitas ini menjadi solusi penting dalam mengatasi persoalan kelangkaan air bersih yang memenuhi standar baku mutu air sanitasi di salah satu dusun terpencil di Kabupaten Cilacap tersebut. “Gara-gara air tidak standar, jadi sering timbul beberapa penyakit. Krisis air semakin parah ketika musim kemarau mengingat air di dusun ini salinitas dan kandungan padatan terlarutnya yang cukup tinggi,” ujarnya.

Dengan kondisi itu, lanjut Joko, masyarakat setempat harus mengeluarkan biaya tinggi untuk mendapatkan air bersih yang sumbernya didatangkan cukup jauh yaitu dari Nusakambangan. “Selama ini masyarakat Dusun Bondan harus mengeluarkan biaya untuk membeli air sebagai kebutuhan sehari-hari. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan alat desalinasi yang mampu memproduksi air sesuai dengan standar baku mutu,” ucapnya.

Sidesi Mas, masih menurut Joko, berada di satu komplek dengan Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH) yang juga binaan program CSR Pertamina. Fasilitas berkapasitas 240 liter/jam ini merupakan kerjasama Pertamina dengan Politeknik Negeri Cilacap (PNC). “Dengan jumlah warga dusun ini sekitar 80-an, fasilitas ini cukup untuk memenuhi kebutuhan warga,” ungkapnya.

Joko berharap bantuan ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan turut menaikkan derajat perekonomian sebagai dampak positif dari ketersediaan air bersih yang mudah diakses. “Semoga bantuan CSR Pertamina ini bisa memberikan berkah khususnya bagi masyarakat Dusun Bondan yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih. Tentu dampak lanjutannya adalah bisa meningkatkan produktifitas dan perekonomian keluarga,” ucapnya.

Kepala Dusun Bondan, Irawan menyambut antusias diresmikannya fasilitas Sidesi Mas untuk memenuhi kebutuhan air bersih. “Kami tentu sangat berterima kasih atas bantuan Pertamina untuk ke sekian kalinya bagi Dusun Bondan. Fasilitas ini sudah kami nantikan cukup lama, mengingat sulitnya mendapatkan air bersih,” tuturnya.

Fasilitas Sidesi Mas melengkapi program CSR Pertamina RU IV sebelumnya di Dusun Bondan, yakni penyediaan kebutuhan listrik bersumber tenaga surya dan angin dalam program Energi Mandiri Tenaga Surya dan Angin (E-Mas Bayu) serta pemberdayaan masyarakat melalui tambak ikan dalam program Energi Mandiri Tambak Ikan (E-Mba Mina).**

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *