CIMB Niaga Raih Tiga Penghargaan pada Asian Banking and Finance Award 2020

Sharing is caring!

CIMB Niaga Raih Tiga Penghargaan pada Asian Banking and Finance Award 2020 1

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berhasil meraih tiga penghargaan pada ajang Asian Banking and Finance Award 2020. Penghargaan tersebut yaitu Corporate and Investment Bank of the Year – Indonesia, Syndicated Loan of the Year – Indonesia, dan Project Infrastructure Finance Deal of the Year – Indonesia. CIMB Niaga dinilai sebagai bank yang berhasil menghadapi tantangan bisnis dan berkinerja unggul dalam bidang Corporate & Investment Banking di Indonesia.

Asian Banking and Finance Award merupakan program penghargaan tahunan yang diberikan untuk mengapresiasi perbankan di kawasan Asia. Tahun ini penghargaan diberikan kepada lebih dari 120 bank di 30 negara dalam bidang Wholesale Banking, Retail Banking, dan Corporate & Investment Banking. Adapun penilaian dilakukan berdasarkan pencapaian CIMB Niaga tahun 2019 khususnya di bidang pembiayaan investasi dan korporasi.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengatakan, CIMB Niaga merasa terhormat atas apresiasi yang diberikan oleh Asian Banking and Finance di tengah situasi ekonomi yang penuh tantangan saat ini. Pengakuan dari pihak independen ini merupakan wujud kepercayaan publik yang harus dijaga dan ditingkatkan ke depan.

“Terima kasih kepada seluruh nasabah dan mitra CIMB Niaga yang telah bekerjasama dalam menjalankan berbagai proyek pembiayaan investasi dan korporasi. Penghargaan ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus berinovasi serta menghadirkan solusi pembiayaan yang lebih baik dan bersahabat dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian,” kata Tigor di Jakarta, Senin (14/9/2020).

Tigor menjelaskan, penghargaan Corporate and Investment Bank of the Year – Indonesia dan Syndicated Loan of the Year – Indonesia tahun ini diraih CIMB Niaga untuk kedua kalinya setelah tahun lalu mendapatkan penghargaan serupa. Predikat Corporate and Investment Bank of the Year – Indonesia diberikan karena CIMB Niaga dinilai berhasil memberikan dampak positif kepada nasabah dan menavigasi pasar sindikasi yang menantang.

Sementara kategori kedua, Syndicated Loan of the Year – Indonesia, diberikan atas keberhasilan CIMB Niaga dalam mengelola fasilitas pinjaman sindikasi kepada salah satu perusahaan, serta mampu menegosiasikan struktur kredit yang tepat untuk mengakomodasi rencana pertumbuhan klien dan tetap memperhatikan mitigasi risiko kredit.

Adapun penghargaan ketiga yaitu Project Infrastructure Finance Deal of the Year – Indonesia merupakan pertama kali diraih. CIMB Niaga dinilai sukses sebagai Joint Mandated Lead Arranger dan Bookrunner dalam salah satu proyek infrastruktur pemerintah. Dalam proyek ini, CIMB Niaga berhasil mengatur para pemberi pinjaman baru dan lama dengan solusi struktur kredit yang inovatif. Hal ini membuktikan, sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia, CIMB Niaga memiliki peran signifikan dalam mendukung Proyek Strategis Nasional dari Pemerintah.

“Ketiga penghargaan ini kami dedikasikan untuk para nasabah, termasuk nasabah korporasi CIMB Niaga atas kepercayaan dan kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini. Kami berharap dapat meningkatkan kolaborasi sekaligus berkontribusi untuk membangun perekonomian nasional melalui pembiayaan investasi dan korporasi yang berkelanjutan,” tutup Tigor.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 451 jaringan kantor per 30 Juni 2020, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 390, 34 Digital Lounge dan Mobile Branch sebanyak 27 unit. CIMB Niaga memiliki 13.051 karyawan (konsolidasi) per 30 Juni 2020.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 Juni 2020, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD8,2 miliar.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *