FK UKDW Beri Pelatihan Pembentukan Kader Remaja New Normal

Sharing is caring!

Dalam rangka Dies Natalis ke-11 Fakultas Kedokteran UKDW, tim dari FK UKDW melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan “Pembentukan Kader Remaja New Normal” pada hari Rabu, 9 September 2020 di Gedung Pertemuan Balai Desa Murtigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.

Acara ini dihadiri oleh Perangkat Desa, Babinsa Koramil Sanden, Kapolsek Sanden, para Pemuda remaja yang tergabung dalam wadah Pemuda yakni KOMMPI (Komunitas Muda Mudi Piring 1) dan Komunitas Pemuda Wonoroto. Adapun pembawa materi dalam pelatihan ini adalah dr. Daniel Chriswinanto Adityo N, MPH (FK UKDW), dr. Yanti Ivana, M.Sc (FK UKDW), Dr. drg. MM Suryani Hutomo, MDSc (FK UKDW), dan Novika Kurniawati (Puskesmas Sanden).

Sambutan dari Fakultas Kedokteran UKDW yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, dr. Daniel CAN, MPH menyatakan bahwa penanganan Covid-19 di lini terdepan adalah masyarakat, bukan dokter. Salah satu tugas dokter dalam kasus ini adalah mencegah supaya tidak ada pasien yang meninggal. Manfaat dari Pembentukan Kader New Normal ini sendiri adalah dapat memberikan pemahaman tentang kebiasaan baru yang harus diterapkan, sehingga mampu mencegah penyebaran Covid-19 dan dapat mengetahui cara pencegahan gejalanya, sehingga peserta mampu menginformasikan kegiatan ini ke masyarakat.

Dalam materi yang disampaikan dengan judul “New Normal di Era Pandemi”, dr. Daniel CAN, MPH memaparkan tentang pembatasan kegiatan di Era New Normal yang harus diperhatikan penanganannya. “Covid-19 membawa dampak yang sangat besar terhadap semua aktivitas di dunia. Hampir semua kota di Indonesia sudah memiliki transmisi lokal, yaitu penularan tanpa bepergian ke luar kota. Di awal Mei Pemerintah mengajak untuk menghadapi tatanan dunia baru, yaitu tatanan, kebiasaan dan perilaku yang baru berbasis pada adaptasi untuk membiasakan perilaku hidup bersih,” terangnya.

dr.Yanti Ivana, M.Sc menyampaikan materi kedua yang berjudul “Pentingnya Menjaga Daya Tahan Tubuh”. “Berdasarkan data per Mei 2020, pasien yang terkena Covid-19 banyak didominasi oleh lansia, namun tidak menutup kemungkinan dapat menjangkit semua usia (batita, balita, anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua). Daya tahan tubuh yang menurun dapat meningkatkan paparan virus atau bakteri untuk masuk ke dalam tubuh,” tuturnya.

Lebih lanjut Yanti menyebutkan bahwa cara memperoleh daya tahan tubuh yang optimal adalah mengelola stres dengan baik, melakukan aktivitas fisik/olahraga secara rutin, makan makanan sehat dengan slogan “isi piringku” (yaitu makanan yang mengandung 50 % buah dan sayur; 50 % lainnya terdiri dari karbohidrat dan protein), berjemur sinar matahari, dan istirahat yang cukup (tidur yang berkualitas dapat dilakukan dengan cara menghindari kafein dan alkohol, matikan alat alat elektronik, serta mengikuti jadwal tidur harian).

Materi ketiga dengan judul “Rumah Tangga Sehat” dibawakan oleh Dr. drg. MM Suryani Hutomo, MDSc. Dalam penjelasannya disebutkan perlunya menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dalam menghadapi Covid-19 yaitu dengan memperhatikan pola hidup sehat dalam keluarga.

Selanjutnya Novika Kurniawati menyampaikan materi yang keempat dengan judul “Aktivitas Fisik di Masa Pandemi Covid-19”. Ia menyatakan bahwa individu yang kurang gerak akan mengalami penurunan imunitas tubuh, maka perlu dilakukannya aktivitas dalam intensitas sedang yang dapat dilakukan di rumah. Ia juga menyarankan untuk tidak melakukan olahraga dalam kondisi fisik yang sedang sakit dan menghindari latihan berat yang akan beresiko cedera.

Kegiatan ditutup dengan pemberian bantuan secara simbolis berupa alat semprot disinfektan dan obat-obatan medis. Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta bisa memberikan penyuluhan ke masyarakat sekitarnya yaitu di Pedukuhan Piring 1 dan Pedukuhan Wonoroto, supaya dapat mencegah penyebaran Covid-19. Selanjutnya, akan dilakukan pemantuan lebih lanjut oleh penyelenggara pelatihan.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *