Presiden Jokowi Apresiasi 70 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Tiongkok

Sharing is caring!

Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping (Foto: Instagram/jokowi)

Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat dan terima kasih atas peringatan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok kepada Presiden Xi Jinping melalui sambungan telepon pada Senin malam, 31 Agustus 2020, di Istana Kepresidenan Bogor.

“Terima kasih atas surat Presiden Xi, mengenai ucapan selamat peringatan 70 tahun hubungan bilateral kita, saya harapkan hubungan dan kerja sama antara dua negara akan lebih kuat dan saling menguntungkan,” ucap Presiden Jokowi.

Dalam pembicaraan tersebut, Presiden Jokowi juga mengapresiasi pemerintah Tiongkok atas hasil kunjungan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir ke Tiongkok beberapa waktu lalu untuk membahas beberapa kerja sama di bidang kesehatan dan ekonomi yang saling menguntungkan.

“Saya apresiasi dukungan pemerintah Tiongkok dalam upaya penguatan kerja sama kesehatan yang strategis, termasuk co-production dan penyediaan vaksin Covid-19,” kata Presiden Jokowi.

Selain di bidang kesehatan, Presiden Jokowi juga menggarisbawahi bahwa kerja sama ekonomi tidak boleh terhenti sama sekali meskipun dalam kondisi pandemi. Salah satunya ialah terkait pengaturan travel corridor antar kedua negara.

“Saya menyambut baik pengaturan travel corridor yang telah disepakati dua negara tanggal 21 Agustus 2020 lalu untuk memudahkan perjalanan bisnis esensial dan kunjungan kedinasan yang mendesak, tentunya dengan terus mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” ujar Presiden.

Kepada Presiden Xi, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasinya atas kerja sama investasi antara kedua negara yang terus menguat dan saling menguntungkan.

(BPMI Setpres)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *