Bawa Pesan Nilai Kebersamaan dan Perjuangan, Pemerintah Terbitkan 4 Seri Prangko

Sharing is caring!

Bawa Pesan Nilai Kebersamaan dan Perjuangan, Pemerintah Terbitkan 4 Seri Prangko 1

Pemerintah menerbitkan empat seri prangko dalam momentum Peringatan 75 tahun Kemerdekaan RI untuk mengembangkan nuansa kebersamaan dan nilai perjuangan. Keempat seri itu antara lain Prangko Seri Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Republik Indonesia, 75 Tahun Indonesia Merdeka, Penanggulangan Covid-19, serta Artis dan Grup Musik Ternama.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menyatakan prangko menjadi bagian penting bagi sejarah bangsa. Prangko bukan sekadar alat bayar pengiriman benda pos. Namun, menjadi media visualisasi keberagaman masyarakat dan kedaulayan negara.

“Prangko memiliki aktualitas atau peristuwa yang terjadi suatu waktu. Sekalipun kepingnya sangat kecil tapi sangat sarat mengandung berbagai fenomena,” katanya dalam Peluncuran Prangko Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Republik Indonesia,  75 Tahun Indonesia Merdeka, Penanggulangan Covid-19, serta Artis dan Grup Musik Ternama secara virtual di Jakarta, Rabu (19/08/2020).

Peluncuran 4 seri prangko secara bersamaan menurut Wakil Presiden merupakan bagian dari rangkaian Hari Kemerdekan ke-75  Republik Indonesia

“Sejalan dengan teknologi informasi terjadi pergeseran cara berkomunikasi masyarakat, prangko tidak banyak lagi digunakan. Namun, prangko masih menjadi media untuk mengabadikan momen khusus bersejarah, diplomasi dan hubungan internasional,” tutur Wapres.

Menurut Wakil Presiden sebagai bangsa yang besar, Indonesia harus tetap maju, produktif dan berkarya di tengah pandemi Covid-19. “Kita sebagai bangsa yang besar harus dapat maju, produktif, dan berkarya serta berinovasi di berbagai bidang kehidupan khususnya di bidang seni dan budaya,” tandasnya.

Wakil Presiden menyatakan penerbitan Seri Penanggulangan Covid-19 merupakan bentuk penghargaan kepada tenaga kesehatan yang berada dalam garda terdepan dalam melawan pandemi Covid-19.

“Salah satu wujud apresasi Pemerintah kepada para dokter dan tenaga medias yang teah menujukkan semanat dan integritas yang tiggi untuk memabtu sesama dalam menghadapi pandemi,” tuturnya.

Selain itu, prangko artis menjadi bentuk apresiasi kepada seniman dan artis musik agar dapat berkarya dan berkreasi untuk menginspirasi bangsa dalam melawan pandemi.

“Semoga para seniman dan musisi dapat terus berkarya, mengobarkan semangat berjuaang menginsiprasi bangsa Indonesia,” tuturnya sebelum menandatangani Sampul Hari Pertama Prangko 4 seri yang diluncurkan. 

Pesan dalam 4 Seri Prangko

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan penerbitan keempat seri prangko tersebut dilaksanakan secara bersamaan karena semangat dan pesan yang disampaikan selaras dengan nuansa dan nilai-nilai perjuangan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.

“Prangko memiliki nilai yang tinggi dalam hubungan internasional, pendidikan, dan sebagai media promosi bagi segala kekayaan dan keunggulan bangsa dan negara kita. Serta menjadi alat untuk mengabadikan peristiwa yang sifatnya fenomenal,” paparnya.

Penerbitan 4 seri prangko oleh Kementerian Kominfo mewakili Negara dan Pemerintah dimaksudkan menandai peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.

Bawa Pesan Nilai Kebersamaan dan Perjuangan, Pemerintah Terbitkan 4 Seri Prangko 2

“Prangko Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia tidak saja memiliki nilai intrinsik, nilai nominal namun juga nilai memorabilia, menjadi kenangan dalam sejarah panjang kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelas Menteri Kominfo.

Menurut Menteri Johnny kenangan akan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia  tahun ini menjadi menarik karena selain mengenang perjuangan bangsa dan negara melawan pandemi Covid-19.

“Mengenang pahlawan kemerdekaan sekaligus mengenang jasa pahlawan kesehatan dalam darurat kesehatan di zaman sekarang yang juga mempertaruhkan jiwa dan raga memerangi pandemi Covid-19,” tegasnya.

Prangko Seri Presiden dan Wakil Presiden menurut Menteri Johnny sangat penting dan fenomenal sebagai dokumen negara berupa prangko istimewa Presiden dan Wakil Presiden.

“Prangko Seri Presiden dan Wakil Presiden selalu ditunggu kehadirannya di negara kita. Presiden dan Wakil Presiden selalu diabadikan ketokohannya dalam bentuk prangko khusus,” jelasnya.

Menurut Menteri Kominfo, negara-negara lain juga memiliki kebiasaan dimana penghormatan kepada kepala negaranya dilakukanan antara lain dalam penerbitan prangko. “Prangko seri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden  K.H. Ma’ruf Amin adalah bentuk penghormatan kita kepada beliau sebagai kepala negara yang telah dipilih oleh rakyat Indonesia. Tentu melalu sirkulasi demokrasi yang demikian hebatnya,” tegasnya.

Mengenai Prangko Seri Penanggulangan Covid-19, Menteri Johnny menjelaskan sebagai apresiasi kepada tenaga kesehatan dan semua pihak yang telah berjuang memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat dan masih terus berjuang dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang merupakan tanggung jawab bersama.

“Kita patut mengungkapkan rasa terima kasih kepada tenaga kesehatan dan semua pihak yang terlibat yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi pandemi saat ini. Penerbitan prangko terkait Covid-19 ini menjadi peristiwa yang sangat langka,” jelasnya.

Adapun Prangko Seri Artis, Grup Musik Ternama yang bertujuan memberikan penghargaan kepada para artis dan grup musik ternama yang telah berjasa dalam mengembangkan seni musik Indonesia,

Menurut Menteri Kominfo hal itu ditujukan untuk mendorong kemajuan dunia seni musik serta mensosialisasikan nilai-nilai budaya luhur dan perjuangan di tanah air melalui lagu-lagu mereka.

“Prangko seri tokoh musik dan artis ini menampilkan empat gambar tokoh artis musisi ternama di Indonesia, yaitu Titiek Puspa, Gesang (alm.), Gombloh (alm.), dan Chrisye (alm.). Sedangkan  empat gambar grup musik ternama, terdiri atas Koes Plus, Panbers, God Bless, dan Bimbo,” jelasnya.

Menteri Johnny menyatakan, usisi ternama yang mendapat penghargaan untuk diprangkokan, telah menciptakan banyak  lagu .

“Diantaranya lagu bertema Covid-19, seperti lagu yang digubah oleh Titiek Puspa dan kelompok Bimbo. Hal ini menunjukkan adanya hubungan kuat antara keberadaan artis dan musisi Indonesia dengan perjuangan melawan pandemi Covid-19,” jelasnya.

Hadir dalam acara itu Menteri Koordinator Bidang Polhukam, Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Kepala BNPB Doni Monado dan Wakil Menteri BUMN II Kartiko Wirjoatmodjoo.

Selain itu juga hadir secara virtual Pejabat Pimpinan Tinggi Madya  kementerian dan lembaga, Ketua Umum Perkumpulan Filatelis Indonesia, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI),  Ketum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia, Ketum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik  dan Direktur Utama PT. Pos Indonesia serta Direktur Utama Perum PERURI.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *