Sertifikasi ISO 37001, Bukti ANTAM Laksanakan Anti Suap

Sharing is caring!

Sertifikasi ISO 37001, Bukti ANTAM Laksanakan Anti Suap 1

Jakarta, 10 September 2020 – PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) mengumumkan bahwa Perusahaan telah mendapatkan sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001. Sertifikasi ini didapatkan ANTAM sebagai hasil atas komitmen Perusahaan terhadap implementasi Good Corporate Governance (GCG) yang lebih baik. Sertifikasi yang diperoleh pada akhir Agustus 2020 ini, merupakan Standar Internasional untuk anti penyuapan, ISO/IEC 37001, dipublikasikan oleh ISO dan IEC di tahun 2016 (“SNI/ISO 37001:2016”).

Direktur Utama ANTAM, Dana Amin mengatakan:
“ANTAM senantiasa berkomitmen untuk menerapkan praktik GCG di setiap kegiatan operasional Perusahaan. Atas penerapan Standar Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang dilakukan, saat ini ANTAM telah mendapatkan sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001. Sertifikasi ini didapatkan atas upaya ANTAM untuk dapat menjalankan bisnis dengan lebih transparan, adil dan zero tolerance terhadap tindakan penyuapan dan fraud baik oleh Direksi, Dewan Komisaris, Insan ANTAM maupun pihak eksternal Perusahaan. Kedepannya, ANTAM akan terus menerapkan, memelihara dan  meningkatkan kinerja SMAP secara konsisten.”

Penerapan SMAP di ANTAM tertuang dalam Management Policy Standar Sistem Manajemen Anti Penyuapan yang memuat langkah-langkah yang diperlukan untuk mengelola Anti Penyuapan di Perusahaan dan dirancang untuk menerapkan pengendalian yang tepat dalam mendeteksi, mengidentifikasi dan mengurangi potensi penyuapan sejak awal, mengembangkan dan menumbuhkan budaya anti-penyuapan  bagi seluruh Direksi, Dewan Komisaris, Insan ANTAM maupun pihak eksternal terkait serta meningkatkan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.

SMAP ini juga merupakan sistem yang membangun budaya dan nilai-nilai ANTAM yaitu Professionalism, Integrity, Global Mentality, Harmony, Excellence dan Reputation. Implementasi SMAP ini mencerminkan perilaku Insan ANTAM sesuai standar etika Perusahaan yang mengutamakan kepentingan Perusahaan di atas kepentingan pribadi serta wujud penerapan prinsip-prinsip GCG dalam pelaksanaan operasional Perusahaan. Selain itu, penerapan SMAP merupakan implementasi dari salah satu Core Value BUMN – AKHLAK yaitu Amanah (integritas, tulus, konsisten, dan dapat dipercaya). 

ANTAM juga melakukan monitoring terhadap pencegahan penyuapan melalui wadah whistleblowing system (WBS) yang dikelola secara independen dan transparan. Mekanisme pelaporan mengenai adanya dugaan praktik–praktik pelanggaran dan dugaan penyuapan baik yang dilakukan oleh karyawan maupun manajemen perusahaan dapat di lihat di website ANTAM.  

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *