Ajak Jutaan UMKM Tingkatkan Keterampilan Digital, Grab Buka Kelas #TerusUsaha Mulai Hari Ini!

Sharing is caring!

Kelas #TerusUsaha merupakan program pelatihan gratis bagi UMKM Indonesia untuk meningkatkan keterampilan digital mereka agar dapat bersaing dan naik kelas.
Ajak Jutaan UMKM Tingkatkan Keterampilan Digital, Grab Buka Kelas #TerusUsaha Mulai Hari Ini! 1

Jakarta, 11 September 2020 – Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan peluncuran program Kelas #TerusUsaha yang akan memberikan pelatihan gratis bagi jutaan UMKM di Indonesia untuk meningkatkan keterampilan digital mereka. Bekerja sama dengan 3 pakar, program ini menjadi kelanjutan dari berbagai inisiatif #TerusUsaha untuk mempercepat proses digitalisasi UMKM Indonesia agar dapat bertahan dan bersaing di tengah pandemi. Selain itu, Grab juga memberikan ruang bagi ratusan UMKM terpilih untuk beriklan di media sosial dan kanal digital Grab, serta kesempatan mentoring secara pribadi dengan 3 pakar media sosial, produk dan fotografi.

Kelas #TerusUsaha menjadi bentuk konkrit dukungan Grab bagi digitalisasi UMKM Indonesia, sejalan dengan semangat program #BanggaBuatanIndonesia. Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia menjelaskan, “Dengan kembali diperketatnya pergerakan dan aktivitas masyarakat di berbagai daerah, layanan digital akan terus diandalkan. Karenanya, Kelas #TerusUsaha kami hadirkan dengan fokus pada berbagai pengetahuan praktis yang dapat langsung diterapkan oleh UMKM agar mereka dapat naik kelas dan bersaing di tengah pandemi ini. Lewat inisiatif komprehensif yang terus kami luncurkan khusus bagi UMKM melalui semangat #TerusUsaha, kami percaya dapat mempercepat transformasi UMKM dari bisnis tradisional menjadi usaha digital mengingat UMKM berperan besar bagi ekonomi Indonesia.”

Kelas #TerusUsaha akan dibagi menjadi 3 sesi dalam 3 minggu ke depan. Hadir setiap Jumat pada pukul 19.00 WIB, UMKM dapat bergabung di kanal Instagram dan YouTube Grab Indonesia dan belajar tentang:

  1. Kelas Fotografi & Videografi bersama Anton Ismael. Visual pastinya menjadi bagian penting untuk menarik minat pelanggan. Kelas ini akan dilakukan pada Jumat, 11 September 2020, dimana UMKM akan belajar cara memaksimalkan handphone untuk foto produk dari rumah, termasuk mengenal fitur-fitur yang ada di kamera handphone, pencahayaan, komposisi, cara mengedit foto, angle foto yang menarik, dan masih banyak lagi.
  2. Kelas Desain Logo dan Kemasan bersama Arto Biantoro. Pada Jumat, 18 September 2020, UMKM akan kembali diajak belajar tentang pentingnya logo, cara membuat logo sesuai anggaran, pertimbangan memilih kemasan produk yang sesuai, keterangan yang diperlukan dalam suatu kemasan produk, tren kemasan, dan juga cara mengaplikasikannya dalam usaha mereka. 
  3. Kelas Media Sosial bersama Niko Julius. Media sosial pasti menjadi andalan UMKM untuk berjualan, tapi belum semua UMKM bisa memaksimalkan fitur media sosial mereka. Kelas yang akan dilakukan pada Jumat, 25 September 2020 ini akan fokus pada berbagai hal yang harus dipertimbangkan saat membuat media sosial untuk usaha, cara menciptakan konten yang menarik, tips menumbuhkan jumlah followers, cara beriklan yang efektif, cara membuat caption yang kreatif dan masih banyak lagi.
Ajak Jutaan UMKM Tingkatkan Keterampilan Digital, Grab Buka Kelas #TerusUsaha Mulai Hari Ini! 2

Tidak hanya berhenti disitu, Grab juga akan memilih ratusan UMKM dengan konten iklan menarik setiap minggunya untuk dipromosikan di media sosial dan kanal digital Grab. UMKM hanya perlu membuat iklan berdurasi 15 detik, mengunggahnya di feed Instagram mereka, dengan menggunakan #TerusUsaha dan tag akun @GrabID. Iklan dapat berupa kumpulan foto ataupun video. 3 peserta terpilih dengan iklan paling menarik juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti mentoring pribadi dengan 3 pembicara di atas. 

Setiap minggu, Grab juga akan berbagi 1001 tips #TerusUsaha untuk membantu UMKM mengembangkan bisnisnya, yang dapat dilihat pada akun media sosial Grab. Ke depannya, masih akan ada beragam inisiatif dan program lain yang akan membantu mempercepat digitalisasi UMKM dan membantu mereka ambil bagian dalam ekonomi digital. 

Dukungan Inklusif dan Komprehensif bagi Jutaan UMKM Indonesia

Selama masa pandemi, Grab telah menyambut lebih dari 185.000 UMKM dan lebih dari 32.000 pedagang tradisional yang tak mengenal kata menyerah untuk bertahan dan terus mengembangkan bisnis mereka di masa yang serba tidak pasti ini. Semangat itulah yang menginspirasi Grab untuk meluncurkan program #TerusUsaha yang didedikasikan khusus untuk membantu UMKM di Indonesia agar mereka dapat terus beradaptasi dalam menghadapi kondisi new normal ini. 

“Program ini mencakup berbagai inisiatif akselerasi untuk melatih dan membina keterampilan UMKM, serta upaya-upaya Grab lainnya untuk meningkatkan visibilitas dan permintaan bisnis para pelaku UMKM, supaya mereka bisa dikenal dan terus tumbuh dalam ekosistem ekonomi digital. Melalui program ini, kami juga telah bekerja sama lebih dari 20 pemerintah daerah untuk memberikan lebih dari 20 solusi transformasi digital di 25 kota di Indonesia untuk jutaan pelaku UMKM. Saya mengajak seluruh UMKM Indonesia untuk memanfaatkan program Kelas #TerusUsaha ini dan juga mengunjungi portal www.grabforgood.com untuk mendapatkan informasi dan ambil bagian dalam digitalisasi bersama Grab,” tambah Neneng.

Ajak Jutaan UMKM Tingkatkan Keterampilan Digital, Grab Buka Kelas #TerusUsaha Mulai Hari Ini! 3

Sebelumnya, menurut riset yang dilakukan oleh Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics pada Januari 2020, menyebut Grab menawarkan peluang ekonomi yang lebih baik bagi pekerja informal di 12 kota, serta meningkatkan pertumbuhan bisnis kecil dan menciptakan lapangan pekerjaan di luar platform Grab. Secara keseluruhan, pekerja informal dari platform Grab berkontribusi sebesar Rp77,4 triliun bagi ekonomi Indonesia pada 2019, angka ini meningkat 58% dari Rp48,9 triliun pada tahun 2018.

Informasi lebih lanjut mengenai program #TerusUsaha, kunjungi www.grabforgood.id.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *